Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Bedanya Mentega vs Butter vs Margarin

List Artikel
29 Juni 2017 | 0 Komentar
Buat para teman PergiKuliner, kamu tahu nggak sih perbedaan antara mentega, butter, dan margarin? Ketiganya memang sering digunakan dalam dunia kuliner, entah itu untuk memasak atau membuat kue. Secara kasat mata, ketiganya terlihat sama. Tapi tahukah kamu kalau ketiganya memiliki perbedaan yang cukup jelas. Jika kamu salah atau tertukar menggunakannya, maka rasa yang dihasilkan masakan atau tekstur kuemu akan berbeda. Nah, PergiKuliner akan menjelaskannya kepadamu apa sih perbedaan mentega, butter, dan margarin. 


Mentega (sumber: thakyourbody.com)

Mentega
Mentega memiliki bahan dasar lemak hewani dengan tekstur yang super lembut. Saat kamu mencium aromanya, maka aroma wangi susu akan tercium oleh hidungmu. Dari penampilannya, mentega memiliki warna yang sedikit lebih muda dari margarin, tapi memiliki warna yang sedikit lebih terang dari butter. Karena terbuat dari lemak hewani, mentega sangat mudah cair di suhu ruangan sehingga kamu harus menyimpannya dalam lemari es. Mentega memiliki kandungan vitamin A, vitamin D, vitamin E, protein, serta karbohidrat di dalamnya. 


Butter (Sumber: tokopedia.com)

Butter
Butter terbuat dari bahan cream atau lemak susu yang kemudian dikocok hingga memadat. Butter dipercaya sudah mulai dibuat sejak 4000 tahun yang lalu oleh bangsa Yunani. Butter terdiri dari dua jenis, yakni salted butter yang ditambahkan garam sehingga rasanya agak asin, unsalted butter atau mentega tawar yang tak ditambahkan garam. Butter memiliki kandungan CLA yang berfungsi menjadi antioksidan untuk tubuh kamu. Tapi, butter ini memiliki kadar lemak jenuh yang cukup tinggi sehingga kamu tak boleh banyak-banyak mengkonsumsinya ya!


Sumber: shannonskitchen.com

Margarin
Lain halnya dengan margarin yang terbuat dari minyak atau lemak tumbuhan sehinga teksturnya lebih padat dan tak mudah meleleh di suhu ruangan. Warnanya juga terlihat paling cerah dibanding mentega dan butter. Meski berasal dari lemak tumbuhan yang di-hydrogenasi, margarin memiliki kandungan lemak jenuh yang cukup tinggi dibanding mentega dan butter. Tapi kamu tak perlu khawatir, jika mengkonsumsinya dalam batas wajar, kamu akan mendapatkan banyak manfaat karena margarin ini diperkaya dengan vitamin E dan A yang bagus untuk kulit dan mata. 

Nah itu dia perbedaan antara mentega, butter dan margarin. Sekarang saatnya kamu menikmati makanan dengan campuran bahas di atas di tempat makan yang sudah PergiKuliner rekomendasikan di bawah ini!

Roti Bakar Eddy

Foto Roti Bakar Eddy
Foto Roti Bakar Eddy

Spesial Martabak Sae Bandung 88

Foto Spesial Martabak Sae Bandung 88
Foto Spesial Martabak Sae Bandung 88

Dapoer Roti Bakar

Foto Dapoer Roti Bakar
Foto Dapoer Roti Bakar
Foto Dapoer Roti Bakar

Rendezvous

Foto Rendezvous
Foto Rendezvous
Foto Rendezvous

B'Steak Grill & Pancake

Foto B'Steak Grill & Pancake
Foto B'Steak Grill & Pancake
Foto B'Steak Grill & Pancake

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?