Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Etika Saat Menyantap Omakase, Mulai Percaya dengan Chef hingga Bersikap Santun

List Artikel
13 Juni 2023 | 0 Komentar

Omakase saat ini sedang menjadi salah satu tren yang digemari banyak penggemar kuliner. Omakase merupakan sebuah istilah yang mulai populer di awal tahun 1990-an. Awalnya, omakase ini diterapkan pada restoran sushi karena pada masa tersebut, masyarakat Jepang dari kalangan menengah ke bawah merasa belum familiar dengan restoran sushi sehingga diciptakanlah konsep omakase di mana pengunjung menyerahkan sepenuhnya pesanan mereka kepada chef. Tapi seiring dengan berjalannya waktu, konsep omakase ini tidak hanya diterapkan pada restoran sushi saja, tapi juga beberapa restoran Jepang lainnya seperti restoran tepanyaki, ramen, dan sebagainya. Dengan menggunakan konsep omakase, maka pengunjung tak perlu khawatir dan bingung saat memesan makanan di restoran tersebut. Berhubung sedang populer belakangan ini, sebelum kamu mencoba datang mencoba omakase, ternyata ada etika khusus yang diterapkan supaya nantinya agenda menyantap omakase ini bisa berjalan dengan baik. Apa saja itu?

 


Sumber: la.eater.com


Percaya Sepenuhnya kepada Chef

Etika saat menyantap omakase yang pertama ini merupakan etika dasar yang perlu kamu perhatikan. Konsep utama dari omakase adalah menyerahkan makanan yang disajikan kepada chef. Jadi sudah sepatutnya kalau kamu memercayai penuh menu makanan yang akan disajikan kepada chef. Rasa percaya ini ditunjukkan dengan tidak memberikan banyak komentar yang meragukan saat chef sedang membuat masakan tersebut. Terkadang, ada di antara kita yang berkomentar tentang komposisi bumbu, tingkat kematangan, hingga kualitas bahan yang digunakan. Dengan memercayai sepenuhnya kepada chef, maka kamu juga menghormati kemampuan dari sang chef dalam hal memasak dan kualitas dari makanan yang akan disajikan.

 

Melakukan Interaksi dengan Chef

Meragukan chef memang sangat tidak disarankan saat menyantap omakase, tapi sebaiknya kamu melakukan interaksi dengan chef. Interaksi ini bisa dilakukan dengan cara mengobrol atau menyapa sang chef. Obrolan yang ditanyakan bisa seputar makanan seperti perihal restoran tersebut atau menu terbaik yang pernah dimasak oleh chef. Bisa juga bertanya hal-hal yang ringan seperti basa-basi mengenai situasi di restoran dan sebagainya.



Sumber: pergikuliner.com


Menyantap Makanan dengan Sopan

Etika menyantap omakase lainnya adalah dengan menyantap makanan dengan sopan. Rata-rata kursi dari pengunjung akan berhadapan langsung dengan chef yang akan memasak makanan, karena kebanyakan konsep dari omakase ini adalah dapur terbuka sehingga kamu bisa melihat langsung sang chef saat membuat masakan. Jadi, tidak menutup kemungkinan kalau chef akan memperhatikan reaksi kamu saat menyantap makanan yang telah dimasak. Oleh karena itu, santaplah makanan tersebut dengan sopan. Lebih bagus lagi jika kamu benar-benar menghabiskan semua makanan yang telah disajikan. Dengan menghabiskan makanan, secara tidak langsung kamu mengakui keahlian dari chef dan cita rasa masakan yang disajikan.

 

Berikan Pujian kepada Chef

Etika saat menyantap omakase yang terakhir adalah dengan memberikan pujian kepada chef setelah kamu selesai menyantap makanan. Hal ini perlu dilakukan untuk menghormati chef yang telah memasakkan makanan. Setelah selesai makan, sempatkanlah beberapa menit untuk memuji sang chef dan mengucapkan rasa terima kasih. Siapa tahu nantinya, ketika kamu datang kembali ke restoran omakase tersebut, sang chef bisa mengenali wajahmu yang pernah datang sebelumya.

 

Itulah beberapa etika saat menyantap omakase. Semoga dengan adanya informasi di atas bisa membantu kamu saat akan menyantap omakase. Jika ingin mencoba untuk menyantap omakase, di bawah ini ada beberapa rekomendasi restoran omakase yang bisa kamu datangi. Yuk, coba lihat!

Oku Japanese Restaurant - Hotel Indonesia Kempinski

Foto Oku Japanese Restaurant - Hotel Indonesia Kempinski
Foto Oku Japanese Restaurant - Hotel Indonesia Kempinski
Foto Oku Japanese Restaurant - Hotel Indonesia Kempinski

Guresu Dining

Foto Guresu Dining
Foto Guresu Dining
Foto Guresu Dining

Kohai Sushi Bar

Foto Kohai Sushi Bar
Foto Kohai Sushi Bar
Foto Kohai Sushi Bar

Penulis: Merna Arini
Editor: Deva Norita


Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?