Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Mengenal 5 Makanan yang Dapat Mencegah Kanker

List Artikel
5 September 2016 | 0 Komentar
Kanker seolah menjadi penyakit mematikan yang bisa kapan saja menyerang masyarakat perkotaan. Kanker sebenarnya bisa dicegah dengan menerapkan gaya hidup sehat dengan banyak berolahraga serta memberi asupan makanan yang kaya akan nutrisi untuk tubuh. Kali ini PergiKuliner akan mengulas lima makanan sehat yang dapat mencegah kanker. Yuk, simak ulasannya berikut ini:


1. Alpukat


Sumber: pergikuliner.com

Alpukat merupakan buah yang kaya akan glutathione serta antioksidan kuat untuk melawan radikal bebas dalam tubuh yang bisa menyebabkan kanker. Sudah banyak para ilmuwan yang mempercayai kalau buah bertekstur empuk ini dapat berguna untuk mengobati hepatitis, penyebab kanker hati dan  masalah-masalah kerusakan hati lainnya. Kamu bisa menyantap alpukat dengan cara dijus, dijadikan es krim, salad, hingga saus guacamole.


2. Brokoli & Kembang Kol


Sumber: pergikuliner.com

Meski warnanya berbeda, brokoli dan kembang kol memiliki bentuk dan nutrisi yang sama tingginya. Kedua sayuran ini memiliki komponen kimia indole-3-carbinol (I3C) yang berguna memerangi kanker payudara dengan mengubah estrogen pemicu kanker menjadi bersifat protektif. Terutama brokoli yang memiliki phytochemical sulforaphane. Phytochemical sulforaphane dipercaya dapat mencegah beberapa tipe kanker seperti kanker usus dan rectal. Kamu bisa menyantap kedua jenis sayuran ini dengan cara ditumis atau direbus menjadi sup. 


3. Bawang Putih


Sumber: pergikuliner.com

Bawang putih yang termasuk dalam jajaran bumbu masak ini memiliki nutrisi allyl sulfur yang membantu mencegah pembentukan dan pengaktifan nitrosamine dalam tubuh serta memblokir zat-zat karsinogen yang berbahaya. Selain itu, bawang putih juga mengandung zat aktif seperti vitamin A, B, C, kalsium, potassium, besi, karoten, dan selenium yang dapat mencegah mutasi gen serta menghambat pertumbuhan sel kanker. Bawang putih paling banyak digunakan dalam masakan Asia Timur. 


4. Jamur


Sumber: kulinerreceipe.blogspot.com

Ada beberapa jenis jamur yang bisa membantu tubuh kamu memerangi kanker dan membangun sistem imun. Di antaranya ada jamur shiitake, maitake, dan reishi. Ketiga jamur ini mengandung polysaccharides, terutama lentinan, senyawa yang ampuh membangun imunitas. Jamur juga mengandung protein lectin yang dapat menyerang sel-sel kanker dan mencegahnya bermutasi serta membelah diri. Selain di masakan Jepang, jamur juga banyak ditemui di masakan China. 


5. Tomat


Sumber: www.foodnetwork.com

Buah bercitarasa asam manis ini mengandung lycopene, antioksidan yang melawan radikal bebas penyebab kanker. Tomat juga mengandung vitamin C yang dapat mencegah kerusakan sel yang dapat menjadi kanker. Lycopene dipercaya dapat membunuh sel kanker di mulut dan peningkatan konsumsi lycopene dapat mengurangi resiko kanker payudara, prostat, pangkreas dan kanker kolateral. Tomat bisa diolah menjadi salad hingga aneka saus seperti saus bolognaise dan saus salsa. 

Mad for Garlic

Foto Mad for Garlic
Foto Mad for Garlic
Foto Mad for Garlic

Bakmi Berdikari

Foto Bakmi Berdikari
Foto Bakmi Berdikari

Bourbon Eatery & Coffee

Foto Bourbon Eatery & Coffee

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?