Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Icip Sajian Khas Imlek yang Bisa Membawa Keberuntungan di Tahun Ayam

List Artikel
20 Januari 2017 | 0 Komentar

Perayaan Imlek tinggal sebentar lagi. Tahun baru Imlek yang merupakan tahun ayam ini tentunya tak akan lengkap tanpa adanya sajian makanan khas Imlek yang tersaji di atas meja. Imlek memang selalu identik dengan beberapa makanan yang harus disantap agar bisa membawa keberuntungan di satu tahun ke depan. Tradisi menyantap makanan keberuntungan ini seolah tak boleh luput dari perayaan Imlek. Berikut ada tujuh sajian khas Imlek yang konon katanya bisa membawa keberuntungan. Yuk coba icip, siapa tahu kamu akan mendapat keberuntungan berlimpah di tahun ayam ini!

 

1. Dumpling



Sumber: pergikuliner.com


Dumpling sudah menjadi sajian khas masyarakat China saat ada acara-acara khusus seperti Imlek sejak tahun 1800 yang lalu. Dumpling yang paling banyak disajikan adalah dumpling yang berisi daging, sayuran, ikan, dan juga udang. Semakin banyak kamu menyantap dumpling, maka semakin banyak rezeki yang akan kamu dapat di tahun mendatang. Terkadang ada koin yang dimasukkan ke dalam isian dumpling sebagai bentuk kejutan.


 

2. Mie



Sumber: pergikuliner.com


Sudah bukan rahasia lagi kalau mie merupakan sajian khas Imlek yang dipercaya akan membawa panjang umur. Ada aturan khusus saat menyantap mie saat perayaan Imlek, yakni kamu tak boleh memotong mienya, jadi harus kamu seruput terus mie yang sudah masuk ke dalam mulut kamu. Mie yang disajikan biasanya adalah jenis lamian dengan topping daging cincang serta sawi hijau yang melimpah.  

 

3. Nian Gao



Sumber: thehungryexcavator.com


Nian Gao alias kue keranjang adalah makanan penutup yang terbuat dari beras ketan, gula, kacang kenari, dan daun lotus. Kue ini sering dijadikan sebagai kue persembahan kepada para dewa sebagai wujud rasa terima kasih. Nian gao dalam bahas China mirip dengan kata ‘tahun’ dan ‘tinggi’ sehingga jika kamu menyantap nian gao pada saat perayaan Imlek, maka kamu akan diberi keberuntungan yang sangat tinggi di tahun baru.

 

4. Nampan Kebersamaan



Sumber: fansshare.com


Nampan kebersamaan tak pernah absen untuk menjamu para tamu dan juga keluarga saat perayaan Imlek. Nampan kebersamaan ini merupakan sekotak hidangan manis seperti permen, manisan kering akar teratai, biji teratai, manisan buah melon, hingga kelapa kering. Sajian ini melambangkan kebahagiaan dan keharmonisan ikatan keluarga yang kuat. Tak hanya disajikan di rumah, nampan kebersamaan juga terkadang dijadikan hantaran atau buah tangan saat berkunjung ke rumah kerabat.

 

5. Ikan



Sumber: pergikuliner.com


Seperti yang kamu tahu, ikan menurut tradisi China melambangkan keberuntungan. Dalam bahasa China, ikan memiliki arti ‘surplus’. Ikan yang disajikan haruslah ikan yang utuh tanpa dipotong-potong karena menyantap ikan utuh dipercaya akan menghindarimu dari nasib buruk selama satu tahu ke depan. Selain disteam atau dikukus, ikan juga bisa digoreng.

 

6. Jeruk



Sumber: pinkkorset.com


Jeruk mandarin yang berwarna orange cerah dipercata dapat membawa kekayaan dan keberuntungan karena warnanya yang menyerupai emas. Selain itu, jeruk dalam bahasa China memiliki bunyi yang mirip dengan pengucapan emas. Tak heran jika jeruk selalu eksis saat perayaan Imlek tiba.

 

7. Fa Gao



Sumber: chinawhisper.com


Fao Gao sekilas memang mirip dengan kue mangkok khas Indonesia. Fao gao dalam bahasa Tiongkok memiliki arti ‘naik’ atau ‘kemakmuran’ sehingga kue ini wajib ada saat perayaan Imlek. Kue yang terbuat dari bahan baku tepung beras yang dikukus ini dari luar terlihat kenyal dan padat, padahal saat kamu menyantapnya, teksturnya sangat lembut. 

Crystal Jade

Foto Crystal Jade
Foto Crystal Jade
Foto Crystal Jade

Paradise Dynasty

Foto Paradise Dynasty
Foto Paradise Dynasty
Foto Paradise Dynasty

Ling Ling

Foto Ling Ling
Foto Ling Ling
Foto Ling Ling

Lamian Palace

Foto Lamian Palace
Foto Lamian Palace
Foto Lamian Palace

The Grand Duck King

Foto The Grand Duck King
Foto The Grand Duck King
Foto The Grand Duck King

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?