Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Benarkah Fried Chicken Bukan Berasal dari Amerika?

List Artikel
24 September 2017 | 0 Komentar

Siapa tak suka fried chicken? Fried chicken atau ayam goreng tepung krispi sangat identik dengan kuliner cepat saji yang bisa disantap begitu saja dengan tambahan kentang goreng atau nasi putih hangat serta saus sambal dan saus tomat. Fried chicken yang sering kita santap ini dikenal berasal dari Amerika Serikat karena ada banyak merek ayam goreng krispi asal Amerika yang terkenal hingga ke seluruh dunia. Tapi sebenarnya, kuliner renyah ini bukan berasal dari Amerika lho, tapi berasal dari Skotlandia.



Sumber: pergikuliner.com 


Menu ayam goreng awalnya sudah ada sejak abad pertengahan di Eropa. Lalu orang-orang Skotlandia yang bermigrasi dan menetap di Amerika bagian Selatan mulai memperkenalkan kuliner ini pada masyarakat Amerika. Di Amerika, resep ayam goreng mulai dimodifikasi dengan tambahan tepung dan dibuat jadi lebih krispi sehingga bisa disukai oleh semua kalangan. Hingga awal 1900-an, ayam goreng krispi hanya disajikan untuk acara-acara khusus saja, jadi kamu tak bisa menikmatinya sewaktu-waktu seperti sekarang ini. Hingga Perang Dunia ke-II, ketersediaan ayam dan minyak semakin langka sehingga wajar saja jika ayam goreng dinilai sangat langka.



Sumber : pergikuliner.com


Baru setelah tahun 1930, Kentucky Fried Chicken yakni restoran cepat saji waralaba yang berasal dari Amerika mulai berdiri, ayam goreng krispi jadi lebih mudah didapatkan oleh masyarakat. Jenis ayam yang digunakan adalah ayam muda, ayam betina, dan ayam pullet saja. Metode penggorengan dengan kompor tekanan baru pertama kali digunakan pada tahun 1939 oleh Colonel Harland Sanders karena ia membenci waktu penggorengan ayam yang memakan waktu cukup lama, yakni sekitar 30 menit. Hingga kini, penggunaan kompor bertekanan tinggi masih digunakan sehingga bisa mempersingkat waktu penggorengan ayam.

 

Itu dia sekilas tentang ayam goreng krispi yang ternyata bukan berasal dari Amerika. Nah, teman PergiKuliner jadi terbayang kelezatan dan kriuknya ayam goreng krispi? Bagaimana jika kamu mampir untuk menyantap aneka olahan fried chicken di bawah ini!

Chir Chir

Foto Chir Chir
Foto Chir Chir
Foto Chir Chir

Shihlin

Foto Shihlin
Foto Shihlin
Foto Shihlin

Wingstop

Foto Wingstop
Foto Wingstop
Foto Wingstop

Richeese Factory

Foto Richeese Factory

Rocky Rooster

Foto Rocky Rooster
Foto Rocky Rooster

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?