Kopi Robusta vs Arabika, Mana yang Lebih Aman untuk Penderita Maag?

17 November 2020 | 0 Komentar

Kopi menjadi minuman ternama yang eksistensinya di dunia kuliner sudah tidak perlu kita pertanyakan lagi. Di Indonesia, kita mengenal dua jenis kopi yakni kopi robusta dan arabika. Keduanya ini memang paling sering dijual dan digunakan di beberapa kedai kopi. Beberapa daerah yang memproduksi kopi Arabika dan Robusta di Indonesia adalah NTB (Nusa Tenggara Barat), Bali dan juga beberapa daerah di Pulau Jawa dan Sumatera Utara. Jika dilihat dari silsilah asalnya, kopi arabika sudah ada lebih dulu di Indonesia. Sedangkan kopi robusta baru muncul kemudian karena bibit kopi ini dibawa oleh orang Belanda pada saat tanaman kopi arabika sedang terkena wabah dan tidak bisa menghasilkan biji kopi yang bagus.



 Sumber: Pergikuliner.com


Bagi para pecinta kopi pastinya tahu kalau kedua jenis kopi ini punya perbedaan yang sangat jelas. Mulai dari pohonnya, bentuk daun, tampilan fisik biji kopi, cita rasa, harga, hingga kandungan kafein dan tingkat keasamannya. Berbicara tentang kandungan kafein dan tingkat keasaman dari kedua jenis kopi ini, banyak orang yang kurang paham sehingga keliru mengenali. Padahal, bagi penderita magh atau penyakit lambung, mengenali kedua jenis kopi ini sangatlah penting supaya kamu bisa tetap minum kopi tanpa takut perut kembung atau gas lambung naik. Lantas manakah di antara keduanya ini yang aman dikonsumsi penderita maag atau penyakit lambung? Untuk mencaritahunya, coba kita lihat dari segi cita rasanya terlebih dahulu.



Sumber: Pergikuliner.com


Untuk jenis kopi arabika memiliki cita rasa asam dan warna seduhan yang tidak terlalu pekat sehingga banyak digunakan untuk jenis minuman manual brew. Sedangkan untuk jenis kopi robusta cenderung memiliki cita rasa yang lebih pahit dan kuat sehingga lebih banyak digunakan bersama dengan campuran susu, gula dan krim seperti yang kamu temukan pada varian minuman kopi cappucino hingga es kopi susu. Dari sini pasti ada banyak di antara kamu yang menebak kalau kopi robusta akan lebih aman dikonsumsi oleh penderita maag karena tidak terlalu asam dan juga banyak dicampur dengan susu dan bahan tambahan lainnya. Pendapatmu keliru teman PergiKuliner karena ternyata rasa asam dalam kopi arabika ini sifatnya tidak terlalu asam sehingga masih aman dikonsumsi oleh penderita maag dan penyakit lambung.  Ditambah lagi kadar kafein dalam kopi robusta ini lebih besar dua kali lipat dibanding arabika sehingga jika kalau kamu menderita maag dan lambung, maka jangan meminumnya secara berlebihan.

 

Perlu kamu ketahui kalau harga kopi robusta ini lebih murah dibanding kopi arabika sehingga lebih banyak digunakan di kedai kopi. Jadi ketika kamu akan memesan minuman kopi, tanyakan dulu kepada baristanya, mereka menggunakan kopi jenis apa ya! Semoga dengan adanya informasi di atas bisa membantumu supaya bisa tetap minum kopi tanpa perlu takut perutmu bermasalah. Dan sekarang Pergikuliner punya nih rekomendasi coffee shop yang paling favorit. Simak di bawah ini ya!

Lemari Kopi

First Crack

Tanamera Coffee Roastery

Kopikalyan

kopimanyar


Topik artikel ini: