Ini Dia Alasan Kenapa Junk Food Bisa Bikin Hati Lebih Bahagia!

12 Juli 2019 | 0 Komentar
Siapa yang tak tergoda dengan junk food? Makanan yang menjadi kecintaan banyak orang ini memang seringkali dicari. Apalagi kalau suasana hati sedang tidak bagus. Selain cokelat, junk food menjadi makanan yang memang banyak diburu ketika kita sedang galau atau sedih. Alasannya adalah karena ketika menyantap junk food, biasanya suasana hati akan perlahan membaik karena junk food dipercaya bisa membuat suasana hati jadi lebih senang. Semua kegalauan dan kesedihan pun bisa lenyap seketika setelah kita menyantap junk food. Tapi apakah kamu tak penasaran, sebenarnya kenapa junk food ini bisa mengubah suasana hati jadi lebih bahagia? Tentu saja dibalik itu semua, ada alasan ilmiah yang logis untuk menjelaskannya.

 Sumber : Pergikuliner.com


Menurut beberapa penelitian yang sudah dilakukan, ternyata dalam tubuh, terutama di otak, ada hormon bahagia yang biasa disebut dengan nama dopamin yang ternyata bisa dirangsang melalui junk food. Pada dasarnya semua komponen yang ada pada junk food memang bisa memicu perangsangan hormon dopamin yang bisa mengakibatkan efek bahagia dalam tubuh semakin meningkat. Sebut saja kandungan garam, lemak dan gula yang ada pada junk food. Ketiga hal inilah yang bisa membuat hormon dopamin pada tubuh semakin meningkat. Hormon dopamin juga bisa dipicu saat kita menyantap makanan dengan tekstur yang berbeda dan kompleks.


 Sumber : Pergikuliner.com


Salah satu contoh junk food yang bisa membuat suasana hatimu jadi lebih hepi adalah burger. Tekstur bun alias roti pada burger yang sangat lembut, ditambah dengan asinnya keju, gurihnya bacon, segarnya tomat dan acar, serta creamynya mayonaise serta saus tomat, semua perpaduan kompleks tersebut ternyata bisa memicu nafsu makan yang tinggi sehingga membuatmu ingin makan lagi dan memunculkan perasaan senang ketika terus menyantapnya. Semakin kompleks kuliner yang kita santap, maka semakin tinggi tingkat kepuasan kita dan pastinya semakin meningkat rasa kebahagiaan yang akan dihasilkan. Alasan lainnya kenapa junk food bisa membuat perasaanmu jadi lebih bahagia adalah karena sebagian besar cita rasa junk food adalah asin berlemak sehingga ketika disantap terasa sangat lezat sehingga menimbulkan efek bahagia dan mengurangi kadar stres.

Jadi jangan heran lagi kalau saat kamu sedang stres, galau, atau sedih, junk food menjadi comfort food yang bisa membuat suasana hatimu jadi lebih nyaman dan bahagia. Ingin segera menyantap junk food? PergiKuliner punya rekomendasinya di bawah ini untukmu!

Belly Bandit

Flip Burger

Dope Burger & Co.

Pizza Place

Pizza Marzano


Topik artikel ini: