Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Tips dan Trik Atasi Jantung Berdebar Usai Minum Kopi

List Artikel
9 April 2021 | 0 Komentar

Siapa di antara kamu yang sering mengalami jantung berdebar usai minum kopi? Meski punya cita rasa yang nikmat, tapi tak jarang ada orang yang mengalami efek samping setelah minum kopi. Kopi diketahui memiliki kandungan kafein yang tinggi. Kandungan kafein memang bisa bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Tapi tentu saja efek kafein ini bisa berbeda tergantung dari kondisi tubuh masing-masing orang. Ada yang tubuhnya tidak terpengaruh oleh kafein dalam kopi dan ada yang tubuhnya mengalami jantung berdebar usai minum kopi. Kondisi jantung berdebar usai minum kopi ini sebenarnya wajar terjadi dan Teman Kuliner tak perlu khawatir karena ada tips dan trik atasi jantung berdebar usai minum kopi. Yuk, ikuti tipsnya di bawah ini!


Sumber: Pergikuliner.com


1. Minum Air Putih

Air putih diketahui menjadi solusi dari berbagai macam permasalahan kesehatan, termasuk bisa mengatasi jantung berdebar usai minum kopi. Ketika jantungmu mulai berdebar lebih cepat usai minum kopi, segeralah minum segelas air putih. Tubuh yang kekurangan cairan atau sedang mengalami dehidrasi akan membuat darah semakin kental sehingga dapat membuat jantung harus bekerja lebih keras. Ditambah lagi kalau saat dehidrasi, Teman Kuliner meminum kopi. Pengentalan darah akan semakin lebih cepat. Inilah yang membuat jantung akan berdebar cepat usai minum kopi. Jika Teman Kuliner mengatasinya dengan minum segelas air putih sebelum atau setelah minum kopi, maka kekentalan darah tersebut bisa berkurang dan kinerja jantung bisa kembali normal.


2. Menjaga Keseimbangan Elektrolit

Menjaga keseimbangan elektrolit menjadi tips dan trik yang bisa dilakukan untuk atasi jantung berdebar usai minum kopi. Elektrolit adalah partikel dalam tubuh yang terurai dan membentuk ion. Ion ini akan mempengaruhi kerja jantung. Kandungan elektrolit bisa dijumpai pada beberapa jenis makanan seperti pisang, alpukat, ubi, kacang-kacangan, hingga sayuran hijau. Dengan mengonsumsi aneka makanan ini setelah minum kopi, maka efek dari kafein bisa diminimalisasi sebaik mungkin.


3. Membatasi Stimulan

Tips dan trik atasi jantung berdebar usai minum kopi selanjutnya adalah dengan membatasi stimulan. Stimulan ini merupakan asupan yang dikonsumsi oleh tubuh. Stimulan bisa dijumpai pada kuliner seperti cokelat, minuman berenergi, minuman beralkohol, dan lain sebagainya. Jika Teman Kuliner mengonsumsinya bersama dengan kopi, maka bisa berdampak pada jantung yang berdebar lebih cepat. Oleh karena itu, sebelum minum kopi sebaiknya batasi stimulan yang dikonsumsi.


4. Rutin Melakukan Olahraga

Tips dan trik atasi jantung berdebar usai minum kopi yang terakhir adalah dengan rutin melakukan olahraga. Salah satu penyebab jantung berdebar usai minum kopi adalah karena Teman Kuliner jarang berolahraga. Olahraga yang rutin dapat memperkuat kinerja jantung dan menjaga agar ritme kerja jantung bisa tetap stabil meski sering minum kopi. Mulailah dengan melakukan olahraga ringan seperti lari pagi, berenang, bersepeda, hingga senam. Teman Kuliner bisa melakukan olahraga setidaknya 2-3 kali seminggu.

 

Dengan melakukan tips dan trik atasi jantung berdebar usai minum kopi di atas, Teman Kuliner bisa melakukannya sebagai tindak pencegahan setelah minum kopi. Tapi ingat ya kalau Teman Pergi Kuliner harus membatasi asupan kafein dalam kopi yang masuk dalam tubuh. Semoga informasi di atas bisa berguna untukmu. Buat Teman Kuliner yang ingin minum kopi enak, Pergikuliner punya rekomendasi coffee shop dengan kopi enak yang wajib banget dicoba. Cek di bawah ini ya!

Dancing Goat Coffee Co.

Foto Dancing Goat Coffee Co.
Foto Dancing Goat Coffee Co.
Foto Dancing Goat Coffee Co.

Dia Honest Coffee and Bakes

Foto Dia Honest Coffee and Bakes
Foto Dia Honest Coffee and Bakes
Foto Dia Honest Coffee and Bakes

Drips Coffee

Foto Drips Coffee
Foto Drips Coffee
Foto Drips Coffee

Kinari Coffee Shop

Foto Kinari Coffee Shop
Foto Kinari Coffee Shop
Foto Kinari Coffee Shop

Giyanti Coffee Roastery

Foto Giyanti Coffee Roastery
Foto Giyanti Coffee Roastery
Foto Giyanti Coffee Roastery

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?