Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Kenapa Udang Berubah Warna Setelah Dimasak?

List Artikel
4 Maret 2017 | 0 Komentar

Udang merupakan salah satu bahan makanan yang memiliki nilai gizi yang sangat tinggi. Kandungan utama udang yang paling terkenal adalah proteinnya yang kaya akan nutrisi dan rendah lemak. Udang juga mengandung antioksidan yang mampu mengurangi resiko kebotakan dan penyakit kanker. Selain itu, udang memiliki kandungan omega 3 yang mampu meningkatkan kecerdasan serta mampu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, mencegah penggumpalan darah serta bisa mengoksidasi kolesterol jahat. Tingginya nilai gizi dan banyaknya manfaat menyantap udang ini membuat udang selalu diburu oleh pecinta kuliner.

 

Udang bisa hidup di air tawar seperti sungai dan di air asin yakni laut. Jenis udang yang paling banyak dikonsumsi di Indonesia adalah udang jerbung, udang galah, dan udang pacet atau udang windu. Saat masih hidup alias masih mentah, udang memiliki warna kulit yang pucat keabuan, malah cenderung ada yang kebiruan sehingga terlihat tidak menarik. Tapi, saat di masak, udang akan berubah warna menjadi orange kemerahan yang merona. Warna cerah setelah dimasak ini tentunya akan menggoda siapapun untuk segera menyantapnya. Tapi pernahkah kamu bertanya-tanya kenapa udang langsung berubah warna secara drastis ketika dimasak hanya dalam hitungan detik?



Sumber: pergikuliner.com

 

Ternyata ada alasan ilmiah di balik semua itu. Saat udang dimasak, ada panas dari api yang membuat membakar kulit udang. Eksoskeleton atau kulit terluar udang ini memiliki tekstur keras yang mengandung karotenoid yang disebut sebagai astaxanthin. Karotenoid sendiri merupakan bagian dari pigmen pewarnaan. Kandungan karotenoid juga bisa kamu temukan pada daging salmon.

 

Sebelum dimasak, astaxanthin yang ada di kulit terluar udang masih terlindung dengan rantai protein yang disebut cristacyanin. Namun, panasnya api akan mengurai ikatan rantai protein ini. Hasilnya karotenoid dalam ikatan rantai protein ini akan melepaskan astaxanthin. Astaxanthin ini akan membuat daging udang berubah warna jadi kemerahan. Ini juga yang menjadi alasan mengapa lobster, kepiting dan salmon berubah warna ketika dimasak.

 

Sudah tahu khan kenapa udang bisa berubah warna ketika dimasak. Jadi pengen makan udang? Yuk ke sini aja!

 

Seafood 68 Santa

Foto Seafood 68 Santa
Foto Seafood 68 Santa

Bale Bengong Seafood

Foto Bale Bengong Seafood

Seafood City By Bandar Djakarta

Foto Seafood City By Bandar Djakarta
Foto Seafood City By Bandar Djakarta
Foto Seafood City By Bandar Djakarta

Talaga Sampireun

Foto Talaga Sampireun
Foto Talaga Sampireun

Lotus - Mie Udang Singapore

Foto Lotus - Mie Udang Singapore
Foto Lotus - Mie Udang Singapore

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?