Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Mengintip Tradisi Kue Jahe yang Jadi Kue Wajib Saat Natal

List Artikel
14 Desember 2022 | 0 Komentar

Kue kering apa yang terlintas dalam benak kamu saat perayaan Natal? Jawabannya adalah ginger cookies atau. Ginger cookies alias kue jahe ini menjadi kue kering tertua yang ada di dunia. Jahe dipilih sebagai rempah utama yang digunakan pada kue kering untuk memberikan efek hangat pada saat Natal yang jatuh pada musim dingin. Resep pertama kue jahe ini muncul dari Yunani pada tahun 2400 SM sebelum adanya perayaan Natal. Awalnya kue jahe hanya merupakan kue jahe biasa tanpa rempah-rempah. Tapi lama-lama masyarakat Eropa memasukkan aneka rempah-rempah lainnya ke dalam kue jahe untuk menambah rasa dan aroma seperti kayu manis, cengkeh, dan masih banyak lagi.

 


Sumber: Allrecipes.com


Percaya atau tidak, kue jahe tadinya berasal dari China dan berkembang di sana pada abad ke-10. Baru pada abad pertengahan, kue jahe dibawa oleh seorang biksu Gremory Armenia Nikopolis ke dataran Eropa, tepatnya di Perancis baru kemudian merambah ke seluruh benua Eropa. Di Jerman dan Perancis, tekstur kue jahe lebih keras dan padat, sementara di Inggris teksturnya lebih lembut.

 


Sumber: Thespruceeats.com


Kue jahe awalnya dibuat dengan menggunakan cetakan kayu dengan ukiran seperti bunga, burung, dan lain sebagainya sesuai dengan musim yang ada. Pada abad ke-16 di Jerman, kue jahe dibuat menjadi bentuk rumah dengan hiasan icing sugar yang berwarna putih mirip dengan salju yang turun dari langit. Seiring dengan berjalannya waktu, kue jahe dibuat menjadi bentuk boneka, Sinterklas, atau pohon Natal dengan hiasan icing sugar berwarna putih, merah, dan hijau yang sangat populer hingga sekarang. Kue jahe biasa disantap saat Natal bersama dengan eggnog, yakni minuman khas Natal yang terbuat dari campuran kuning telur, susu, dan gula.  


Itu dia ulasan singkat mengenai tradisi kue jahe yang wajib ada saat Natal. Di Indonesia, kue jahe memang sedikit sulit untuk dijumpai, namun kamu tidak perlu khawatir mencari kue untuk bingkisan saat Natal nanti karena PergiKuliner punya rekomendasinya buat kamu di bawah ini!

NAMELAKA

Foto NAMELAKA
Foto NAMELAKA
Foto NAMELAKA

Chicory European Patisserie

Foto Chicory European Patisserie
Foto Chicory European Patisserie
Foto Chicory European Patisserie

Cupcakes Company

Foto Cupcakes Company
Foto Cupcakes Company
Foto Cupcakes Company

Exquise Patisserie

Foto Exquise Patisserie
Foto Exquise Patisserie
Foto Exquise Patisserie

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?