Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ini Loh Jenis Potongan Cumi yang Paling Sering Digunakan

List Artikel
1 September 2020 | 0 Komentar

Cumi merupakan salah satu jenis seafood yang sangat digemari selain udang dan kepiting. Ada beberapa alasan mengapa cumi disukai oleh masyarakat. Salah satunya adalah karena cumi memiliki tekstur yang sangat kenyal sehingga ketika disantap bersama nasi yang empuk, maka akan menghasilkan perpaduan tekstur yang menarik. Selain itu, cumi bisa diolah menjadi beragam kuliner lezat dan cocok jika dimasak dengan aneka bumbu khas Indonesia, mulai dari bumbu balado, opor, saus Padang, dan lain sebagainya. Tapi tahukah kamu kalau beda masakan, beda pula potongannya.Ada beberapa jenis potongan cumiyang paling sering digunakan pada masakan, yaitu:


Potongan Utuh



Sumber: Resepkoi.id


Pertama ada potongan utuh alias cumi dimasak dalam bentuk utuh. Biasanya cumi yang dimasak dalam potongan utuh adalah cumi asin atau cumi yang sudah diasinkan dengan cara difermentasikan dengan menggunakan garam. Ukuran cumi asin ini sangat kecil, rata-rata ukurannya hanya sebesar telunjuk jari saja sehingga kamu tak perlu memotong-motongnya lagi.


Potongan Cincin



Sumber: Dinneratthezoo.com


Potongan cincin alias potongan bulat melingkar merupakan jenis potongan cumi yang paling banyak digunakan dalam masakan yang digoreng seperti cumi goreng tepung, cumi asam manis, dan lain sebagainya. Bentuknya yang seperti cincin memang terlihat sangat unik dan memudahkan kita pada saat menyantapnya karena tidak perlu memotong-motongnya lagi. 


Potongan Bentuk Kerat Persegi



Sumber: Maangchi.com


Selanjutnya ada potongan bentuk kerat persegi. Jenis potongan ini banyak dijumpai pada masakan yang ditumis. Untuk membuat potongan bentuk kerat persegi memang susah-susah gampang. Kamu harus melepaskan kepala cumi lalu membelah badannya menjadi lembaran dan memotongnya persegi kemudian mengeratnya dengan garis horizontal dan vertikal. Nantinya pada saat dimasak, daging cumi akan mengerut dan membentuk kotak-kotak wajik kecil.


Potongan Lepas Kepala



Sumber: Resepkoki.id


Potongan lepas kepala menjadi jenis potongan cumi yang banyak dijumpai pada masakan Padang seperti gulai. Sesuai namanya, untuk membuat jenis potongan ini, kamu harus melepas kepala cumi dari badannya. Biasanya nanti bagian badan ini akan diisi dengan isian seperti telur atau tahu kemudiandi atasnya ditutup dengan tusuk gigi atau tusukan bambu barulah dimasak bersama dengan bumbu rempah-rempah.


Potongan Kerat Memanjang Utuh



Sumber: Mommyasia.id


Potongan yang terakhir adalah jenis potongan kerat memanjang utuh. Jenis potongan ini banyak dijumpai pada olahan cumi yang dibakar. Untuk membuat potongan ini, cumi yang utuh harus dikerat panjang-panjang supaya bumbunya bisa merasuk dengan merata. Nantinya pada saat dibakar, keratan cumi akan terlihat cantik.

 

Sekarang kamu sudah tahu bukan apa saja jenis potongan cumi yang paling sering digunakan dalam masakan. Kamu sudah pernah menemukan jenis potongan yang mana saja?

Nasi Cumi Hitam Madura Pak Kris

Foto Nasi Cumi Hitam Madura Pak Kris
Foto Nasi Cumi Hitam Madura Pak Kris
Foto Nasi Cumi Hitam Madura Pak Kris

Layar Seafood

Foto Layar Seafood
Foto Layar Seafood

Sandjaja & Seafood

Foto Sandjaja & Seafood
Foto Sandjaja & Seafood
Foto Sandjaja & Seafood

Aroma Sedap

Foto Aroma Sedap
Foto Aroma Sedap
Foto Aroma Sedap

Pondok Pangandaran

Foto Pondok Pangandaran
Foto Pondok Pangandaran

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?