Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Heboh Caffeine Crash, Apa Penyebabnya dan Bagaimana Mengatasinya?

List Artikel
7 September 2019 | 0 Komentar

Bagi para pecinta kopi, pernahkah kamu mendengar caffein crash? Belakangan ini ada yang sedang heboh di dunia perkopian, yakni caffeine crash. Memangnya apa itu caffein crash? Caffein crash ini sebenarnya adalah salah satu efek meminum kopi yang membuat tubuh merasa lemas. Selama ini kita selalu menganggap kalau kopi bisa meningkat energi dan konsentrasi seseorang dalam jangka waktu lama. Padahal kenyatannya, efek energi dan konsentrasi dari minum kopi ini paling tidak hanya bertahan hingga 1-2 jam setelah minum kopi. Setelahnya, tubuhmu akan mulai merasa lemas karena efek kafein sudah memudar. Lantas kita tidak bisa minum kopi lagi? Tenang saja teman PergiKuliner, kita masih tetap bisa minum kopi, hanya saja untuk mengatasi terjadinya caffeine crash, kamu harus melakukan hal ini!

 

Minum Banyak Air Putih



Sumber : Bbcgoodfood.com


Hal pertama yang bisa dilakukan adalah dengan banyak minum air putih. Ini merupakan cara paling mudah yang bisa kamu lakukan dengan cepat untuk mencegah caffeine crash. Minum air putih akan membantuk kita menghilangkan kadar kafein dari dalam tubuh manusia. Tak hanya bisa menghilangkan efek caffeine crash, air putih juga bisa membuatmu jadi lebih segar setelah minum kopi. Baiknya, kamu mengonsumsi air putih sebanyak kamu meminum kopi. Jadi misalkan minum secangkir kopi, setelahnya, kamu juga harus meminum secangkir air putih.

 

Makan Makanan Kaya Protein



Sumber : Amazonaws.com


Cara selanjutnya adalah dengan makan makanan yang memiliki kandungan protein tinggi. Saat kita merasa lemas beberapa jam setelah minum kopi, tandanya tubuh memerlukan asupan protein yang mencukupi. Kamu bisa menyantap makanan kaya protein seperti yoghurt, telur, dada ayam, hingga kacang-kacangan. Protein tinggi bisa membantu tubuh mendapatkan asupan energi dengan cepat sehingga kamu tidak akan merasa lemas setelah minum kopi. Ingat, sebaiknya hindari makanan yang berminyak atau makanan tinggi gula karena justru bisa membuatmu merasa semakin lemas.

 

Makan Makanan Kaya Vitamin C



Sumber : Mariobadescu.co.za


Selain makan makanan yang kaya protein, kamu juga bisa memakan makanan yang kaya akan vitamin C. Ketika kamu minum kopi, kadar kafein yang mengalir dalam darah akan mengakibatkan defisiensi vitamin C dan tubuh perlahan akan menjadi lemas. Oleh karena itu, dengan menyantap makanan yang kaya akan vitamin C, maka tubuh bisa merasa segar kembali. Kamu bisa menyantap buah-buahan yang kaya akan vitamin C seperti jeruk atau buah berry.

 

Mengonsumsi Brokoli



Sumber: justonecookbook.com


Tahukah kamu ternyata brokoli ini tak hanya memiliki kandungan gizi yang bagus dan bisa mendetoks tubuh, tetapi juga bisa mencegahmu terkena caffeine crash. Brokoli mengandung sulfur, salah satu elemen penting untuk memproduksi enzim hati bernama cytochrome P450. Enzim tersebut, berperan dalam mengeluarkan partikel tidak sehat di organ hati. Bukan itu saja, brokoli juga kaya antioksidan sehingga bisa memperkuat imunitas dan melawan radikal bebas.

 

Itulah bebeapa cara untuk mencegah terkena caffeine crash. Kamu bisa memilih cara yang paling mudah untuk disukai. Semoga informasi di atas berguna untukmu ya!

Caribou Coffee

Foto Caribou Coffee
Foto Caribou Coffee

Dancing Goat Coffee Co.

Foto Dancing Goat Coffee Co.
Foto Dancing Goat Coffee Co.

Djournal Coffee

Foto Djournal Coffee
Foto Djournal Coffee
Foto Djournal Coffee

Fillmore Coffee

Foto Fillmore Coffee
Foto Fillmore Coffee

Meanwhile Coffee

Foto Meanwhile Coffee
Foto Meanwhile Coffee
Foto Meanwhile Coffee

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?