Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ini Dia Makanan Khas Tahun Baru dari Berbagai Negara!

List Artikel
26 Desember 2018 | 0 Komentar
Tahun baru sudah di depan mata. Momen ini tentu menjadi momen yang sangat dinanti-nantikan oleh semua orang tanpa terkecuali. Biasanya kita merayakan pergantian tersebut dengan membakar kembang api atau memasak beberapa menu khas untuk disantap bersama keluarga maupun teman. Memiliki tradisi yang berbeda, setiap negara tentu mempunyai hidangan khas yang selalu disajikan pada malam pergantian tahun. Menariknya, semua makanan yang disajikan bukanlah makanan biasa karena terselip sebuah makna khusus yang begitu berarti bagi orang yang menyantapnya. Berikut ini PergiKuliner akan bahas beberapa makanan khas tahun baru dari berbagai negara, simak yuk!

1. Ikan Herring

Sumber : Himpun-sehat.blogspot.com

Saat perayaan tahun baru, masyarakat Polandia memiliki tradisi untuk menyantap segala olahan masakan berbahan dasar ikan herring. Ikan ini melambangkan kekayaan dan kemakmuran karena warna sisiknya yang keperakan. Jika jumlah ikan herring melimpah di Eropa Barat saat pergantian tahun, masyarakatnya sangat percaya jika tahun berikutnya akan meningkatkan rejeki mereka.

2. Donat dari Jerman

Sumber : Abaroti.blogspot.com

Menyambut tahun baru di Jerman sangat manis. Pasalnya, di sana masyarakat Jerman akan menyongsong tahun baru dengan bersama-sama menikmati donat yang bisa disebut Pfannkuchens. Donat ini biasanya tidak memiliki lubang di tengahnya, namun berisikan selai atau liquor alias minuman keras yang terbuat dari fermentasi biji-bijian, buah, atau sayuran.

3. Darehats dari Armenia

Sumber : Boiteagouter.over-blog.com

Para ibu di Armenia akan membuat roti khas mereka yang disebut Darehats sebagai makanan yang akan disantap keluarga saat menanti detik-detik pergantian tahun. Mereka membuat Darehats dengan penuh harapan dan segala doa baik sehingga tahun depan orang-orang yang menikmatinya akan mendapat banyak keberuntungan.

4. Crepes dari Perancis

Sumber : Womantalk.com

Ritual khas warga Perancis dalam menyambut tahun baru adalah berciuman. Namun, beberapa orang Perancis ada juga yang memilih untuk melakukan tradisi lain, yaitu memakan banyak crepes. Tak ada alasan khusus mengapa mereka memilih crepes untuk disantap pada malam pergantian tahun. Namun, ini menjadi momen yang langka untuk bersama-sama memakan crepes dengan warga kota.

5. Toshikoshi Soba dari Jepang
Sumber : Pergikuliner.com

Kebiasaan masyarakat Jepang untuk menyantap mie soba saat pergantian tahun adalah Karena soba mengandung filosofi yang penuh harapan untuk mereka. Bentuk mie soba yang panjang dan tidak terputus melambangkan umur yang panjang. Penyajian Toshikoshi soba cukup sederhana yaitu dengan kaldu yang manis dan gurih, kamaboko atau telur dan nori.

6. Buah Anggur dari Spanyol

Sumber : Lagizi.com

Warga Spanyol dan beberapa negara latin amerika akan merayakan pesta tahun baru sambil ngemil 12 buah anggur. Mereka akan memakannya sambil berkumpul di lapangan untuk menunggu detik-detik pergantian tahun bersama-sama. Tradisi ini konon dimulai sejak tahun 1909, di mana para petani anggur mendapati panen dengan jumlah yang banyak bersamaan dengan momen pergantian tahun.

7.Bebakaran dari Indonesia

Sumber : Adielvyruz.blogspot.com

Malam tahun baru di Indonesia banyak dilewati dengan menyantap makanan serba bebakaran. Orang Indonesia pada umumnya akan membakar jagung saat pergantian tahun ata aneka daging-dagingan. Lalu mengundang teman dan kerabat untuk merayakan tahun baru dengan menyelenggarakan pesta barbeque kecil-kecilan.

Nah, itu dia makanan khas tahun baru dari berbagai negara. Enak-enak kan ya? Nah, jika kamu juga mau menikmati makanan tersebut bisa datang ke beberapa tempat di bawah ini ya!

WAKI Japanese BBQ Dining

Foto WAKI Japanese BBQ Dining
Foto WAKI Japanese BBQ Dining
Foto WAKI Japanese BBQ Dining

Mister Donut

Foto Mister Donut
Foto Mister Donut
Foto Mister Donut

D'Crepes

Foto D'Crepes
Foto D'Crepes

Lala Coffee & Donuts

Foto Lala Coffee & Donuts
Foto Lala Coffee & Donuts

Magal Korean BBQ

Foto Magal Korean BBQ
Foto Magal Korean BBQ
Foto Magal Korean BBQ

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?