Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Enaknya 5 Bubur Manis Khas Indonesia untuk Sajian Takjil

List Artikel
1 April 2023 | 0 Komentar

Di bulan Ramadhan, takjil selalu diburu menjelang jam buka puasa. Biasanya ada pemandangan unik yang hanya bisa terlihat saat bulan Ramadhan, yakni banyaknya pedagang takjil yang berjualan di sepanjang jalan. Takjil merupakan istilah yang diberikan untuk makanan pembuka saat berbuka puasa. Sajian takjil kebanyakan berupa kuliner yang memiliki rasa manis. Hal ini dikarenakan makanan manis memang sangat dianjurkan sebagai makanan untuk berbuka puasa. Setelah berpuasa seharian, kadar gula dalam darah pasti menurun dan badan menjadi lemas. Dengan mengonsumsi makanan yang manis, maka kadar gula dalam darah bisa menjadi stabil dan kita bisa menjadi lebih bertenaga. Di Indonesia, ada bubur manis yang cocok untuk dijadikan sebagai sajian takjil, yaitu:

 

1. Bubur Kacang Hijau



Sumber: pergikuliner.com


Bubur kacang hijau menjadi salah satu bubur manis khas Indonesia terpopuler yang paling sering dicari sebagai takjil. Bubur kacang hijau adalah bubur yang dibuat dari bahan dasar kacang hijau yang direbus bersama dengan gula merah dan vanili sehingga aromanya menjadi sangat wangi. Untuk penyajiannya, bubur kacang hijau akan diberi siraman kuah santan encer. Beberapa bubur kacang hijau ada yang disajikan bersama ketan hitam dan ada yang tidak. Kamu bisa menikmati bubur kacang hijau ini dalam keadaan panas maupun dingin.

 

2. Bubur Sumsum



Sumber: detik.net.id


Bubur manis khas Indonesia kedua yang paling sering dijadikan sebagai takjil adalah bubur sumsum. Bubur ini memiliki tekstur yang sangat lembut dan lumer saat disantap. Selain itu rasanya manis legit karena ada perpaduan santan dan gula merah di dalamnya sehingga membuat banyak orang menyukainya. Bubur sumsum dibuat dari bahan dasar tepung beras yang dicampur dengan santan encer dan dimasak hingga mengental. Untuk menambah aroma wanginya, adonan bubur akan diberi tambahan daun pandan dan vanili. Setelah matang, bubur akan disiram dengan kuah santan yang sudah dimasak dengan gula merah.

 

3. Bubur Candil



Sumber: resepkoki.id


Bubur candil merupakan jajanan khas Jawa Tengah yang sering dijumpai di pasar tradisional. Pada bulan Ramadhan, bubur candil tidak hanya bisa dijumpai di pasar tradisional saja, tetapi juga di pedagang takjil pinggir jalan. Bubur manis khas Indonesia ini memiliki ciri khas bentuknya yang bulat dengan tekstur yang sangat kenyal dan rasa yang manis legit. Bubur candil dibuat dari bahan dasar tepung beras ketan yang dicampur dengan air dan gula merah sehingga warnanya menjadi kuning kecoklatan. Bubur candil ada yang dijual sendiri dan ada yang dijual bersama dengan bubur sumsum dalam satu porsinya.

 

4. Bubur Kampiun



Sumber: kompas.com


Selanjutnya ada bubur kampiun yang berasal dari daerah Sumatera Barat. Bubur kampiun dibuat dari berbagai macam jenis bahan sehingga rasanya menjadi lebih kompleks. Di dalam satu porsi bubur kampiun akan terdapat ketan putih yang dikukus, ketan hitam, lupis, hingga kacang hijau. Bubur manis khas Indonesia ini umumnya dijadikan sebagai menu sarapan karena cukup mengenyangkan. Tapi selain menjadi menu sarapan, bubur kampiun juga sering disantap sebagai menu takjil.

 

5. Bubur Merah Putih



Sumber: pikiran-rakyat.com


Bubur manis khas Indonesia untuk sajian takjil yang terakhir adalah bubur merah putih. Bubur ini berasal dari daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Meski sebutannya bubur merah putih, uniknya bubur ini tidak memiliki warna merah sama sekali, melainkan berwarna putih dan cokelat. Bubur merah putih dibuat dari bahan dasar beras biasa yang dicampur dengan beras ketan lalu dimasak dengan santan untuk adonan putihnya. Sementara untuk bagian cokelatnya diberi tambahan gula merah di dalamnya. Bubur merah putih disajikan bersama dengan kuah santan encer.

 

Nah, bagaimana menurutmu mengenai bubur manis khas Indonesia yang ada di atas? Adakah salah satunya yang paling sering kamu konsumsi sebagai makanan untuk berbuka puasa? Buat kamu yang sedang mencari takjil untuk buka puasa nanti, di bawah ini ada beberapa rekomendasi tempatnya untuk didatangi!

Pisang Ungu

Foto Pisang Ungu
Foto Pisang Ungu
Foto Pisang Ungu

Es Pisang Ijo Cendana

Foto Es Pisang Ijo Cendana
Foto Es Pisang Ijo Cendana
Foto Es Pisang Ijo Cendana

Es Campur Ko Acia

Foto Es Campur Ko Acia
Foto Es Campur Ko Acia
Foto Es Campur Ko Acia

Es Campur Jelly Acen (Es Pluit Sakti Raya)

Foto Es Campur Jelly Acen (Es Pluit Sakti Raya)
Foto Es Campur Jelly Acen (Es Pluit Sakti Raya)
Foto Es Campur Jelly Acen (Es Pluit Sakti Raya)

Pondol - Pondok Es Cendol

Foto Pondol - Pondok Es Cendol
Foto Pondol - Pondok Es Cendol
Foto Pondol - Pondok Es Cendol

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?