Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Intip Trik Menyimpan Anggur Agar Awet Ala Petani Afghanistan

List Artikel
25 Mei 2021 | 0 Komentar

Anggur menjadi salah satu buah-buahan yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Anggur bisa disantap begitu saja setelah dicuci bersih dengan air matang, tapi juga bisa dijadikan campuran pada salad, smoothie bowl, es buah, hingga topping pai buah. Ada banyak jenis anggur yang ada di dunia, tapi anggur berwarna hijau dan ungu kemerahan yang paling banyak dijumpai di Indonesia. Meski jenisnya berbeda, tapi rata-rata anggur memiliki cita rasa yang manis dan ada sedikit rasa asamnya dengan tektur yang empuk dan lembut. Ukurannya lonjong kecil dengan bagian kulit yang sangat tipis. Berhubung tekstur kulitnya tipis, maka tak heran kalau buah ini sangat mudah rusak. Kerusakan pada  bagian kulit luar dapat dengan mudah membuat anggur jadi mudah busuk juga. Oleh karena itu, kita harus menyimpan anggur dengan cara yang tepat agar awet dan tidak mudah busuk.

 


Sumber: Indiatimes.com


Menyimpan anggur agar awet memang susah-susah gampang. Biasanya kita akan menyimpan anggur dalam lemari pendingin supaya awet, tapi hal tersebut hanya bisa bertahan selama beberapa hari saja. Rata-rata anggur yang disimpan dalam kulkas ini akan mudah rusak bagian luarnya sehingga anggur akan mudah busuk. Tapi tahukah kamu kalau ternyata ada trik menyimpan anggur agar bisa awet hingga berbulan-bulan. Loh kok bisa? Trik ini merupakan cara yang dilakukan oleh para petani yang ada di Afghanistan. Mereka menggunakan trik khusus supaya anggur dapat bertahan sampai kurang lebih 6 bulan.


Menyimpan Dalam Wadah Khusus

Trik menyimpan anggur agar awet ala petani Afghanistan ternyata sebenarnya sangat simpel dilakukan, tapi buat kamu yang berpikir kalau mereka menyimpan anggur dalam lemari pendingin, itu tidaklah benar. Ada sebuah wadah khusus yang dipergunakan untuk menyimpan anggur. Wadah yang digunakan adalah wadah tanah liat yang dibuat kedap udara. Trik menyimpan anggur agar awet ini dinamakan dengan gangina.

 

Gangina Punya Beberapa Proses Tahapan

Gangina adalah trik menyimpan anggur agar awet dengan menggunakan wadah tanah liat kedap udara yang dibuat khusus untuk menyimpan buah. Untuk menggunakan wadah tanah liat ini, ada beberapa proses yang perlu dilalui alias tidak bisa langsung digunakan begitu saja. Wadah tanah liat harus dijemur hingga kering. Setelah itu, wadah harus disimpan di tempat sejuk barulah bisa digunakan. Anggur yang disimpan dalam wadah tersebut haruslah disimpan dalam ruangan gelap, sejuk, dan kedap udara.



Sumber:  Okezone.com


Syarat Agar Bisa Menyimpan Anggur yang Lama

Meski disimpan dengan metode gangina. Tapi ada satu syarat khusus yang harus kamu lakukan, yakni memastikan kalau semua anggur yang akan disimpan dalam keadaan masih fresh dan tidak ada yang rusak. Jika ada satu sana anggur yang rusak atau busuk, maka kamu harus membuangnya atau menyisihkannya supaya nantinya tidak mempengaruhi keseluruhan anggur yang akan disimpan. Jika ada satu anggur busuk yang masuk ke dalam wadah penyimpanan, maka keseluruhan anggur dalam wadah bisa dengan mudah busuk dalam jangka waktu beberapa hari saja. Oleh karena itu, proses pemilihan anggur berkualitas bagus sangatlah penting jika ingin menyimpannya dalam jangka waktu yang lama.


Bisa Digunakan untuk Menyimpan Buah Segar Lainnya

Trik menyimpan anggur agar awet ini tidak hanya bisa diterapkan pada anggur saja, tetapi juga bisa dilakukan pada buah-buahan lainnya. Tapi tentu saja dengan langkah-langkah yang sama dan pastikan kalau buah yang disimpan dalam keadaan utuh dan tidak ada yang busuk atau rusak salah satunya.

 

Itulah trik menyimpan anggur agar awet ala petani Afghanistan. Meski caranya terbilang tradisional, tapi trik menyimpan anggur agar awet ini sudah dilakukan secara turun temurun hingga sekarang. Kalau kamu sendiri, bagaimana caramu menyimpan anggur atau buah-buahan lainnya? 

Rujak Kolam Medan

Foto Rujak Kolam Medan
Foto Rujak Kolam Medan
Foto Rujak Kolam Medan

Sal En Co

Foto Sal En Co
Foto Sal En Co
Foto Sal En Co

101+ Juice

Foto 101+ Juice
Foto 101+ Juice
Foto 101+ Juice

Maple & Oak

Foto Maple & Oak
Foto Maple & Oak
Foto Maple & Oak

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?