Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Kenalan Sama 5 Saus Utama dalam Kuliner Perancis

List Artikel
5 Maret 2021 | 4 Komentar

Perancis menjadi salah satu negara yang punya kekayaan kuliner tak terhingga. Negara ini sangat dikenal sebagai surganya dessert. Tapi selain dessert, Perancis juga punya aneka kuliner  gurih dengan cita rasa yang sangat enak pastinya. Dibalik kuliner Perancis bercitarasa gurih asin ini, ada aneka saus utama yang melezatkannya. Saus-saus utama untuk dicampurkan dalam aneka kuliner Perancis ini kebanyakan adalah saus klasik alias saus yang sebenarnya sudah ada sejak lama dan resepnya ini diturunkan secara turun temurun hingga saat ini. Menurut seorang chef Perancis yang bernama Marie Antoine Careme dalam buku resepnya pada tahun 1903 yang berjudul Le Guide Culinaire, ada lima saus utama dalam kuliner Perancis yang menjadi induk atau saus utama dari segala macam kuliner Perancis dan bisa dikombinasikan atau dikembangkan menjadi saus-saus lainnya. Yuk, langsung lihat aneka saus utama dalam kuliner Perancis ini! 

 

1. Saus Bechamel



Sumber: Cookforyourlife.org


Saus pertama yang menjadi saus utama dalam kuliner Perancis adalah bechamel. Saus bechamel adalah saus klasik yang pertama kali dibuat pada tahun 1680 dan ditemukan oleh Pierre La Varenne yang merupakan juru masak pribadi dari Louis XIV. Saus ini memiliki tampilan warna yang putih dengan tekstur kental dan rasa yang gurih asin. Saus bechamel dibuat dari bahan dasar susu dan roux. Roux sendiri dibuat dari campuran mentega dan tepung terigu dengan bumbu garam, lada, biji pala. Saus ini banyak digunakan dalam hidangan pasta hingga siraman ayam atau daging. Saus bechamel bisa diikembangkan menjadi cream sauce, cheddar cheese sauce, dan lain sebagainya.


2. Saus Veloute



Sumber: Cookpad.com


Saus veloute menjadi salah satu saus utama dalam kuliner Perancis berikutnya yang memiliki tampilan warna putih agak kekuningan. Teksturnya agak kental tapi tidak sekental bechamel, sedangkan rasanya gurih dan asin. Saus ini dibuat dari bahan dasar kaldu ayam rendah sodium, mentega tawar, dan tepung yang dicampur menjadi satu. Penggunaan kaldu ayam pada saus veloute membuat tampilan warnanya jadi gelap. Saus ini bisa dikembangkan menjadi saus supreme, parisienne, dan vin blanc.


3. Saus Espagnole



Sumber: Thefrenchcookingacademy.com


Selanjutnya ada saus espagnole yang dikenal dengan nama classic brown sauce karena punya tampilan yang kecoklatan. Teksturnya tidak terlalu kental tapi tidak terlalu encer. Bahan utama dari saus espagnole dibuat dari bahan dasar kaldu cokelat, mirepoix, dan tomat yang dihaluskan lalu nantinya akan dikentalkan dengan roux. Mirepoix sendiri adalah bumbu perasa yang terbuat dari sayuran yang dipotong dadu lalu dimasak dengan menggunakan mentega atau lemak hewan. Saus espagnole bisa paling sering digunakan sebagai siraman saus pada aneka olahan daging dan ayam yang dibakar atau dipanggang.


4. Saus Hollandaise



Sumber: Ketodietapp.com


Saus hollandaise atau yang dikenal dengan nama dutch sauce merupakan saus yang sering kamu jumpai pada sajian brunch karena saus inilah yang disiramkan dalam pouch egg. Saus ini adalah saus utama dalam kuliner Prancis yang dibuat dari bahan dasar emulsi kuning telur, mentega cair, dan jus lemon yang ditambahkan garam, lada, dan sedikit bubuk cabai di dalamnya. Teksturnya creamy dan kental karena ada campuran kuning telurnya. Selain untuk saus pendamping pouch egg, saus hollandaise juga sering digunakan untuk siraman roti panggang, daging ayam panggang, dan asparagus panggang.


5. Saus Tomat



Sumber: Thepetitecook.com


Terakhir ada saus tomat yang tak hanya menjadi saus utama dalam kuliner Italia, tapi juga kuliner Perancis. Meski sama-sama saus tomat, tapi saus tomat ala Italia dengan Perancis ini berbeda. Saus tomat ala Perancis ini dibuat dengan aneka campuran bahan di dalamnya sehingga rasanya jadi lebih gurih dan lezat. Selai tomat, ada campuran wortel, mentega tawar, seledri, bawang bombay, peterseli, bacon, lada hitam, kaldu sapi, thyme, madu, dan bawang putih.

 

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan apa saja saus utama dalam kuliner Perancis yang selama ini sering kita temui. Dari kelima saus utama dalam kuliner Perancis tersebut, manakah saus yang paling kamu suka?

Basic Instinct Culinary

Foto Basic Instinct Culinary
Foto Basic Instinct Culinary
Foto Basic Instinct Culinary

Bistro Baron

Foto Bistro Baron
Foto Bistro Baron
Foto Bistro Baron

Hasea Eatery

Foto Hasea Eatery
Foto Hasea Eatery
Foto Hasea Eatery

Dope Burger & Co.

Foto Dope Burger & Co.
Foto Dope Burger & Co.
Foto Dope Burger & Co.

Soeryo Cafe & Steak

Foto Soeryo Cafe & Steak
Foto Soeryo Cafe & Steak
Foto Soeryo Cafe & Steak

Topik artikel ini:
4 Komentar
[ ... ]
Foto user umum
KOEhkCwvatyqcJ
jennifermorrison969@gmail.com | 05 Mar 2021 pk. 09:46 PM
Foto user umum
HvOlZkmnhPX
jennifermorrison969@gmail.com | 05 Mar 2021 pk. 09:46 PM
Foto user umum
bTtJyzjwBM
hettingerxygs81@gmail.com | 08 Mar 2021 pk. 04:27 AM
Foto user umum
ZJelPDFjswLIH
hettingerxygs81@gmail.com | 08 Mar 2021 pk. 04:27 AM

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?