Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Makanan dari Sapi yang Kamu Konsumsi, Ternyata Berasal dari Sini!

List Artikel
11 Juni 2017 | 0 Komentar

Bagi pecinta daging merah, tentu saja masakan daging sapi tidak bisa dilewatkan begitu saja. Dari makanan yang paling sederhana namun lezat, steak ala Barat sampai masakan Indonesia, seperti semur atau sate. Meskipun sama-sama menggunakan sapi sebagai bahan dasarnya, namun, bagian sapi yang digunakan untuk masakan-masakan tersebut ternyata berbeda-beda lho. Mau tau apa saja? Yuk, simak berikut ini.


1. Tenderloin (Has Dalam)



sumber : pergikuliner.com


Kalau kamu pecinta steak, pasti sudah tidak asing lagi dengan bagian sapi yang satu ini. Yup! Terderloin. Tenderloin atau daging sapi has dalam paling sering digunakan untuk steak. Bagian sapi yang tidak mengandung lemak ini menjadi pilihan banyak orang untuk menu yang lebih sehat. Karena tidak mengandung lemak, daging sapi ini mempunyai tekstur yang lembut dan empuk.


2. Sirloin (Has Luar)



sumber: pergikuliner


Selain tenderloin, bagian sapi yang sering diolah menjadi bahan baku dalam pembuatan steak adalah sirloin. Sirloin atau daging has luar terletak pada bagian belakang sapi. Bagian sapi ini sangat populer dijadikan steak karena mempunyai rasa yang gurih dari dagingnya yang berlemak. 


3. Chuck (Paha Depan)



sumber: pergikuliner


Chuck merupakan bagian sapi yang terletak pada bagian atas paha depan. Daging ini harus dimasak lama agar menjadi lunak dan empuk, sehingga paling cocok untuk dijadikan makanan yang memerlukan waktu proses yang lama seperti bakso, rendang dan empal.


4. Iga Sapi


sumber: pergikuliner


Iga sapi merupakan daging yang berasal dari bagian sekitar iga sapi. Bagian sapi ini pun harus melalui proses memasak yang lama agar menjadi empuk. Iga sapi juga merupakan salah satu bagian sapi yang paling populer untuk dijadikan masakan, seperi iga panggang dan sop iga.


5. Brisket (Sandung Lamur)



sumber: pergikuliner


Sepertinya belum banyak orang tau tentang bagian sapi satu ini. Sandung lamur atau brisket terletak di bagian dada bawah ketiak. Bagian sapi ini memang agak sedikit berlemak sehingga cocok untuk diolah menjadi makanan seperti semur, rawon, sup atau di panggang dalam waktu yang lama.



6. Kulit


sumber: pergikuliner


Ternyata tidak hanya dagingnya saja yang bisa dijadikan masakan, namun kulit sapi juga bisa dijadikan makanan lezat. Bagian paling luar dari sapi ini biasa dikeringkan dan digoreng untuk dijadikan rambak atau kerupuk kulit sapi. Kulit sapi juga dapat dimasak menjadi sup atau gulai, seperti masakan kikil yang biasa ditemui di restoran Padang.


7. Otak


sumber: PerutGendut.com


Bagian sapi yang cukup ekstrim untuk dijadikan makanan. Ada sebagian orang yang suka dan ada juga yang tidak. Yup! Otak sapi. Kamu bisa menemukannya di restoran Padang yang mana otak sapi dimasak gulai. Otak yang telah dimasak mempunyai tekstur yang lembut seperti tahu.


8. Buntut


sumber: pergikuliner


Buntut sapi bisa dibilang merupakan salah satu bagian sapi yang paling mahal karena hanya ada satu bagian dari setiap sapi. Karena teksturnya yang kenyal, buntut sapi biasa dijadikan stew atau sup, masakan yang mempunyai durasi proses memasak yang lama.


9. Sengkel (Shank)


sumber : dapurshofie.com


Sengkel atau shank merupakan bagian sapi yang berasal dari bagian depan atas kaki sapi. Bagian ini merupakan salah satu bagian sapi yang keras dan sedikit lemak dan juga berotot. Sehingga makanan yang cocok diolah dari daging sapi bagian ini adalah makanan yang membutuhkan proses memasak yang lama dan bersuhu tinggi seperti empal, semur, sup, bakso urat dan rawon.


10. Lidah


sumber: pergikuliner


Walaupun terdengar aneh, namun belakangan ini lidah merupakan bagian sapi yang sangat populer. Lidah mempunyai tekstur yang sedikit kenyal namun lembut disaat bersamaan. Lidah biasa dijadikan bahan dasar pembuatan sate padang, ataupun ditumis untuk dinikmati bersama nasi.


Itu dia beberapa bagian dari sapi yang sering dijadikan bahan dasar makanan yang lezat dan kamu konsumsi. Nah, makanan-makanan menggiurkan dari beberapa bagian sapi d iatas bisa kamu nikmati di restoran-restoran berikut ini!

Donburi Ichiya

Foto Donburi Ichiya
Foto Donburi Ichiya
Foto Donburi Ichiya

Sop Sapi Gosyen

Foto Sop Sapi Gosyen
Foto Sop Sapi Gosyen
Foto Sop Sapi Gosyen

The Holyribs

Foto The Holyribs
Foto The Holyribs
Foto The Holyribs

Bakso Solo Samrat

Foto Bakso Solo Samrat
Foto Bakso Solo Samrat
Foto Bakso Solo Samrat

Padang Merdeka

Foto Padang Merdeka
Foto Padang Merdeka
Foto Padang Merdeka

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?