Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Menu Kuliner Imlek di China vs Indonesia, Apa Ada Perbedaannya?

List Artikel
4 Februari 2019 | 0 Komentar
Perayaan Imlek tinggal sebentar lagi. Bagi etnis Tionghoa, hari besar ini selalu dirayakan dengan menyantap aneka kuliner lezat bersama dengan keluarga besar. Kita selalu mengira kalau perayaan Imlek sama saja di seluruh dunia. Padahal kenyataannya, perayaan Imlek bisa dipengaruhi oleh budaya setempat sehingga tidak sama semuanya, terutama untuk kuliner-kuliner yang disajikan saat merayakan Imlek. Contohnya jika kamu bandingkan kuliner-kuliner yang ada pada perayaan Imlek di China dan Indonesia, pasti selalu ada perbedaannya. Jadi ingin tahu apa saja perbedaannya? Coba kita lihat langsung saja yuk!

1. Minuman Alkohol vs Minuman Sirup


Sumber : Grid.id


Perbedaan yang paling mencolok adalah perayaan Imlek di China selalu ada minuman beralkohol yang memang diperbolehkan untuk diminum oleh orang yang sudah cukup umur. Sedangkan di Indonesia, konsumsi alkohol pada sangat perayaan Imlek sangat jarang ditemukan. Meskipun ada, itu pun hanya satu dua saja. Sebagai gantinya, di Indonesia penggunaan minuman alkohol ini diganti dengan minuman sirup dengan warna serupa.

2. Ikan Tidak Diwajibkan di Indonesia


Sumber : Pergikuliner.com


Di negara asalnya, ikan menjadi menu wajib yang harus ada pada saat perayaan Imlek. Ini dikarenakan ikan merupakan lambang harapan dan doa semoga di tahun baru, hidup kita bisa menjadi lebih sukses dari sekarang. Ada beragam jenis olahan ikan yang disajikan ketika perayaan Imlek di China, mulai dari ikan tim, ikan goreng, hingga ikan yang diolah asam manis. Meski dijadikan aneka olahan ikan, tapi ikan yang dimasak ini harus dalam keadaan utuh alias tidak boleh dipotong-potong. Tentu saja hal ini berbeda dengan perayaan Imlek di Indonesia karena ikan tidak diwajibkan untuk disajikan saat Imlek.

3. Sawi Hijau vs Yusheng



Sumber : Pergikuliner.com


Sawi hijau menjadi salah satu menu wajib saat perayaan Imlek di negara China. Sawi hijau merupakan simbol dari umur yang panjang dan kesehatan. Sawi hijau ini harus disantap olehmu dengan sekali suap saja. Meski menjadi menu wajib di China, tapi di Indonesia sendiri, sawi hijau tidak menjadi menu wajib. Justru kuliner bernama yusheng yang merupakan salad khas China yang wajib untuk disajikan dan disantap saat perayaan Imlek di Indonesia.

4. Sup Sirip Ikan Hiu vs Sup Sarang Burung Walet

Sumber : Burungnya.com

Pernah mencoba sup sirip ikan hiu? Menyantap sup sirip ikan hiu menjadi hal yang wajar dilakukan ketika preayaan Imlek. Namun saat ini, sup sirip ikan hiu sangat dilindungi oleh pemerintah China sehingga tidak bisa diburu secara ilegal. Di Indonesia sendiri, masyarakat Tionghoa akan merayakan Imlek dengan menyantap sup sarang burung walet yang bisa dengan mudah dilakukan. Hanya saja harganya cukup mahal karena tergolong sulit mendapatkannya.

5. Kue Lobak vs Kue Lapis Legit

Sumber : Selerasa.com

Kue apa atau jajanan apa yang pasti tersaji di meja makan saat Imlek? Selain kue keranjang, di China selalu ada kue lobak yang memiliki makna akan membawa keberuntungan bagi siapa saja yang menyantapnya. Kue lobak terbuat dari bahan lobak yang dipadu dengan aneka kacangan-kacangan lezat. Tapi di Indonesia, kue lobak sangat jarang ditemukan pada perayaan Imlek, justru kue lapis legit yang disajikan di sini. Bentuk kue ini yang berlapis-lapis dipercaya menjadi simbol rezeki yang berlapis-lapis dan terus berdatangan.

Selain kelima perbedaan di atas, menurut kamu masih ada lagi tidak perbedaan menu kuliner China dan Indonesia pada saat Imlek?
Nah, buat kamu yang ingin menyantap kuliner-kuliner khas Imlek lainnya bisa segera datangi referensi tempat makan di bawah ini ya!

Imperial Shanghai La Mian Xiao Long Bao

Foto Imperial Shanghai La Mian Xiao Long Bao
Foto Imperial Shanghai La Mian Xiao Long Bao
Foto Imperial Shanghai La Mian Xiao Long Bao

Mutiara Traditional Chinese Food

Foto Mutiara Traditional Chinese Food
Foto Mutiara Traditional Chinese Food
Foto Mutiara Traditional Chinese Food

Liyen Restaurant

Foto Liyen Restaurant
Foto Liyen Restaurant
Foto Liyen Restaurant

Fook Yew

Foto Fook Yew
Foto Fook Yew
Foto Fook Yew

Sanur Mangga Dua

Foto Sanur Mangga Dua
Foto Sanur Mangga Dua
Foto Sanur Mangga Dua

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?