Ini Dia Resiko di Balik Makan Sambil Jalan, Simak Yuk!

29 Oktober 2019 | 0 Komentar

Siapa di antara kamu yang pernah atau bahkan sering makan sambil jalan? Makan sambil jalan kerap kali dilakukan oleh orang-orang yang memiliki mobilitas tinggi, aktivitas padat, atau dalam kata lain sangat sibuk. Biasanya mereka hanya punya sedikit waktu untuk makan dan menikmati santapan makanan. Kita bisa melihat pemandangan seperti di beberapa kota besar saat pagi hari dan juga istirahat jam makan siang. Selain orang-orang yang sibuk, biasanya orang yang sering makan sambil jalan adalah orang yang suka membeli snack atau makanan ringan saat sedang bepergian. Mereka sangat suka menikmati cemilan yang dibeli dengan cara menyantapnya sambil berjalan dan mengobrol bersama teman. Meski terlihat sepele, tapi tahukah kamu kalau ada resiko yang menantimu jika makan sambil jalan. Coba dulu cek apa saja resiko-resiko yang bisa kamu dapat di bawah ini!



 Sumber : Pergikuliner.com


1. Kamu Akan Mudah Tersedak Makanan

Resiko pertama yang akan terjadi pada dirimu jika makan sambil berjalan adalah akan mudah tersedak makanan. Tentu saja kamu bisa dengan mudah tersedak makanan karena selama makan tidak akan fokus. Orang-orang yang makan sambil jalan pasti tidak akan pernah fokus dengan makannya, mereka akan fokus pada hal lain. Misalkan saja orang-orang di sekitarnya, ponsel, hingga suasana jalanan. Berhubung kurang fokus, kamu juga tidak tahu sudah berapa gigitan atau suapan makanan yang kamu masukkan ke dalam mulut.

 

2. Porsi Makan Akan Lebih Banyak

Ketika kita makan sambil jalan, tanpa disadari ternyata kita bisa makan lebih banyak dari porsi yang biasanya kita makan. Hal ini diakukan karena ketika makan, kita sedang melakukan aktivitas lainnya sehingga otak cenderung tidak memperhatikan sudah berapa banyak makanan yang masuk ke dalam perut. Apalagi kalau kamu makan sambil jalan dengan mengobrol bersama dengan teman. Pasti rasanya makanan yang disantap tidak membuat perut kenyang karena memang kita tidak menyadari kalau sudah makan banyak.

 

3. Mengalami Gangguan Pencernaan

Jika makan sambil jalan, kamu juga bisa terkena gangguan pencernaan. Hal ini disebabkan karena adanya partikel makanan yang tidak dapat dipecah dengan baik oleh pencernaan sehingga tetap bertahan di dalam usus dalam waktu yang cukup lama. Kondisi ini bisa menyebabkan tubuh akan merasa lesu dan lemas karena makanan sulit dicerna sehingga tidak bisa diserap dengan baik oleh tubuh menjadi sumber energi.

 

4. Membuat Asam Lambung

Bagi orang-orang yang perutnya sensitif, makan sambil jalan bisa memicu naiknya asam lambung dan gas. Ini dikarenakan ketika makan sambil berjalan tubuh kita akan terus bergerak sehingga proses pencernaan menjadi terganggu. Akibatnya asam lambung akan naik dan perut merasa kembung.

 

5. Cita Rasa Makanan yang Sebenarnya Tidak Akan Terasa

Resiko yang terakhir adalah kamu tidak akan bisa merasakan dan menikmati citarasa makanan yang sedang kamu santap. Jika makan sambil jalan, otomatis kita akan kurang fokus berhubung perhatian akan terbagi. Makanan yang disantap pun tak bisa lagi dinikmati cita rasanya. Sayang-sayang bukan kalau kamu tidak bisa menikmati cita rasa makanan lezat yang sebenarnya.

 

Itulah beberapa resiko jika kamu makan sambil jalan, jadi mulai sekarang jangan diulangi lagi ya! Sekarang intip dulu yuk beberapa cemilan di bawah ini. Namun pastikan kamu memakannya sambil duduk ya!

Shihlin

Old Chang Kee

Auntie Anne's

Street Churros

Dutch Kitchen


Topik artikel ini: