Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Cek Apa Saja Perbedaan Beras Ketan dengan Beras Biasa

List Artikel
15 Februari 2022 | 0 Komentar

Beras menjadi makanan pokok di beberapa negara, terutama di negara Asia seperti Indonesia. Beras memiliki banyak sekali jenisnya. Mulai dari beras biasa, beras hitam, beras merah, hingga beras ketan. Tapi kali ini kita hanya akan membahas tentang beras ketan dengan beras biasa. Keduanya ini kerap kali salah dikenali. Hal ini dikarenakan tampilannya yang sangat mirip. Berbeda dengan jenis beras lain yang dari tampilan warnanya saja sudah berbeda. Untuk bisa membedakan beras ketan dengan beras biasa, tentunya Teman Kuliner butuh beberapa penjelasan yang lebih spesifik. Setidaknya ada beberapa cara yang bisa digunakan dalam membedakan beras ketan dengan beras biasa, yaitu:

 


Sumber: Thelittlepicturean.com


Perbedaan Tempat Tumbuh

Perbedaan yang pertama dari beras ketan dengan beras biasa adalah dari segi tempatnya tumbuh. Beras ketan cenderung tumbuh dengan subur di tempat yang kadar airnya sangat rendah. Inilah yang menyebabkan pengaruh pada saat dimasak. Coba saja kita perhatikan, saat memasak beras ketan maka akan butuh sedikit air jika dibandingkan memasak beras biasa. Berbeda dengan beras biasa yang perlu ditanam di tempat yang kadar airnya cukup sehingga pada saat dimasak, beras biasa juga butuh air yang lebih banyak dibanding dengan beras ketan.

 

Dari Segi Warnanya

Jika dilihat dari segi warnanya, kedua jenis beras ini memang terlihat sama sehingga tak heran kalau ada banyak orang yang salah mengenalinya karena sama-sama berwarna putih. Tapi ternyata jika diperhatikan dengan lebih seksama, warna dari beras ketan dengan beras biasa ini tentu saja berbeda. Beras biasa cenderung memiliki warna putih gading alias warna putihnya ini agak sedikit buram dengan tampilan yang sedikit transparan. Sedangkan pada beras ketan, warna putihnya ini adalah putih susu yang terlihat cukup solid dan tidak transparan. Bisa dikatakan kalau beras ketan ini warnanya juga seperti putih tulang. Tentu saja selain warna putih gading dan putih susu, beras biasa dan beras ketan juga punya warna lainnya seperti warna hitam, merah, dan sebagainya.



Sumber: Kompas.com


Dari Segi Bentuknya

Untuk segi bentuk dari beras ketan dengan beras biasa, memang agak sulit untuk dibedakan. Pasalnya, bentuk beras biasa ini bisa berbeda tergantung dari kualitasnya. Tapi secara umum, tentu saja bentuk dari beras biasa lebih kurus dan cenderung memanjang. Berbeda dengan beras ketan yang tampilannya ini agak lebih bulat menggenduk dan lebih pendek jika dibandingkan dengan beras biasa.

 

Waktu Memasak

Perbedaan beras ketan dengan beras biasa juga terdapat dari waktu memasaknya. Waktu memasak pada beras biasa akan lebih cepat jika dibandingkan beras ketan. Pada beras biasa, waktu yang dibutuhkan untuk memasak bisa antara 20-30 menit. Berbeda dengan beras ketan yang memakan waktu antara 45-60 menit lebih. Oleh karena itu, untuk mempercepat waktu pemasakan, rata-rata orang akan merendam beras ketan semalaman atau selama satu jam sebelum dimasak untuk melunakkan teksturnya.



Sumber: Healthline.com 


Dari Segi Harga

Perbedaan beras ketan dengan beras biasa sebenarnya juga bisa dilihat dari segi harganya. Untuk beras ketan biasanya memiliki harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan beras biasa. Tentu saja beras biasa juga ada yang harganya melebihi beras ketan yakni untuk golongan beras premium atau super. Tapi secara umum, harga beras biasa akan jauh lebih murah dibanding beras ketan.

 

Dari Segi Cara Menghidangkannya

Perbedaan yang terakhir dari beras ketan dengan beras biasa adalah dari segi cara menghidangkannya. Untuk beras biasa sudah pasti akan dihidangkan bersama dengan lauk pauk seperti biasa. Sedangkan untuk beras ketan yang teksturnya menjadi lengket setelah dimasak ini lebih banyak digunakan sebagai camilan atau makanan manis hingga gurih yang disantap bersama dengan makanan lainnya. Contohnya saja ketan serundeng yang dipadu dengan serundeng atau mango sticky rice yang dipadu dengan mangga dan santan.

 

Bagaimana menurut Teman Kuliner? Apakah penjelasan mengenai perbedaan beras ketan dengan beras biasa ini bisa dipahami dengan mudah? Semoga dengan adanya penjelasan di atas, Teman Kuliner bisa membedakan perbedaan beras ketan dengan beras biasa. 

Nasi Akwang

Foto Nasi Akwang
Foto Nasi Akwang
Foto Nasi Akwang

Nasi Jagung Mas Ang

Foto Nasi Jagung Mas Ang
Foto Nasi Jagung Mas Ang
Foto Nasi Jagung Mas Ang

Nasi Kapau Langganan

Foto Nasi Kapau Langganan
Foto Nasi Kapau Langganan
Foto Nasi Kapau Langganan

Chacha Mango

Foto Chacha Mango
Foto Chacha Mango
Foto Chacha Mango

Kedai Nasi Selera Bogana

Foto Kedai Nasi Selera Bogana
Foto Kedai Nasi Selera Bogana
Foto Kedai Nasi Selera Bogana

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?