Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Kopi Robusta vs Arabika, Yuk Kenal Lebih Dalam Perbedaannya!

List Artikel
3 November 2020 | 0 Komentar

Kopi menjadi salah satu minuman paling eksis dan terkenal di dunia. Kopi pertama kali muncul di dataran tinggi Ethiopia, kemudian menyebar ke Arab dan Afrika Utara. Dari sanalah biji kopi mulai ditanam secara luas hingga menyebar ke seluruh dunia. Bagi sebagian orang, kopi dijadikan pembangkit mood yang bisa membuat suasana hati jadi lebih bersemangat di pagi hari. Tak jarang ada orang yang sarapan hanya dengan meminum secangkir kopi untuk memulai hari-harinya.



Sumber: Pergikuliner.com


Dilihat dari varietas biji kopi, ada dua jenis yang paling terkenal di dunia, yakni biji kopi Robusta dan biji kopi Arabika. Dari semua jenis varian kopi yang kamu minum selama ini, apakah kamu tahu perbedaan antara kopi Robusta dan Arabika? Buat kamu yang belum mengenal lebih dalam perbedaan di antara kedua kopi ini, Pergi Kuliner akan memberikan penjelasannya untuk kamu di bawah ini!


Kopi Arabika merupakan kopi yang paling banyak ditemukan di seluruh penjuru dunia. Hampir 70% kopi di dunia menggunakan kopi Arabika. Kopi Arabika ini berasal dari Ethiophia dan tumbuh di ketinggian 600-2000 mdpl. Bentuk biji kopinya lebih kecil dan lonjong dengan aroma wangi yang lebih kuat saat diseduh. Kopi Arabika ini memiliki tekstur kopi yang lebih halus namun bercitarasa kental dan sedikit asam. Untuk kadar kafeinnya, kopi Arabika ini memiliki kadar kafein sebanyak 1.2 % saja.



Sumber : Coffeeland.co.id


Sedangkan kopi Robusta merupakan kopi yang pertama kali ditemukan di Kongo dan dinamakan sebagai kopi kelas dua karena tanaman biji kopi Robusta ini tidak mudah terserang hama dan penyakit sehingga harganya jauh lebih murah dibanding dengan kopi Arabika. 30% kopi yang ada di dunia adalah kopi Robusta. Kopi Robusta tumbuh di hutan tropis dengan ketinggian 600 mdpl. Biji kopi Robusta berbentuk lebih bulat dan besar. Tekstur kopi Robusta lebih kasar dan memiliki citarasa yang lebih pahit karena kadar kafeinnya yang cukup tinggi, yakni 2.2%. Karena harganya lebih murah, kopi Robusta paling sering digunakan untuk jenis kopi instan.  


Itu dia perbedaan antara kopi Robusta dengan kopi Arabika. Setelah membaca penjelasan di atas, sekarang waktunya buat kamu jelajahin aneka kedai kopi di Jakarta rekomendasi PergiKuliner di bawah ini yuk!

Coffee Zen

Foto Coffee Zen
Foto Coffee Zen
Foto Coffee Zen

Traveler Coffee

Foto Traveler Coffee
Foto Traveler Coffee
Foto Traveler Coffee

Kyo Coffee

Foto Kyo Coffee
Foto Kyo Coffee
Foto Kyo Coffee

Giyanti Coffee Roastery

Foto Giyanti Coffee Roastery
Foto Giyanti Coffee Roastery
Foto Giyanti Coffee Roastery

Kopi Susu Bu Lurah

Foto Kopi Susu Bu Lurah
Foto Kopi Susu Bu Lurah
Foto Kopi Susu Bu Lurah

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?