Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Mitos 7 Makanan Pembawa Keberuntungan di Negara Tertentu

List Artikel
19 September 2021 | 0 Komentar

Selama ini kita mengetahui kalau ada beberapa kuliner khas Imlek yang dipercaya bisa membawa keberuntungan jika kita menyantapnya pada hari tersebut. Ternyata kepercayaan mengenai makanan pembawa keberuntungan ini tak hanya dikenal oleh masyarakat Tionghoa saja, tapi juga masyarakat di beberapa negara lain. Perlu Teman Kuliner ketahui kalau ternyata setiap negara selalu memiliki makanan pembawa keberuntungannya masing-masing. Uniknya, mungkin di negara kita sendiri kuliner tersebut justru dianggap sebagai makanan biasa. 


Makanan pembawa keberuntungan di berbagai negara ini bisa berbeda-beda karena dipengaruhi dari adat istiadat serta kebudayaan yang berlaku di tempat tersebut. Oleh karena itu, makna dari sebuah makanan jadi berbeda. Bisa jadi makanan itu adalah makanan pembawa keberungungan, tapi bisa juga makanan tersebut dianggap sebagai makanan yang biasa!


 

1. Jeruk


Sumber: Healthline.com


Makanan pembawa keberuntungan yang pertama adalah jeruk. Beberapa di antara Teman Kuliner pasti sudah tahu kalau jeruk memang sudah dikenal lama sebagai salah satu makanan pembawa keberuntungan bagi masyarakat Tionghoa karena jeruk dianggap sebagai perlambang rezeki atau kemakmuran. Hal ini dikarenakan warnanya yang mirip dengan emas yakni orange kekuningan. Tak hanya bagi masyarakat Tionghoa saja, jeruk juga perlambang keberuntungan di Jepang sehingga mereka selalu meletakkannya di atas mochi pada saat perayaan tahun baru.


2. Delima



Sumber: Tirto.id


Delima menjadi makanan pembawa keberuntungan di negara Turki. Di Turki, buah perlambang keberuntungan ini selalu tersaji pada saat tahun baru. Ada satu tradisi unik yang dilakukan oleh masyarakat Turki dengan buah pembawa keberuntungan ini, yakni memecahkan atau membelah buahnya dengan menggunakan tangan. Jika ada banyak pecahan yang dihasilkan, maka tandanya akan banyak keberuntungan yang Teman Kuliner peroleh di tahun ini.


3. Anggur



Sumber: Etimg.com


Anggur bagi masyarakat Spanyol dan Portugal ternyata dipercaya sebagai makanan pembawa keberuntungan. Jadi pada saat perayaan tahun baru atau setelahnya, Teman Kuliner diharuskan mengonsumsi anggur dalam jumlah tertentu yakni hanya 12 buah saja. Mengapa 12 buah? Karena per satu buah anggur melambangkan keberuntungan untuk satu bulan. Jadi kalau yang dikonsumsi ada 12 buah, maka tandanya akan ada satu tahun penuh keberuntungan untukmu.


4. Mie



Sumber: Pergikuliner.com


Mie sudah pasti kita ketahui sebagai makanan pembawa keberuntungan bagi masyarakat di Asia Timur seperti Korea, Jepang, dan pastinya Tiongkok. Mie dipercaya membawa keberuntungan karena dianggap sebagai simbol panjang umur. Meski cara menyantapnya berbeda-beda di ketiga negara tersebut, tapi pastinya kamu tidak diperbolehkan memutus mie yang sedang disantap alias harus menyantap mie hingga ujungnya.


5. Donat



Sumber: Pergikuliner.com


Selanjutnya ada donat yang mungkin tidak akan kita duga sebagai salah satu makanan pembawa keberuntungan di suatu negara. Negara yang mempercayai kalau donat adalah makanan pembawa keberuntungan adalah negara yang ada di Eropa dan Amerika. Mereka menganggap kalau bulatnya donat yang tak putus adalah simbol dari nasib baik yang tak pernah putus. Tak heran kalau ada banyak orang Eropa dan Amerika yang merayakan ulang tahunnya dengan donat.


6. Sayuran Hijau


Sumber: Miro.medium.com


Tak akan ada yang menyangka kalau ternyata sayuran hijau menjadi salah satu makanan pembawa keberuntungan di tiga negara, yakni Irlandia, Jerman, dan Amerika Serikat. Hal ini dikarenakan warna hijau pada sayuran mirip dengan warna pada mata uang di ketiga negara tersebut sehingga sayuran hijau dianggao sebagai perlambang kemakmuran dan banyaknya rezeki.


7. Kacang Lentil


Sumber: Doktersehat.com


Terakhir ada kacang lentil yang juga menjadi makanan pembawa keberuntungan. Masyarakat Brazil percaya kalau kacang lentilini bisa membawa keberuntungan bagi mereka. Pasalnya, kacang lentil yang mengembang saat direndam dalam air menyimbolkan kekayaan yang melimpah bagi pemiliknya. Saat mengembang, kacang lentil akan menyerupai koin mata uang Brazil sehingga kepercayaan tentang makanan pembawa keberuntungan ini pun menjadi tradisi yang unik.

 

Itulah beberapa mitos makanan pembawa keberuntungan di negara-negara tertentu. Kamu sendiri percaya tidak dengan mitos makanan pembawa keberuntungan di atas?

 

Imperial Shanghai La Mian Xiao Long Bao

Foto Imperial Shanghai La Mian Xiao Long Bao
Foto Imperial Shanghai La Mian Xiao Long Bao
Foto Imperial Shanghai La Mian Xiao Long Bao

New Cahaya Lestari

Foto New Cahaya Lestari
Foto New Cahaya Lestari
Foto New Cahaya Lestari

101+ Juice

Foto 101+ Juice
Foto 101+ Juice
Foto 101+ Juice

Mardin Baklava Patisserie

Foto Mardin Baklava Patisserie
Foto Mardin Baklava Patisserie
Foto Mardin Baklava Patisserie

Warung Korea Pop

Foto Warung Korea Pop
Foto Warung Korea Pop
Foto Warung Korea Pop

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?