Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ayam Goreng Tradisional yang Rasanya Khas Indonesia Banget

List Artikel
5 Juli 2018 | 0 Komentar

Ayam merupakan bahan utama kuliner yang paling banyak digunakan di dunia memasak. Pasalnya ayam sangat mudah diolah dan harganya tergolong lebih murah dari daging sapi dan seafood. Olahan ayam yang paling terkenal di dunia adalah ayam goreng yang dibalur dengan tepung dan digoreng hingga garing dan renyah. Tak berbeda jauh dengan di luar negeri, ayam goreng di Indonesia juga sangat terkenal dan banyak penggemarnya. Hanya saja ayam goreng yang paling disukai oleh masyarakat Indonesia tak hanya ayam goreng tepung saja, tapi ada ayam goreng tradisional yang citarasa bumbu rempahnya sangat terasa di lidah, seperti:


1. Ayam Goreng Kalasan


Sumber: agrowindo.com


Ayam goreng tradisional pertama yang paling banyak dijual dan disantap masyarakat Indonesia adalah ayam goreng kalasan yang terbuat dari ayam dengan bumbu rempah seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, ketumbar, gula merah, sereh, dan salam. Keunikan dari ayam goreng ini adalah penambahan air kelapa sehingga cita rasa daging ayam jadi sangat unik. Ayam goreng yang berasal dari Sleman, DIY Yogyakarta ini memiliki cita rasa manis dan gurih.


2. Ayam Goreng Lengkuas


Sumber: unileversolution.com


Ayam goreng tradisional selanjutnya adalah ayam goreng lengkuas yang memiliki aroma sangat wangi karena ada campuran lengkuas yang diparut dan dijadikan satu dengan bumbu rempah lainnya seperti bawang merah, bawang putih, jahe, kemiri, ketumbar, gula merah, daun salam, asam jawa, daun jeruk, dan daun salam. Sebelum digoreng, ayam harus diungkep terlebih dahulu dengan bumbu. Setelah itu, ayam digoreng bersama dengan bumbunya sehingga parutan lengkuas tadi akan menghasilkan serat-serat harus seperti kremesan.


3. Ayam Goreng Serundeng


Sumber: tokomesin.com


Sebenarnya ayam goreng serundeng tak jauh berbeda dari ayam goreng lengkuas dari segi tampilannya. Kamu bisa membedakannya secara kasat mata dari taburannya. Jika ayam goreng lengkuas taburannya adalah lengkuas parut, ayam goreng serundeng taburannya adalah parutan kelapa. Bumbu serta cara memasaknya tak jauh berbeda dengan ayam goreng lengkuas yakni harus diungkep terlebih dahulu baru kemudian bisa digoreng hingga matang.


4. Ayam Goreng Kremes


Sumber: selerasa.com


Jenis ayam goreng yang satu ini memang sempat populer sekitar 10 tahunan yang lalu. Meski demikian, ayam goreng kremes masih banyak peminatnya. Hal ini dikarenakan tekstur ayam goreng yang garing dan cita rasanya yang unik. Ayam goreng kremes dibuat dengan campuran bumbu bawang putih, bawang merah, kemiri, ketumbar, jahe, dan lada. Saat diungkep, ayam diberi tambahan air kelapa setelah matang, ayam diangkat untuk digoreng sementara sisa bumbu ungkep ditambahkan air kelapa lagi dan tepung beras untuk digoreng menjadi kremesan.


5. Ayam Goreng Paniki


Sumber: sedapkuliner.com


Terakhir ada ayam goreng paniki yang tak kalah unik cita rasa tradisionalnya. Keunikan dari ayam goreng ini terletak pada penambahan santan sehingga rasanya jadi lebih legit dan gurih jika dibandingkan keempat ayam goreng di atas. Cara memasaknya cukup mudah, ayam yang sudah dibersihkan kemudian dimasak bersama dengan bumbu tumisan bawang merah, bawang putih, cabai merah, kemiri, jahe, sereh, daun pandan, daun jeruk, garam, dan yang tak boleh ketinggalan adalah santan kelapa. Setelah diungkep hingga matang, ayam baru digoreng hingga bagian luarnya menjadi garing.


Jika setelah membaca artikel di atas kamu jadi kepingin makan ayam goreng, bagaimana kalau sekarang mampir dulu ke salah satu restoran yang ada di bawah ini!

Ayam Goreng Kalasan Borobudur

Foto Ayam Goreng Kalasan Borobudur

Ayam Gallo

Foto Ayam Gallo
Foto Ayam Gallo

Ayam Goreng Karawaci

Foto Ayam Goreng Karawaci
Foto Ayam Goreng Karawaci
Foto Ayam Goreng Karawaci

Ayam Goreng Berkah

Foto Ayam Goreng Berkah
Foto Ayam Goreng Berkah
Foto Ayam Goreng Berkah

Ayam Goreng Pemuda

Foto Ayam Goreng Pemuda
Foto Ayam Goreng Pemuda

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?