Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Mengintip Tren Roti Artisan yang Saat Ini Semakin Menjamur di Indonesia

List Artikel
1 Februari 2018 | 0 Komentar

Industri bakery memang tak akan pernah surut. Hal ini bisa kamu buktikan dengan bertambah maraknya toko roti yang ada di Indonesia, termasuk di Jakarta. Beberapa tahun belakangan ini ada sebuah tren bakery di Indonesia yang semakin terus berkembang. Tren tersebut adalah tren roti artisan. Roti ini semakin digandrungi masyarakat, terutama bagi orang-orang yang sedang menerapkan pola makan sehat. Lalu apa sebenarnya yang dimaksud dengan roti artisan?


 

Sumber: pergikuliner.com


Roti artisan merupakan roti yang dibuat secara manual alias tidak menggunakan mesin atau buatan pabrik. Nama artisan dalam bahasa Perancis merujuk pada pembuat roti. Disebut artisan karena pembuat roti harus memiliki keahlian khusus untuk membuat, mencampur, memfermentasikan, membentuk, hingga memanggang sebuah roti. Bahkan untuk pengembang atau raginya pun harus dibuat sendiri secara alami sehingga roti yang dibuat sudah pasti tidak menggunakan pengawet buatan.


 

Sumber: pergikuliner.com


Berhubung semuanya dikerjakan secara manual, maka pembuatan roti ini bisa memakan waktu yang sangat lama yakni sekitar lebih dari lima jam. Bahkan ada yang membuatnya selama lebih dari satu hari. Hal ini dikarenakan pembuat roti harus membuat ragi alami sehingga hasilnya tidak bisa instan seperti roti buatan pabrik yang bisa dibuat dalam waktu beberapa jam saja. Karena dibuat secara handmade dan tidak ada bahan pengawet, maka roti ini banyak diburu oleh orang yang sedang diet atau orang yang sedang menjalani pola makan sehat.


Sumber: pergikuliner.com


Menurut buku The Petite Bourgeoisie: Comparative Studies of the Uneasy Stratum pada tahun 1981, roti artisan sudah ada di Perancis sejak abad ke-10 dan diproduksi secara rumahan alias homemade. Tren roti ini kemudian berkembang di Eropa dan mulai dikenal masyarakat Amerika pada tahun 1983. Sedangkan di Indonesia sendiri, tren roti artisan baru mulai muncul pada tahun 2010-an. Ada ciri khas dan karakteristik yang bisa kamu perhatikan dari roti artisan selain menggunakan ragi alami dan bahan baku yang segar, yakni teksturnya yang agak padat serta warnanya yang alami karena tanpa bahan pengawet. 


Nah! Dengan adanya roti artisan ini, kamu bisa menyantap roti sehat tanpa repot-repot membuatnya sendiri bukan? Dan buat teman PergiKuliner yang kepingin makan beragam roti artisan, PergiKuliner punya rekomendasi tempatnya di bawah ini!

Francis Artisan Bakery

Foto Francis Artisan Bakery
Foto Francis Artisan Bakery
Foto Francis Artisan Bakery

Bonjour Pastry

Foto Bonjour Pastry

Voguerina Taipei

Foto Voguerina Taipei
Foto Voguerina Taipei

Tous Les Jours Cafe

Foto Tous Les Jours Cafe
Foto Tous Les Jours Cafe

BEAU Bakery

Foto BEAU Bakery
Foto BEAU Bakery
Foto BEAU Bakery

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?