Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Intip Industri Kopi di Tengah Pandemi Covid-19

List Artikel
4 Juni 2020 | 2 Komentar

Seperti yang kita ketahui, saat ini Indonesia sedang dilanda isu kesehatan sosial dengan merebaknya virus Corona. Akibat hal ini Pemerintah mengambil langkah untuk menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB. Tentu saja hal ini memberikan pengaruh besar pada beberapa sektor industri termasuk industri F&B (food and beverage) dan tidak terkecuali industri kedai kopi. Hal ini tentu membuat menurunnya pendapatan industri kopi secara drastis. Beberapa kedai kopi bahkan ada yang terpaksa gulung tikar karena sepi pembeli.

Jika kita perhatikan, beberapa industri kopi yang masih bertahan Indonesia telah menerapkan beberapa hal, agar bisnisnya tetap berjalan dan tetap bisa memanjakan lidah para pecinta kopi. Salah satunya dengan menyediakan layanan jasa pesan antar bebas ongkir. Selain itu, apa saja langkah lainnya? Yuk cari tahu!



Sumber : Pergikuliner.com


Paket Minum Kopi di Rumah

Langkah yang paling banyak dilakukan oleh kedai kopi di tengah pandemi Covid-19 adalah memberikan beragam promo hingga diskon agar pelanggan setia mereka tetap bisa menikmati kopi. Pasalnya pandemi ini membuat sebagian orang kehilangan pekerjaan dan pastinya membuat semua orang sedang mengencangkan ikat pinggang alias berhemat agar dapat memenuhi kebutuhan pokok mereka. Dengan memberikan diskon atau promo paket minum kopi di rumah, diharapkan hal ini bisa mendongkrak penjualan.


Layanan Pesan Antar Bebas Ongkir

Selain dengan bekerja sama dengan aplikasi layanan pesan antar, para pemilik kedai kopi juga ada yang menyediakan layanan pesan antar bebas ongkir dengan syarat dan ketentuan yang berbeda-beda. Hal ini tentu memudahkan para pecinta kopi yang ingin mencicipi atau sudah kangen dengan rasa kopi dari kedai kopi favorit mereka. 


Menjual Biji Kopi

Salah satu cara untuk mempertahankan industri kopi adalah dengan menjual biji kopi supaya pelanggan bisa membuat sendiri kopinya di rumah. Beberapa kedai kopi bahkan sudah ada yang menawarkan paket biji kopi beserta bahan-bahan pendampingnya sehingga tidak diseduh dan dituang saja. Dengan begitu, para pelanggan masih dapat menikmati kenikmatan minum kopi dengan cita rasa yang kurang lebih mirip dengan yang ada di kedai kopi.

 

Kopi 1 Liter

Cara industri kopi yang terakhir agar bisa bertahan di tengah pandemi corona adalah dengan menyediakan kopi 1 liter. Mungkin beberapa di antara kamu sudah ada yang tahu atau bahkan sudah ada yang pernah membeli kopi 1 liter dari beberapa kedai kopi ternama saat pandemi ini. Dengan menyediakan kopi 1 liter diharapkan pelanggan bisa menikmati kopi bersama dengan keluarga atau jika ingin meminumnya sendiri bisa disimpan hingga 2-3 hari lamanya di dalam kulkas. Selain kopi 1 liter, menu minuman lain yang dijual oleh kedai kopi juga banyak yang dibuat seukuran 1 liter seperti matcha atau milk tea.

 

Semua langkah-langkah di atas memang tidak bisa 100% memulihkan bisnis kedai kopi, tapi setidaknya bisa membantu kedai kopi agar tetap bisa bertahan di tengah pandemi ini. Kita selalu berharap semoga pandemi ini cepat selesai agar nantinya kita bisa ngopi bareng lagi di kedai kopi favorit ya!

Bloom Ngopi

Foto Bloom Ngopi
Foto Bloom Ngopi
Foto Bloom Ngopi

Kopi Kiran Kamu

Foto Kopi Kiran Kamu
Foto Kopi Kiran Kamu
Foto Kopi Kiran Kamu

Kopi Waton

Foto Kopi Waton
Foto Kopi Waton

Kopi Dari Pada

Foto Kopi Dari Pada
Foto Kopi Dari Pada
Foto Kopi Dari Pada

Ray's Bottle of Joe

Foto Ray's Bottle of Joe
Foto Ray's Bottle of Joe
Foto Ray's Bottle of Joe

Topik artikel ini:
2 Komentar
[ ... ]
Foto user umum
Bagus sangat menarik
hamdaannova9261@gmail.com | 05 Jun 2020 pk. 03:19 PM
Foto user umum
Bagus, dan sangat menarik
hamdaannova9261@gmail.com | 05 Jun 2020 pk. 03:20 PM

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?