Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Jadi Salah Satu Kue Terlezat di Dunia, Ini Fakta Kue Lapis Legit Khas Indonesia!

List Artikel
1 Juli 2019 | 0 Komentar
Bagi kamu pecinta dessert, tentunya tak ada yang tak kenal dengan kue lapis legit. Kue ini merupakan salah satu kue yang paling banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Hal ini dikarenakan lapis legit memang memiliki cita rasa yang legit dan lezat. Aroma lapis legit juga sangat kaya akan rempah karena memang di dalamnya terdapat beberapa campuran rempah seperti kapulaga, kayu manis, cengkeh, adas dan pala. Ditambah lagi ada daya tarik lainnya yakni dari segi tampilannya. Lapis legit memiliki bentuk yang unik karena terlihat seperti lapisan kue yang bertumpuk tipis. Inilah yang menjadi ciri khas dari lapis legit. Tapi tahukah kamu kalau ternyata kue lapis legit ini pernah dinobatkan menjadi salah satu kue terlezat di dunia versi CNN. Kue ini menempati posisi ke empat setelah Pavlova dari Selandia Baru, Swedish Prince Cake dari Swedia, dan Victoria Sponge dari Inggris Raya. Terlepas dari statusnya yang menjadi salah satu kue terlezat di dunia, ada beberapa fakta mengejutkan dari lapis legit khas Indonesia ini, yaitu:

Sumber : Cakelab.co.id 


Lapis Legit Sudah Ada Pada Zaman Belanda
Seperti yang kamu ketahui kalau kue lapis legit sebenarnya bukan merupakan kue asli Indonesia, tetapi merupakan kue adaptasi dari kue Belanda. Hal ini bisa dibuktikan dari keberadaannya yang sudah ada pada zaman kolonial Belanda. Aslinya kue ini bernama spekkoek yang memiliki artian kue lemak karena terbuat dari lapisan lemak hewani. Hingga saat ini, masih ada juga yang menyebut kue lapis legit sebagai kue spekkoek.

Termasuk Kue yang Proses Pembuatannya Ribet dan Lama
Dalam sejarah kue di Indonesia, lapis legit menjadi kue yang proses pembuatannya paling ribet, sulit dan lama. Bagaimana tidak? Kamu membutuhkan waktu setidaknya 5-8 jam untuk membuatnya. Hal ini dikarenakan lapis legit memiliki lapisan layer yang mencapai hingga 18 lapis lebih. Jadi sudah pasti pembuatannya akan ribet karena kamu harus menuang satu persatu lapisan hingga terbentuk menjadi kue lapis legit.

Harganya Sangat Mahal
Jika kamu ke toko kue dan berniat untuk membeli kue lapis legit yang asli, pasti kamu akan terkejut oleh harganya yang terbilang cukup mahal. Bahkan harganya ini bisa melebihi harga kue modern seperti blackforest, tiramisu, cheese cake, dan lain sebagainya. Harga yang mahal ini dikarenakan kue lapis legit yang asli, satu loyangnya bisa menggunakan telur ayam sekitar 30-40 butir. Ditambah lagi telur ayam yang digunakan adalah telur ayam kampung dikarenakan kuning telurnya berwarna orange dan lebih gurih.

Kue yang Menjadi Simbol Kemakmuran
Fakta terakhir dari kue lapis legit yang bisa mencengangkanmu adalah kalau kue ini dianggap sebagai simbol kemakmuran oleh masyarakat Tionghoa yang tinggal di indonesia. Banyaknya layer pada kue lapis legit menandakan rezeki yang tak akan ada habisnya. Inilah yang menjadi salah satu alasan kenapa kue lapis legit selalu menjadi hidangan kuliner wajib yang selalu tersaji saat perayaan tahun baru Imlek.

Itulah beberapa fakta dari kue lapis legit, menurut kamu masih ada lagi tidak fakta-fakta lainnya dari kue ini? Nah, bagi kamu termasuk tipe yang suka dengan aneka kue, kamu bisa menyempatkan waktu untuk datang ke salah satu dari tempat-tempat yang menjual kue seperti di bawah ini ya!

Ignasia's Cake Me Away

Foto Ignasia's Cake Me Away
Foto Ignasia's Cake Me Away
Foto Ignasia's Cake Me Away

Cakekinian

Foto Cakekinian
Foto Cakekinian
Foto Cakekinian

Sponji Traditional Spongecake

Foto Sponji Traditional Spongecake
Foto Sponji Traditional Spongecake
Foto Sponji Traditional Spongecake

Sollie Cafe & Cakery

Foto Sollie Cafe & Cakery
Foto Sollie Cafe & Cakery

DORE by LeTAO

Foto DORE by LeTAO
Foto DORE by LeTAO
Foto DORE by LeTAO

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?