Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Kopi Kamu Nggak Seenak Ala Kafe? Ini Alasannya!

List Artikel
9 Juni 2020 | 0 Komentar

Kopi sudah menjadi minuman kesukaan banyak orang. Kepopuleran kopi membuat banyaknya kafe hingga kedai kopi yang menjamur. Meski sudah sering menyeruput kopi di kafe, tapi terkadang kita merasa penasaran apakah kita bisa membuat kopi sendiri di rumah atau tidak. Meski sudah mengikuti resep yang diberikan, mulai dari takaran bahan-bahan yang digunakan hingga langkah-langkah pembuatannya, tapi pada kenyataannya sebagian besar dari kita tidak bisa mendapatkan seduhan kopi yang enak seperti ala kafe. Tentu saja hal seperti ini bisa membuat kita merasa kesal serta penasaran, di manakah letak kesalahannya? Kenapa kopi yang dibuat tidak bisa seenak ala kafe? Ternyata ada beberapa alasan yang perlu kamu ketahui, yaitu:

 


Sumber: Pergikuliner.com


Bukan Dibuat Oleh Barista

Alasan pertama mengapa seduhan kopi buatan sendiri tak seenak buatan di kafe adalah karena bukan dibuat oleh barista. Barista atau peracik kopi sudah melalui beragam pelatihan agar bisa menyajikan sajian kopi yang nikmat kepada para pelanggannya. Jadi sudah pasti buatan tangan kita yang orang awam akan berbeda rasanya. Lantas kamu jangan berkecil hati, asalkan kita terus berlatih pasti hasil seduhanmu juga akan seenak barista. Untuk memperkaya ilmu menyeduh kopi, sebaiknya tonton beberapa video tutorial menyeduh kopi agar tahu triknya.


Menyeduh Terlalu Lama

Alasan kedua mengapa seduhan kopimu tidak bisa seenak ala kafe adalah karena menyeduhnya terlalu lama. Salah satu kunci utama hasil seduhan kopi yang enak adalah waktu penyeduhannya harus tepat. Jika terlalu lama atau sebentar, maka cita rasa kopi akan berbeda. Apalagi kalau kamu terlalu lama menyeduhnya, maka hasilnya akan terasa lebih pahit karena kopi mengalami over extraction. Jadi cobalah untuk mengurangi waktu penyeduhan sekitar 1-2 menit. Kalau biasanya kamu menyeduh selama 5 menit, persingkat waktunya menjadi 4 menit saja.


Menggunakan Biji Kopi yang Lama

Tak sedikit orang yang kopi buatannya gagal karena menggunakan biji kopi yang sudah lama. Biji kopi yang digunakan kafe selalu baru terus karena stok pasti selalu habis.Berbeda dengan stok biji kopi yang ada di rumah. Kita tidak setiap hari membuat kopi dan hal tersebut membuat stok biji kopi bisa menumpuk dalam jangka waktu yang lama. Biji kopi yang sudah lama membuat cita rasa kopi tidak fresh sehingga aromanya tidak terlalu wangi.


Ukuran Gilingan Kopi Tidak Sesuai

Alasan selanjutnya adalah karena ukuran gilingan kopi tidak sesuai dengan metode seduh yang digunakan. Misalkan saja jika menggunakan metode frenchpress, maka gunakan gilingan yang agak kasar. Sedangkan jika menggunakan mesin espresso, gunakan gilingan yang halus. Biji kopi yang digiling halus menghasilkan citarasa kopi yang kaya rasa tapi agak pahit. Sementara biji kopi yang digiling kasar punya cita rasa yang lebih ringan dan manis.


Temperatur Air yang Digunakan Tidak Pas

Salah satu alasan mengapa hasil seduhan kopi tidak enak adalah karena temperatur air yang digunakan untuk menyeduhnya tidak pas. Suhu air yang digunakan untuk menyeduh kopi haruslah tepat dan berada di antara 90,5-96 derajat celcius. Jika kamu tidak punya termometer suhu, cara mengetahuinya adalah didihkan air lalu matikan apinya dan diamkan selama 30 detik sebelum digunakan untuk menyeduh kopi.


Peralatan yang Kotor

Alasan yang terakhir adalah karena peralatannya yang kotor. Peralatan menyeduh kopi yang kotor bisa mempengaruhi rasa kopi karena sisa-sisa kopi lama yang masih menempel pada peralatan menyeduh kopi akan membuat rasa seduhan kopi tidak fresh. Jadi selalu usahakan untuk mencuci bersih peralatan menyeduh kopi hingga ke filternya.

 

Itulah beberapa alasan yang menjadikan kopi seduhanmu tak bisa seenak buatan kafe. Jadi, mulai sekarang coba perhatikan hal-hal di atas ya sebelum menyeduh kopi di rumah. Tapi kalau kamu terlalu sibuk untuk mempelajari atau membuat kopi sendiri di rumah agar seenak buatan cafe, lebih baik kamu langsung datengin cafe-cafe di bawah ini aja ya!

Kinari Coffee Shop

Foto Kinari Coffee Shop
Foto Kinari Coffee Shop
Foto Kinari Coffee Shop

Coffeine

Foto Coffeine
Foto Coffeine

SAYA Kopi

Foto SAYA Kopi
Foto SAYA Kopi
Foto SAYA Kopi

Caffeine Suite

Foto Caffeine Suite
Foto Caffeine Suite
Foto Caffeine Suite

Kupu Kopi

Foto Kupu Kopi
Foto Kupu Kopi
Foto Kupu Kopi

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?