Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Kenalan dengan Ayam Betutu, Kuliner Khas Bali yang Menjadi Favorit Turis

List Artikel
31 Januari 2018 | 0 Komentar

Bali tak hanya terkenal sebagai salah satu tempat wisata terpopuler di Indonesia, tapi juga terkenal akan kekayaan ragam budaya dan kulinernya. Hal ini bisa kamu lihat dari masyarakat Bali yang masih melestarikan adat istiadatnya, mulai dari pakaian tradisional yang masih banyak dikenakan hingga kuliner-kuliner khasnya yang masih bisa dengan mudah kamu temukan di berbagai tempat makan di Bali. Keunikan inilah yang membuat Bali semakin popular dan terus didatangi para wisatawan. Salah satu kuliner khas Bali yang paling terkenal adalah ayam betutu.

 

Sumber: pergikuliner.com


Ayam betutu aslinya berasal dari daerah Gianyar yang kemudian tersebar hingga ke seluruh pelosok daerah Bali. Pelopor dari ayam betutu adalah Ni Wayan Tempeh yang berasal dari wilayah Abiansi, kota Gianyar. Pada tahun 1976, Ni Wayan Tempeh ingin memasak ayam dengan cita rasa yang khas dan tidak dimiliki oleh daerah-daerah lain. Oleh karena itu, Ni Wayan Tempeh akhirnya menciptakan kuliner berbahan dasar ayam yang dibumbui dengan aneka rempah-rempah lalu dibungkus dengan daun pisang dan dimasukkan ke dalam lubang yang ada di dalam tanah, lalu ditimbun dengan sekam api.

 

Sumber: pergikuliner.com


Proses pembakaran sekaligus pengasapan inilah yang membuat aroma ayam betutu menjadi sangat wangi dan khas. Selain itu citarasa yang dihasilkan juga sangat gurih dan berbumbu, tekstur ayamnya pun juga sangat empuk karena dimasak dalam waktu yang cukup lama, yaknis sekitar lebih dari lima jam. Bahkan ada yang memasaknya semalaman. Oleh karena itu, harga ayam betutu asli tergolong cukup mahal. Tapi belakangan metode memasak ini sudah banyak ditinggalkan dan diganti dengan alat pembakaran yang lebih modern. Tentu saja rasa dan aroma yang dihasilkan sudah pasti berbeda dengan cara memasak yang masih tradisional.



Sumber : pergikuliner.com


Pada awal-awal kemunculannya, ayam betutu selalu disajikan pada saat acara keagamaan, tapi lama kelamaan kuliner ini mulai disajikan di rumah dan dijual di rumah makan sehingga semua orang bisa kapan saja menyantapnya. Buat kamu yang ingin mencicip langsung kelezatan ayam betutu, coba saja mampir ke salah satu restoran Bali di Jakarta yang ada di bawah ini!

Ayam Betutu Ibu Putu

Foto Ayam Betutu Ibu Putu
Foto Ayam Betutu Ibu Putu

Ayam Betutu Khas Gilimanuk

Foto Ayam Betutu Khas Gilimanuk
Foto Ayam Betutu Khas Gilimanuk

Taliwang Bali

Foto Taliwang Bali
Foto Taliwang Bali
Foto Taliwang Bali

Smarapura

Foto Smarapura
Foto Smarapura
Foto Smarapura

Bongkot

Foto Bongkot
Foto Bongkot
Foto Bongkot

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?