Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Kenali Sugar Craving, Keinginan Makan Manis dan Cara Mengatasinya

List Artikel
16 Februari 2022 | 0 Komentar

Teman Kuliner pernah mengalami sugar craving? Sugar craving ini paling banyak dialami oleh perempuan. Pasalnya, makanan manis bisa memiliki efek bisa menciptakan mood yang lebih positif sehingga bisa menghilangkan mood yang bete atau bisa menghilangkan rasa stres yang terjadi faktor tertentu. Sugar craving adalah kecanduan makanan manis. Jadi Moms sering menginginkan makanan manis dibanding makan makanana yang asin atau gurih. Sugar craving ini memang agak sulit untuk dikenali karena kita seringkali salah menganggap kalau saat ingin makan makanan manis, itu tandanya kadar gula darah sedang rendah. Sebenarnya Teman Kuliner bisa membedakannya dengan mudah.

 

Sugar craving ini bisa dikatakan lebih ke arah kecanduan kuliner manis secara berlebihan. Mulai dari dalam sehari Teman Kuliner bisa mengonsumsi kuliner manis hingga berkali-kali hingga menyantap makanan manis dalam jumlah besar per harinya. Penyebab dari surgar craving ini bisa dikarenakan banyak faktor. Mulai dari ketidakseimbangan hormon hingga faktor stres yang sedang Teman Kuliner alami. Keinginan untuk makan makanan manis yang berlebihan  kerap kali membuat banyak orang tidak bisa menghentikannya sehingga pastinya akan berdampak buruk bagi kesehatan Teman Kuliner. Mulai dari menimbulkan risiko penyakit diabetes, menyebabkan rasa kantuk, dan lain sebagainya.



Sumber: Pergikuliner.com

 

Cara Mencegah Sugar Craving

Sugar craving ternyata bisa dicegah dengan beberapa cara. Tentu saja caranya tidaklah sulit, ada beberapa cara mencegah sugar craving yang perlu Teman Kuliner ketahui, yaitu:


  • Konsumsi Makanan Berserat

Cara yang pertama adalah dengan mengonsumsi makanan berserat. Makanan berserat sangat mampu membuat kita merasa kenyang lebih lama sehingga saat sedang menginginkan makanan manis, maka hal tersebut pasti akan terlawan dengan rasa kenyang. Makanan berserat bisa dikonsumsi sebelum makan makanan besar atau bisa juga disantap sebagai pendamping saat makan makanan utama. Sebagian besar serat bisa didapat dari sayur-sayuran, kacang-kacangan, dan buah-buahan.



Sumber: Pergikuliner.com


  • Minum Air Putih yang Cukup

Selain makan makanan yang berserat, Teman Kuliner juga bisa mengonsumsi air putih yang cukup setiap harinya. Dengan begitu, keinginan untuk mengonsumsi kuliner yang manis akan berkurang. Selalu sediakan botol air putih satu liter di dekat Teman Kuliner. Jadi pada saat menginginkan sesuatu yang manis, Teman Kuliner bisa langsung meminum air putih tersebut.


  • Jalani Pola Makan Sehat

Menjalani pola makan sehat juga bisa menjadi cara mengatasi sugar craving. Pola makan sehat yang baik adalah dengan mengonsumsi protein dan serat yang cukup. Biasanya kita lebih banyak mengonsumsi karbohidrat dibanding protein dan serat. Jadi mulai sekarang selalu usahakan mengonsumsi protein dan serat. Protein dan serat bisa didapat dari dada ayam, kacang-kacangan, hingga susu dan olahannya.  



Sumber: Pergikuliner.com


  • Hindari Makanan atau Minuman yang Punya Pemanis Buatan

Sebisa mungkin hindari makanan atau minuman yang memiliki pemanis buatan. Jika sangat ingin menyantap makanan manis yang ada pemanis buatannya, Teman Kuliner bisa mengonsumsi buah-buahan yang di dalamnya terdapat pemanis alami. Dengan mengonsumsi buah-buahan, maka pola hidup juga menjadi lebih sehat.


  • Banyak Gerak

Cara yang terakhir ini sebenarnya adalah cara yang paling mudah tapi kita terkadang malas untuk melakukannya. Padahal dengan banyak bergerak setiap harinya, maka Teman Kuliner bisa meningkatkan banyak hormon, termasuk endorfin di dalam tubuh. Biasanya orang yang hormon endorfinnya menurun akan lebih cenderung mengalami sugar craving. Lakukanlah aktivitas fisik seperti berjalan kaki yang mudah untuk dilakukan.

 

Itulah sekilas informasi mengenai sugar craving, mulai dari penyebab hingga cara mengatasinya. Semoga info di atas bisa berguna untuk Teman Kuliner dalam mendeteksi atau mencegah lebih dini sugar craving ini supaya tidak semakin parah.

 

Zangrandi Ice Cream

Foto Zangrandi Ice Cream
Foto Zangrandi Ice Cream
Foto Zangrandi Ice Cream

Gormeteria

Foto Gormeteria
Foto Gormeteria
Foto Gormeteria

BROWNFOX Waffle & Coffee

Foto BROWNFOX Waffle & Coffee
Foto BROWNFOX Waffle & Coffee
Foto BROWNFOX Waffle & Coffee

Mamam Dessert Bar

Foto Mamam Dessert Bar
Foto Mamam Dessert Bar
Foto Mamam Dessert Bar

NAMELAKA

Foto NAMELAKA
Foto NAMELAKA
Foto NAMELAKA

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?