Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Tips dan Trik Atasi Tekanan Darah Rendah dengan Pola Makan Mudah Ini

List Artikel
24 Mei 2021 | 0 Komentar

Tekanan darah rendah kerap kali dianggap remeh oleh banyak orang. Padahal tekanan darah rendah ini memiliki risiko yang tak jauh berbeda dengan tekanan darah tinggi. Normalnya, tekanan darah orang haruslah berkisar sekitar 120/80mmHg. Angka ini tidak terlalu rendah dan tidak terlalu tinggi alias berada di tengah-tengah. Sayangnya tidak semua orang memiliki tekanan darah normal. Meski lebih banyak yang memiliki tekanan darah tinggi, tapi orang yang memiliki tekanan darah rendah juga banyak loh. Tekanan darah yang terlalu rendah bisa berisiko aliran darah yang dipompa oleh jantung tersendat sehingga organ tubuh tidak bisa berfungsi maksimal. Sebenarnya tekanan darah rendah ini bisa diatasi dengan pola makan. Jadi tak perlu konsumsi obat tertentu, tapi kamu cukup mengatasinya dengan mengonsumsi makanan atau minuman tertentu. Ingin tahu bagaimana caranya? Yuk, langsung cek tips dan trik atasi tekanan darah rendah dengan pola makan mudah di bawah ini!

 

1. Makan dalam Porsi Kecil Tapi Sering



Sumber: Houseofwellness.com.au


Tips dan trik atasi tekanan darah rendah dengan pola makan mudah adalah makan dalam porsi kecil tapi sering. Kamu pasti sudah sering mendengar anjuran untuk makan dalam porsi kecil tapi sering. Pola makan ini memang sangat bagus untuk kesehatan tubuh terutama kesehatan pencernaan. Tapi tak hanya itu saja, pola makan kecil tapi sering bisa mengatasi tekanan darah rendah. Mengapa demikian? Saat tubuh tidak mendapat asupan makanan selama beberapa jam, maka tekanan darah akan mengalami fluktuasi sehingga mengakibatkan penurunan tekanan darah. Dengan makan dalam porsi kecil tapi sering, fluktuasi tersebut bisa dihindari.

 

2. Penuhi Kebutuhan Natrium



Sumber: William-reed.com


Jika tekanan darah tinggi harus mengurangi natrium, tekanan darah rendah justru disarankan untuk memenuhi kebutuhan natrium harian. Kandungan nutrium ini bisa ditemukan pada garam. Jadi salah satu tips dan trik atasi tekanan darah rendah bisa dengan memberikan asupan garam yang cukup. Garam dapat memberikan tekanan pada pembuluh darahmu sehingga menjadikan tekanan darah meningkat. Tapi ingat ya, garam yang ditambahkan ini secukupnya saja.

 

3. Minum Air yang Cukup



Sumber: Dynaimage.cdn.cnn.com


Salah satu tips dan trik atasi tekanan darah rendah adalah dengan minum air yang cukup. Minum air cukup tak hanya bisa mencegah dehidrasi dan menyehatkan kulit, tapi juga bisa membuat tekanan darahmu normal kembali. Air bisa menjadi fakto utama untuk menjaga tekanan darah stabil. Air minum yang dikonsumsi ini bisa berupa air putih atau air mineral hingga air kelapa maupun infusedwater.

 

4. Terapkan Pola Makan yang Seimbang



Sumber: Healthline.com


Selanjutnya ada menerapkan pola makan yang seimbang. Pola makan yang seimbang bisa mengatasi tekanan darah rendah. Alasannya adalah karena tekanan darah yang rendah bisa dikarenakan kurangnyaasupan nutrisi yang didapat oleh tubuh. Beberapa nutrisi yang harus kamu penuhi agar tekanan darah menjadi normal adalah zat besi, vitamin B, dan asam folat. Nutrisi-nutrisi tersebut bisa membuat tekanan darahmu menjadi normal.


5. Konsumsi Kopi



Sumber: Pergikuliner.com


Tips dan trik atasi tekanan darah rendah yang terakhir ini pasti sangat disukai oleh pecinta kopi karena dengan mengonsumsi kopi, kamu bisa meningkatkan tekanan darah. Kandungan kafein pada kopi dapat memacu kerja jantung untuk mempompa darah lebih kuat lagi. Kafein dapat memicu peningkatan tekanan darah secara cepat tapi signifikan. Disarankan untuk mengonsumsi kopi hitam tanpa gula seperti espresso, coldbrew dan lain sebagainya. Minumlah kopi dengan porsi yang normal atau 1-2 gelas atau porsi saja per harinya, jangan berlebihan ya!

 

Itulah beberapa tips dan trik atasi tekanan darah rendah dengan pola makan yang mudah. Semoga informasi di atas bisa berguna untukmu ya, Teman Pergi Kuliner!

Kinari Coffee Shop

Foto Kinari Coffee Shop
Foto Kinari Coffee Shop
Foto Kinari Coffee Shop

Soeryo Cafe & Steak

Foto Soeryo Cafe & Steak
Foto Soeryo Cafe & Steak
Foto Soeryo Cafe & Steak

The Garden

Foto The Garden
Foto The Garden
Foto The Garden

Sushi Hiro

Foto Sushi Hiro
Foto Sushi Hiro
Foto Sushi Hiro

Tropicale Juice Bar

Foto Tropicale Juice Bar
Foto Tropicale Juice Bar
Foto Tropicale Juice Bar

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?