Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Sering Tertukar, Ini Perbedaan dari Mie Godog, Mie Tek-tek, dan Mie Nyemek

List Artikel
19 Oktober 2023 | 0 Komentar

Siapa di sini yang suka menyantap mie? Mie merupakan salah satu kuliner yang disukai oleh semua kalangan usia, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Mie sebenarnya merupakan kuliner khas China, lalu diadaptasi oleh masyarakat Indonesia. Di negara asalnya, mie kebanyakan diolah menjadi bakmi goreng dan bakmi rebus yang disajikan bersama dengan kuah kaldu. Sedangkan di Indonesia, mie bisa diolah menjadi beragam kuliner enak dengan tambahan rempah yang lebih kaya lagi. Dari sekian banyak olahan mie yang ada di Indonesia, ada tiga yang terbilang paling dikenal oleh masyarakat luas, yakni mie godog, mie tek-tek, dan mie nyemek. Ketiganya ini sangat disukai karena rasanya yang enak dan harganya yang murah meriah karena bisa dijumpai di pedagang kaki lima hingga gerai warung pinggir jalan. Menjadi kuliner mie yang disukai, ketiganya ini sering kali salah dikenali karena sama-sama memiliki ciri khas tampilan yang mirip dengan adanya kuah dan sayur-sayuran dalam campurannya. Selain itu, ada juga bahan tambahan daging ayam suwir, sosis, bakso, dan telur. Tapi tahukah kamu bahwa ketiganya ini berbeda satu sama lain? Lantas, apa bedanya? Mari kita simak bersama di bawah ini!


Dari Segi Asal-usul



Mie Godog (Sumber: pergikuliner.com)


Jika dilihat dari asal-usulnya, mie godog ini merupakan kuliner khas Jawa Tengah, tepatnya Yogyakarta. Meski asalnya dari Yogyakarta, kamu juga bisa menjumpai kuliner ini di berbagai kota besar yang ada di Indonesia. Mie nyemek juga sama-sama berasal dari daerah Yogyakarta, Jawa Tengah. Tapi untuk mie tek-tek, tidak diketahui secara pasti berasal dari daerah mana karena kuliner ini bisa ditemukan dengan mudah di hampir semua daerah di Indonesia. Mie tek-tek biasanya dijual di pedagang nasi goreng keliling gerobak yang muncul di malam hari.

 

Dari Segi Tampilan dan Kuahnya



Mie Nyemek (Sumber: resepkoki.id)


Perbedaan dari mie godog, mie tek-tek, dan mie nyemek adalah dari segi kuahnya. Meski sama-sama dibuat dari bahan dasar mie dan sayur-sayuran, ternyata ada perbedaan yang bisa kamu perhatikan dari segi tampilan kuahnya. Untuk mie godog, biasanya memiliki tampilan warna yang agak pucat yakni berwarna putih gading, terutama pada bagian kuahnya. Tekstur kuahnya juga terbilang cukup kental. Sedangkan pada mie nyemek dan mie tek-tek, tampilannya berwarna oranye agak kemerahan. Jika rasanya pedas, maka warna kuah dari mie nyemek dan mie tek-tek akan semakin merah. Namun, perlu diketahui bahwa mie tek-tek ini ada yang memiliki kuah dan ada yang tidak.

 

Dari Segi Bumbu dan Rasa



Mie Tek-tek (Sumber: kompas.com)


Selain dari tampilan, perbedaan dari mie godog, mie tek-tek, dan mie nyemek adalah dari segi bumbu dan rasanya. Mie godog memiliki rasa yang jauh lebih segar karena banyaknya tambahan tomat di dalamnya. Bumbu yang digunakan biasanya terdiri dari bawang merah, bawang putih, kemiri, terasi, lada, dan garam. Untuk mie tek-tek yang dijual di pedagang gerobak, bumbu yang digunakan lebih simpel karena hanya menggunakan bawang merah, bawang putih, cabai, lada, dan garam. Rasanya cenderung gurih pedas. Sementara itu, mie nyemek kebanyakan dibuat dengan menggunakan bumbu instan karena memang pada dasarnya mie nyemek ini menggunakan mie instan goreng yang diberi tambahan sedikit kuah. Jadi, sudah pasti rasanya akan lebih nikmat karena adanya kandungan MSG.  

 

Setelah membaca perbedaan dari mie godog, mie tek-tek, dan mie nyemek, semoga kamu bisa membedakan ketiganya dengan tepat. Buat yang suka menyantap aneka olahan mie, di bawah ini ada tempat makan yang menjual olahan mie enak untuk dicoba. Yuk, coba intip!

Bakmie Tjo Kin

Foto Bakmie Tjo Kin
Foto Bakmie Tjo Kin
Foto Bakmie Tjo Kin

Mie Kangkung Jimmy

Foto Mie Kangkung Jimmy
Foto Mie Kangkung Jimmy
Foto Mie Kangkung Jimmy

Lomie Bandengan

Foto Lomie Bandengan
Foto Lomie Bandengan
Foto Lomie Bandengan

Bakmi Jogja Bengawan

Foto Bakmi Jogja Bengawan
Foto Bakmi Jogja Bengawan
Foto Bakmi Jogja Bengawan

Bakmie Aloi

Foto Bakmie Aloi
Foto Bakmie Aloi
Foto Bakmie Aloi

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?