Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Intip 5 Kuliner Khas Pontianak yang Cocok untuk Buka Puasa

List Artikel
31 Maret 2023 | 4 Komentar

Pontianak menjadi Ibu Kota Kalimantan Barat yang memiliki segudang kuliner khasnya. Beberapa yang terkenal adalah olahan bakmi dan kwetiaunya. Selain itu ada camilan serta menu dessert yang tak kalah enaknya. Berhubung saat ini kita sedang dalam bulan Ramadhan, pasti beberapa di antara kamu ada yang pusing memikirkan menu yang cocok untuk berbuka. Biasanya menu berbuka puasa tak jauh-jauh dari yang namanya kolak dan es buah. Tapi buat yang bosan menyantap dua kuliner tersebut setiap hari, masih ada kuliner-kuliner khas Indonesia yang ternyata juga cocok dijadikan menu berbuka seperti kuliner khas Pontianak. Supaya lebih jelasnya lagi, coba kita cek dulu yuk beberapa kuliner khas Pontianak di bawah ini yang cocok untuk buka puasa di bawah ini yuk!


1. Kue Bingke



Sumber: Idntimes.com


Pertama ada kue bingke. Menu buka puasa selalu identik dengan kuliner yang manis-manis. Nah, kue bingke ini punya citarasa manis dengan tekstur legit dan agak kenyal tapi lumer di mulut. Ciri khas dari jajanan ini adalah bentuknya yang seperti bunga, meski ada beberapa kue bingke yang berbentuk kotak atau wajik, tapi kebanyakan bentuknya bunga. Kue ini dibuat dari bahan dasar tepung beras, gula pasir, santan, dan telur.


2. Chai Kue



Sumber: Pergikuliner.com


Chai kue atau choi pan merupakan salah satu jajanan khas Pontianak yang diadaptasi dari kuliner Tionghoa. Sekilas kuliner ini memang mirip dumpling atau dimsum, tapi isian dan cita rasanya berbeda kok. Kulit chai kue dibuat dari tepung sagu dan tepung beras. Sedangkan untuk isiannya dibuat dari bahan utama bengkuang yang dipadu dengan kucai dan kacang tanah sehingga memperkaya tekstur dan rasanya.


3. Talam Ebi



Sumber: Resepkoki.id


Selanjutnya ada kue talam ebi yang juga cocok untuk dijadikan takjil berbuka puasa. Talam ebi atau yang juga disebut kiam ko kwe. Talam ebi merupakan jajanan khas Pontianak yang punya citarasa gurih asin dengan tekstur yang legit tapi lembut. Bahan utama pembuatan talam ebi ini adalah tepung beras dan santan yang diberi tambahan gula lalu dicetak dan dikukus hingga matang. Sesuai namanya, untuk topping atasnya diberi tambahan ebi.


4. Jorong-jorong



Sumber: Pontibonticake.com


Jorong-jorong merupakan kuliner khas Pontianak yang sering muncul pada saat bulan Ramadhan. Joronh-jorong dibuat dari bahan dasar tepung beras yang dipadu dengan santan, gula, dan sedikit garam. Nantinya semua bahan dicampur rata lalu dituang dalam wadah berbentuk persegi yang dibuat dari daun pandan sehingga saat dikukus aromanya akan sangat wangi. Cita rasa dari jorong-jorong cenderung manis dan gurih karena ada campuran santannya.


5. Sagu Gunting



Sumber: Foodnesia.net


Terakhir ada sagu gunting yang merupakan salah satu dessert khas Pontianak yang banyak digemari. Sagu gunting atau su fun tiao dibuat dari bahan dasar tepung sagu yang dicampur gula dan santan. Teksturnya bisa dikatakan cukup kenyal tapi tetap lembut. Sagu gunting biasanya disajikan dengan tambahan kacang merah, gula merah atau gula putih cair, susu kental manis dan es batu.


Macam-macam kan kuliner khas Pontianak yang cocok untuk berbuka puasa. Kalau di Jakarta, memang agak sulit ya menemukan takjil khas Pontianak. Tapi jangan sedih ya, karena kamu bisa kok berbuka dengan makanan-makanan yang unik dan enak rekomendasi PergiKuliner di bawah ini!

Kedai Es Pisang Ijo Pemuda

Foto Kedai Es Pisang Ijo Pemuda
Foto Kedai Es Pisang Ijo Pemuda
Foto Kedai Es Pisang Ijo Pemuda

Es Teler Sumatera Aho

Foto Es Teler Sumatera Aho
Foto Es Teler Sumatera Aho
Foto Es Teler Sumatera Aho

Rica Rico Cakery

Foto Rica Rico Cakery
Foto Rica Rico Cakery
Foto Rica Rico Cakery

Pukis & Bikang Karso

Foto Pukis & Bikang Karso
Foto Pukis & Bikang Karso
Foto Pukis & Bikang Karso

Choi Pan Manie

Foto Choi Pan Manie
Foto Choi Pan Manie
Foto Choi Pan Manie

Topik artikel ini:
4 Komentar
[ ... ]
Foto user umum
MjEravyYJtfB
gertude.christiana@yahoo.com | 07 Apr 2022 pk. 08:27 PM
Foto user umum
nzGIZPLiBNCoQTA
gertude.christiana@yahoo.com | 07 Apr 2022 pk. 08:27 PM
Foto user umum
FGMrBdagJfsqm
joycelynauchterlonie@yahoo.com | 08 Apr 2022 pk. 04:49 AM
Foto user umum
SrxbkNDZaLpsIV
joycelynauchterlonie@yahoo.com | 08 Apr 2022 pk. 04:49 AM

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?