Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Menyambut Era New Normal, Apa yang Harus Dilakukan Saat Kulineran Lagi?

List Artikel
11 Juni 2020 | 0 Komentar

Menghadapi keberadaan virus corona yang tak kunjung usai, pemerintah Indonesia saat ini berencana untuk memberlakukan era new normal atau tatanan kehidupan baru di tengah pandemi virus corona seperti yang sudah dilakukan beberapa negara seperti Korea Selatan & Thailand. Tentunya era new normal ini dilakukan dengan menggunakan protokol kesehatan yang ketat karena virus ini belum juga musnah dari muka bumi. Era new normal dilakukan agar kehidupan kita bisa kembali berjalan seperti biasanya dan juga agar roda ekonomi kita bisa berjalan kembali karena sempat terhenti dan mengakibatkan banyaknya pemutusan hubungan kerja (PHK). 

Jadi yang tadinya harus di rumah saja, maka perlahan kegiatan-kegiatan akan berjalan dengan normal kembali. Tentu saja kabar ini disambut  dengan baik oleh para pecinta kuliner karena dengan adanya new normal, kita bisa pergi kulineran lagi. Hanya saja, pergi kulineran kita tak akan sama seperti biasanya karena kita tetap harus waspada dan menerapkan anjuran yang diterapkan oleh pemerintah guna meminimalisasi resiko penyebaran virus. Lantas apa saja yang harus dilakukan saat kulineran lagi di saat new normal? Coba cek dulu yuk!



Sumber: Kompas.com 


1. Selalu Gunakan Masker Saat Kulineran

Hal pertama yang wajib kamu lakukan adalah dengan selalu menggunakan masker saat pergi kulineran. Masker menjadi alat tempur wajib yang harus digunakan untuk mencegah terjadinya penularan virus. Jadi ketika pergi keluar rumah untuk kulineran, masker wajib digunakan. Jangan asal menggunakan masker. Gunakan masker yang sesuai standar kesehatan yang punya filter di dalamnya agar virus tidak mudah masuk ke saluran pernafasan.


2. Jangan Lupa Bawa Hand Sanitizer

Selain masker, jangan lupa untuk selalu membawa hand sanitizer saat akan bepergian, terutama saat pergi kulineran. Gunakan hand sanitizer sebelum makan dan minum. Hand sanitizer yang digunakan haruslah yang memiliki kadar alkohol 70% karena bisa mematikan kuman serta virus yang menempel pada tangan. Jika lupa membawa hand sanitizer, tempat makan saat ini juga selalu menyediakannya, jadi kamu bisa langsung menggunakannya saat masuk tempat makan tersebut.


3. Pilih Tempat Makan yang Menerapkan Protokol Kesehatan

Tahapan selanjutnya adalah memilih tempat makan yang sudah menerapkan protokol kesehatan. Beberapa protokol kesehatan yang harus diterapkan rumah makan, kedai kopi, dan juga kafe adalah kapasitas pengunjung yang harus dipangkas setengah alias 50%, jadi kalau kapasitas pengunjungnya 50 orang, maka pengunjung yang boleh masuk hanyalah 25 orang saja. Selain itu, rumah makan juga tidak memperbolehkan penyajian makanan secara prasmanan, piring makanan di rumah makan Padang harus dibungkus plastik atasnya, sendok dan garpu harus dibungkus tisu atau plastik, hingga adanya penanda batas jarak minimal 1 meter.


4. Selalu Pilih Makanan yang Baru Dimasak

Jika ingin pergi kulineran di era new normal, usahakan untuk selalu memilih makanan yang baru dimasak. Makanan yang baru dimasak masih fresh sehingga bakteri dan virusnya bisa lenyap ketika dimasak. Berbeda dengan makanan yang sudah dijadikan dalam keadaan matang. Memang, tidak semua makanan siap santap berpotensi mengandung virus atau bakteri, tapi setidaknya kita bisa berjaga-jaga. Jika membeli makanan siap santap, lebih baik kamu panaskan kembali atau minta pelayan memanaskannya lagi.

 

5. Gunakan Pembayaran Cashless

Terakhir adalah menggunakan pembayaran cashless. Sebisa mungkin hindari kontak dengan pelayan saat melakukan pembayaran. Jika melakukan pembayaran tunai, maka potensi penularan virus melalui uang kembalian akan lebih besar. Ada banyak pembayaran cashless yang bisa dipilih, mulai dari GoPay, OVO, Dana, Link, kartu debit hingga kartu kredit.


6. Hindari Melihat Menu Melalui Buku Menu

Seperti yang diketahui, untuk menghindari penyebaran virus salah satunya adalah kita harus mencuci tangan sesering mungkin menggunakan air, sabun ataupun hand sanitizer. Selain itu, kamu juga harus menghindari kontak secara langsung dengan benda-benda yang kemungkinan sudah dipegang oleh banyak orang termasuk buku tamu. Untuk itu, sebelum pergi kulineran alangkah baiknya kamu mengecek terlebih dahulu menu yang mau kamu coba di aplikasi Pergikuliner. Selain itu, kamu juga bisa menandai menu yang ingin kamu pesan dan bisa melihatnya kembali di dalam daftar "Ingin Pergi" kamu. Tapi, buat kamu yang nggak ingin kulineran dadakan dan nggak sempat buat mencatat menunya, kamu bisa nih pergunain online menu dari PergiKuliner. Dimana kamu bisa meng-scan kode QR yang terdapat pada restoran untuk melihat menu restoran tersebut langsung di handphone kamu. Gimana? Mudah banget kan?

 

Kamu tidak perlu takut untuk pergi kulineran lagi saat era normal baru nanti. Asalkan kamu menerapkan hal-hal di atas, maka agenda pergi kulineranmu bisa berjalan seperti biasanya. Nah, sekarang waktunya kamu masukin tempat-tempat di bawah ini ke dalam daftar Ingin Pergi kamu yuk, supaya ketika kamu siap kulineran lagi, kamu nggak lupa list tempat makan yang mau kamu datengin!

Hang Tuah Kopi & Toastery

Foto Hang Tuah Kopi & Toastery
Foto Hang Tuah Kopi & Toastery
Foto Hang Tuah Kopi & Toastery

MOREAU Chocolatier's Cafe

Foto MOREAU Chocolatier's Cafe
Foto MOREAU Chocolatier's Cafe
Foto MOREAU Chocolatier's Cafe

Burns Cafe

Foto Burns Cafe
Foto Burns Cafe
Foto Burns Cafe

Kopikalyan

Foto Kopikalyan
Foto Kopikalyan
Foto Kopikalyan

kopimanyar

Foto kopimanyar
Foto kopimanyar
Foto kopimanyar

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?