Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Cara Unik Makan Mie Instan Ala Korea, Mau Coba?

List Artikel
26 Maret 2021 | 0 Komentar
Setiap negara memiliki keunikan tersendiri dalam menyajikan makanan, seperti halnya di Korea. Keunikan dalam penyajian makanan khas Korea yang paling terkenal adalah penyajian mie instan atau yang biasa dikenal dengan ramyeon. Jika di Indonesia, mie instan yang telah dimasak ditaruh dalam wadah berupa piring atau mangkuk, di Korea mie instan dimakan dengan cara unik. Seperti apa? Berikut ulasannya!

 

1. Menggunakan Panci Khusus



Sumber: Food52.com


Cara penyajian mie instan ala Korea yang pertama adalah dengan menggunakan panci khusu, yaitu dengan menggunakan panci berwarna kuning tembaga. Panci klasik ini sudah lama digunakan dan tersedia dalam beberapa jenis ukuran. Untuk ukuran paling kecil digunakan untuk memasak satu bungkus mie instan saja, sedangkan yang sedang bisa memasak beberapa bungkus mie instan. Setelah dimasak dalam panci khusus, biasanya mie instan langsung dihidangkan begitu saja dengan pancinya sehingga kamu akan makan langsung dari panci tersebut.


2. Makan dengan Ditadahi Tutup Panci



Sumber: Pinimg.com


Saat menyantap mie instan ala orang Korea dengan menggunakan panci khusus, teman kuliner bisa memanfaatkan tutup pancinya sebagai wadah saat menyantap. Rata-rata orang Korea enggan menggunakan mangkuk atau piring sebagai tadahan ketika menyantap ramyun sendirian sehingga mereka menggunakan tutup pancinya sebagai wadah saat mengambil ramyun dari panci dan meniupnya sebelum disantap.

 

3. Menggunakan Hot Bowl



Sumber: Sandraseasycooking.com


Tak hanya menggunakan panci khusus, cara makan mie instan ala orang Korea juga bisa dengan menggunakan hot bowl. Hot bowl atau nama lainnya adalah dolsot adalah wadah berbentuk mangkuk yang terbuat dari tanah liat atau keramik sehingga tahan panas. Dolsot biasanya digunakan untuk membuat bibimbap, tapi juga sering digunakan untuk membuat ramyun. Jika menyantap mie instan dengan wadah dolsot, maka sajian ramyun akan tetap panas selama kamu menyantapnya.


4. Makan dengan Kimchi



Sumber: Pergikuliner.com


Kimchi adalah salah satu lauk pauk atau makanan pendamping yang wajib bagi masyarakat Korea, termasuk pada saat menyantap ramyun. Kimchi mempunyai rasa yang asam dan pedas sehingga cocok untuk dipadukan bersama dengan ramyun. Ada banyak sekali jenis kimchi khas Korea, tapi yang paling cocok untuk disantap dengan ramyeon adalah kimchi sawi dan lobak.

 

5. Menambahkan Keju



Sumber: Tripdvisor.com


Cara makan mie instan ala orang Korea yang terakhir adalah dengan menambahkan keju di dalamnya. Keju yang digunakan adalah jenis keju mozarella yang punya tekstur kenyal dan lentur serta lumer saat dipanaskan sehingga memberikan sensasi yang berbeda saat kamu menyantapnya. Selain keju, mie instan ala orang Korea ini juga sering ditambahkan telur, daging ham, dan irisan daun bawang. Tentu saja dengan banyaknya tambahan pada sajian mie instan ala orang Korea, maka cita rasa ramyun akan jadi berbeda dan pastinya lebih lezat.

 

Itulah beberapa cara makan mie instan ala orang Korea. Dari semuanya ini, kamu tertarik untuk mencoba yang mana? Nah, kalau sudah tahu ingin mencoba cara yang mana, bagaimana kalau sekarang kamu menyantap ramyeon di salah restoran yang ada di bawah ini!

Mu Gung Hwa Snack Culture

Foto Mu Gung Hwa Snack Culture
Foto Mu Gung Hwa Snack Culture
Foto Mu Gung Hwa Snack Culture

Taeyang Sung

Foto Taeyang Sung
Foto Taeyang Sung
Foto Taeyang Sung

Noodle King

Foto Noodle King
Foto Noodle King
Foto Noodle King

Jjang Korean Noodle & Grill

Foto Jjang Korean Noodle & Grill
Foto Jjang Korean Noodle & Grill
Foto Jjang Korean Noodle & Grill

Holy Noodle

Foto Holy Noodle
Foto Holy Noodle
Foto Holy Noodle

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?