Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Tidak Hanya Krimer, 5 Bahan Ini Juga Bikin Kopi Lebih Creamy

List Artikel
7 November 2023 | 0 Komentar

Apakah kamu termasuk orang yang sangat suka mengonsumsi kopi setiap harinya? Kopi memiliki aroma dan rasa yang sangat khas sehingga membuatnya unik dan berbeda dari minuman lainnya. Kopi pada dasarnya memiliki tekstur yang terbilang tidak terlalu kental karena bubuk kopi memang harus diseduh terlebih dahulu dengan air panas sehingga teksturnya bisa menjadi lebih encer. Jika ingin mendapatkan tekstur yang agak kental, biasanya kuantitas air yang digunakan untuk menyeduh hanya sedikit. Tapi dampaknya, kopi akan memiliki rasa yang cenderung lebih pahit. Supaya kopi tetap memiliki rasa yang seimbang tapi teksturnya kental, biasanya krimer ditambahkan ke dalam kopi. Selain krimer, ada juga bahan lainnya yang bisa digunakan untuk membuat kopi lebih creamy. Mari kita simak pembahasannya di bawah ini!

 

1. Susu UHT



Sumber: bynature.vn


Bahan tambahan lain yang bisa membuat tekstur kopi menjadi lebih kental adalah susu UHT. Susu UHT ini paling sering ditambahkan ke dalam varian es kopi susu. Susu UHT yang digunakan ini bisa langsung ditambahkan ke dalam kopi atau dipanaskan terlebih dahulu sebelum ditambahkan ke dalam kopi. Tujuan dari dipanaskannya susu UHT adalah untuk membuat teksturnya menjadi lebih kental lagi. Kopi yang ditambahkan dengan susu UHT ini tidak hanya memiliki tekstur yang lebih kental, tetapi juga memiliki rasa yang lebih manis.

 

2. Susu Evaporasi



Sumber: veenaazmanov.com


Selain susu UHT, ada susu evaporasi. Susu evaporasi ini sebenarnya lebih ampuh untuk dijadikan sebagai campuran kopi agar lebih creamy dan kental karena susu evaporasi memiliki kandungan air yang lebih sedikit daripada susu UHT. Susu evaporasi merupakan susu sapi biasa yang kadar airnya sudah dihilangkan hingga 60% lebih sehingga teksturnya jadi lebih kental. Selain tekstur yang lebih kental, susu evaporasi memiliki rasa yang cenderung gurih. Namun karena proses produksi yang lebih sulit, harga susu evaporasi ini terbilang cukup mahal sehingga lebih banyak orang memilih susu UHT. 

 

3. Santan



Sumber: pergikuliner.com


Bahan tambahan selanjutnya yang sering digunakan untuk membuat kopi lebih creamy adalah santan. Sebagian orang mungkin mengira penggunaan santan hanya terbatas sebagai bahan makanan saja, padahal santan juga kerap dicampurkan ke dalam aneka minuman tradisional seperti es cendol, es goyobod, es teler, es laksamana mengamuk, dan masih banyak lagi. Santan bisa membuat rasa dan tekstur minuman menjadi lebih legit. Santan bisa digunakan sebagai pengganti susu bagi yang alergi susu. Sebelum ditambahkan ke dalam minuman kopi, sebaiknya santan dipanaskan terlebih dahulu hingga mendidih sehingga tidak mudah basi.

 

4. Mentega


Sumber: detik.net.id


Kopi yang dicampur dengan mentega sempat viral beberapa tahun yang lalu. Varian kopi yang ditambahkan dengan mentega diberi nama bulletproof kopi. Jadi, kopi ini merupakan kopi hitam panas yang disajikan dalam cangkir lalu disajikan dengan tambahan topping mentega di atasnya. Sebelum diseruput, mentega harus diaduk terlebih dahulu sehingga meleleh dan tercampur rata dengan kopi panas. Kopi dengan campuran mentega ini memiliki tekstur yang sangat kental dan juga rasa yang gurih sehingga terasa unik di mulut. Biasanya, kopi mentega disajikan sebagai minuman pendamping roti saat sarapan.

 

5. Cokelat Bubuk



Sumber: hips.hearstapps.com


Bahan terakhir yang biasa digunakan untuk mengentalkan kopi adalah cokelat bubuk. Siapa sangka cokelat bubuk ternyata punya kemampuan untuk mengentalkan kopi? Namun, hal ini hanya berlaku pada bubuk cokelat murni, bukan bubuk susu cokelat. Kopi yang diberi tambahan cokelat bubuk murni tidak hanya memiliki tekstur yang lebih kental, tetapi juga memiliki rasa yang agak pahit serta aroma yang lebih wangi. Salah satu contoh olahan kopi yang diberi tambahan bubuk cokelat adalah kopi moka yang mencampurkan espresso dengan bubuk cokelat.

 

Itulah beberapa bahan selain krimer yang bisa bikin kopi jadi lebih creamy. Dari kelimanya, manakah yang kira-kira paling cocok dengan seleramu? Nah, buat kamu yang suka mengonsumsi kopi, di bawah ini ada kedai kopi yang menyajikan beragam kopi enak. Yuk, mampir!

Tanamera Coffee Roastery

Foto Tanamera Coffee Roastery
Foto Tanamera Coffee Roastery
Foto Tanamera Coffee Roastery

Kopi Toko Djawa

Foto Kopi Toko Djawa
Foto Kopi Toko Djawa
Foto Kopi Toko Djawa

Hagu Coffee & Space

Foto Hagu Coffee & Space
Foto Hagu Coffee & Space
Foto Hagu Coffee & Space

Rumah Kopi Ranin

Foto Rumah Kopi Ranin
Foto Rumah Kopi Ranin
Foto Rumah Kopi Ranin

Third Wave Coffee Co

Foto Third Wave Coffee Co
Foto Third Wave Coffee Co
Foto Third Wave Coffee Co

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?