Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Cara Menyimpan Olahan Susu yang Benar, Simak Yuk!

List Artikel
19 Februari 2019 | 0 Komentar
Susu merupakan salah satu minuman bergizi tinggi yang memiliki nilai protein, kalsium, mineral serta zat besi yang bagus untuk tubuh. Secara umum susu terbagi menjadi dua, yaitu susu yang berasal dari hewan dan tumbuhan. Untuk susu hewan bisa didapat dari sapi, kerbau, kuda, kambing, domba dan unta. Sedangkan untuk susu tumbuhan bisa didapat dari kacang-kacangan, seperti almond, kedelai, hingga mede. Susu bisa diolah menjadi berbagai macam jenis bahan makanan seperti es krim, keju, yoghurt dan krim kental. Beda olahan susu maka beda pula cara menyimpannya yang benar. Untuk mengetahuinya, PergiKuliner akan menjelaskan caranya kepadamu!


Es Krim


Sumber : Pergikuliner.com


Olahan susu pertama yang paling banyak digemari adalah es krim. Untuk menyimpan es krim, kamu harus menyimpannya didalam freezer lemari es atau kulkas dengan suhu minus lima derajat. Jika disimpan dalam freezer, biasanya es krim akan tahan hingga dua bulan setelah dibuka. Sedangkan jika belum dibuka, es krim bisa tahan hingga tiga bulan. Ketika mengambil es krim dari dalam freezer, jangan terlalu lama meletakkannya di suhu ruangan karena bisa merusak tekstur es krim. Es krim dengan tambahan isi seperti irisan buah-buahan akan lebih cepat basi sehingga daya tahannya hanya bisa tahan kurang dari satu bulan saja.

Keju



Sumber : vegetariantimes.com


Olahan susu yang juga banyak digemari adalah keju. Keju dibuat dari susu yang difermentasikan dan diolah dengan berbagai macam teknik sehingga bisa menghasilkan olahan susu yang bercita rasa gurih. Cara menyimpan keju sebenarnya berbeda-beda tergantung dari jenisnya. Untuk jenis keju yang memiliki tekstur agak keras seperti keju cheddar harus disimpan dalam lemari es supaya cita rasa dan teksturnya tidak berubah. Ingat ya, di dalam lemari es, bukan dalam freezer. Sedangkan untuk keju bertekstur lunak, bisa disimpan di tempat yang lembab dan tertutup rapat.

Yoghurt


Sumber : Pergikuliner.com


Olahan susu ketiga yang sering dijual di pusat perbelanjaan adalah yoghurt yang merupakan hasil dari olahan susu yang difermentasikan oleh bakteri Lactobacillus Bulgarius dan Streptococtus Thermophilus yang bisa mengubah susu menjadi asam laktat. Untuk penyimpanan yoghurt, kamu harus menyimpan dalam lemari es dan dalam wadah yang tertutup. Jika sudah dibuka kemasannya, yoghurt hanya bisa tahan kurang lebih satu minggu, tapi jika belum dibuka kemasannya bisa tahan hingga 2-3 bulan.

Itulah cara menyimpan olahan susu yang benar. Jadi mulai sekarang kamu jangan salah lagi menyimpannya ya! Jika ingin menyantap aneka olahan susu tersebut, PergiKuliner punya beberapa referensi yang bisa kamu kunjungi ya!

Sour Sally

Foto Sour Sally
Foto Sour Sally
Foto Sour Sally

The Milkbar

Foto The Milkbar
Foto The Milkbar
Foto The Milkbar

Kopi Susu Bu Lurah

Foto Kopi Susu Bu Lurah
Foto Kopi Susu Bu Lurah
Foto Kopi Susu Bu Lurah

Gelato Secrets

Foto Gelato Secrets
Foto Gelato Secrets
Foto Gelato Secrets

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?