Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Croffle vs Cromboloni, Kira-kira Kamu Tim yang Mana?

List Artikel
14 Januari 2024 | 0 Komentar

Mendengar kata croffle dan cromboloni pastinya Teman Kuliner sudah mengenal keduanya. Pasalnya dua kuliner tersebut termasuk kuliner viral yang namanya sudah sangat dikenal di Indonesia. Croffle sudah populer sejak awal tahun 2023, sementara cromboloni baru mulai populer di akhir tahun 2023 hingga sekarang. Berhubung keduanya ini sangat populer, baik itu croffle maupun cromboloni bisa dengan mudah dijumpai, tidak hanya di toko kue atau bakery, tapi juga di kedai kopi dan kafe-kafe ternama. Bahkan ada juga toko yang menjual khusus croffle dan cromboloni ini. Berhubung sama-sama termasuk dalam pastry viral, pastinya ada yang suka menyantap croffle dan ada yang lebih suka cromboloni. Buat yang bingung ingin memilih yang mana? Teman Kuliner bisa membaca penjelasan dari kedua pastry viral di bawah ini dulu, baru kemudian bisa menentukan Teman Kuliner termasuk tim yang mana?


Tentukan dari Tampilannya



Sumber: Pergikuliner.com


Jika bingung ingin menentukan kamu tim yang mana, coba dulu cek tampilan dari keduanya. Apakah Teman Kuliner lebih suka tampilan yang lebih instagenic atau yang biasa-biasa saja. Jika dilihat dari segi tampilannya, croffle memiliki bentuk yang lebih biasa jika dibandingkan dengan cromboloni. Croffle bentuknya agak wajik dengan bagian lapisan luar yang agak glowing karena ada lapisan karamel yang dihasilkan dari gula yang dipanaskan. Lain halnya dengan cromboloni yang tampilannya jauh lebih instagenic karena mengadopsi tampilan bomboloni. Sama halnya dengan bomboloni, cromboloni ini memiliki tampilan yang bagian ujungnya diisikan dengan selai atau krim. Tampilan lelehan dari selai atau krim tersebut yang membuatnya terlihat instagenic.

 

Tentukan dari Teksturnya



Sumber: Pergikuliner.com


Jika tampilan dari cromboloni dan croffle tidak terlalu mempengaruhi Teman Kuliner karena Teman Kuliner bukan termasuk tipe orang yang suka memotret kuliner, coba kita cek dari segi tekstur keduanya. Meski sama-sama termasuk dalam kategori pastry, tapi tahukah Teman Kuliner kalau croffle dan cromboloni ini memiliki tekstur yang agak berbeda. Cromboloni dibuat dari adonan puff pastry yang digulung lalu dicetak dengan cetakan lingkaran sebelum dipanggang hingga matang dan kecoklatan. Inilah yang menyebabkan tekstur dari cromboloni cenderung lebih garing dan renyah serta agak flaky. Sedangkan untuk croffle ini dibuat dari campuran bahan dasar croissant yakni puff pastry dengan bahan waffle. Jadi akan ada tekstur agak kenyal yang saat Teman Kuliner menggigitnya. Meski demikian, bagian luar croffle agak garing.

 

Tentukan dari Rasanya



Sumber: Pergikuliner.com


Buat yang bingung menentukan tim mana, jika tidak bisa memilih dari segi tampilan dan tekstur croffle dan cromboloni, Teman Kuliner bisa memilih dari rasanya. Pastry umumnya memiliki rasa yang cenderung asin gurih. Tapi pada croffle, rasa asinnya ini terdapat pada bagian dalamnya saja, sedangkan pada bagian luarnya memiliki rasa manis karena ada lapisan karamel. Lain halnya dengan cromboloni yang justru memiliki rasa manis di bagian dalamnya karena setelah matang dan dingin, cromboloni akan dibolongi lalu diisi dengan selai atau krim. Padahal bagian luarnya cenderung asin karena sebelum dipanggang akan diolesi dengan campuran mentega dan kuning telur.


Kalau kamu masih belum bisa menentukan mana yang menjadi favorit kamu, ada baiknya kamu mencoba keduanya secara langsung. PergiKuliner sudah siapkan rekomendasi tempat di mana kamu bisa membeli croffle dan juga cromboloni, langsung cek daftarnya di bawah sini ya!

Monsieur Spoon

Foto Monsieur Spoon
Foto Monsieur Spoon
Foto Monsieur Spoon

Dear Butter

Foto Dear Butter
Foto Dear Butter
Foto Dear Butter

Don Bakeshop

Foto Don Bakeshop
Foto Don Bakeshop
Foto Don Bakeshop

Baker Man

Foto Baker Man
Foto Baker Man
Foto Baker Man

Latre Patisserie

Foto Latre Patisserie
Foto Latre Patisserie
Foto Latre Patisserie

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?