Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Olahan Tuna Ala Orang Jepang yang Bisa Kamu Nikmati di Restoran

List Artikel
10 Oktober 2018 | 0 Komentar

Selain salmon yang identik dengan kuliner Jepang, ada tuna yang juga nggak kalah populernya. Beberapa orang sering keliru mengenali daging salmon dengan daging tuna. Sebagai bahan pengetahuanmu, daging salmon memiliki warna oranye cerah sedangkan tuna warnanya merah muda. Tuna merupakan salah satu jenis ikan laut yang memiliki banyak sekali kandungan protein lengkap. Dalam 85 gram daging tuna, terkandung setidaknya 24-30 gram protein yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Tuna juga kaya akan kandungan lemak omega 3 sehingga bagus untuk kecerdasan otak, mencegah penyakit jantung, dan stroke. Selain itu, tuna juga kaya akan vitamin B6 yang bisa menghasilkan hemoglobin untuk membawa oksigen dalam darah ke seluruh jaringan tubuh. Berhubung ikan tuna bisa dengan mudah ditemukan di Jepang, maka orang Jepang banyak yang mengolahnya menjadi kuliner-kuliner lezat seperti yang ada di bawah ini:

 

1. Sashimi




Sumber : PergiKuliner.com


Orang Jepang paling sering menyantap tuna dalam olahan sashimi karena sangat mudah membuatnya. Sashimi merupakan hidangan laut segar yang disajikan dalam keadaan mentah. Kamu hanya perlu mengiris tuna dalam ketebalan yang sama lalu menyajikannya di atas piring saji dan menyantapnya dengan cara dicelupkan ke dalam kecap asin, parutan jahe, atau wasabi untuk tambahan rasa pedasnya. Kelezatan sashimi ditentukan oleh seberapa segar ikan tuna yang digunakan.

 

2. Sushi



Sumber : PergiKuliner.com


Selain sashimi, orang Jepang juga suka menyantap tuna dalam bentuk kuliner sushi. Sushi merupakan salah satu kuliner khas Jepang yang namanya sudah mendunia. Berbeda dengan sashimi yang hanya disajikan dalam bentuk irisan ikan tuna saja, sushi menyajikan tuna dengan nasi putih yang sudah dibumbui. Jenis sushi yang banyak menggunakan ikan tuna adalah nigiri sushi yang merupakan sushi dengan irisan tuna tipis yang diletakkan di atas nasi. Selain nigiri sushi, ada chirashi sushi dan maki sushi yang juga menggunakan campuran tuna.

 

3. Maguro Zuke Don




Sumber : Japannaviouk.wordpress.com


Masih ada lagi kuliner tuna yang disajikan dalam keadaan mentah, yakni maguro zuke don. Maguro zuke don memiliki arti tuna yang dihidangkan di dalam mangkuk. Jadi bisa dikatakan kuliner ini merupakan perpaduan dari kuliner sashimi dan donburi. Kuliner ini terdiri dari nasi yang di atasnya diletakkan irisan daging tuna yang sudah dibumbui terlebih dahulu. Pada bagian atasnya, biasanya diberi taburan biji wijen yang telah disangrai dan juga irisan daun bawang. 

 

4. Tuna Mayo




Sumber : Richsauces.com

 

Nggak suka ikan tuna dalam keadaan mentah? Kamu bisa mencoba tuna mayo yang terbuat dari daging tuna kalengan yang sudah matang lalu dicampur dengan cara diaduk rata bersama mayonaise. Tuna mayo ini lebih sering disantap dengan cara dipadukan dengan roti atau dijadikan isian sandwich. Selain itu, tuna mayo juga bisa dijadikan isian onigiri dan juga campuran salad sayuran segar. Tekstur tuna mayo sangat lembut dengan cita rasa gurih, asin, dan creamy.

 

5. Tuna Teriyaki



Sumber : Tripadvisor.com

Olahan ikan  tuna lainnya yang bisa kamu santap dalam keadaan matang adalah tuna teriyaki. Kuliner ini dibuat dari bahan dasar ikan tuna yang dipotong dengan ukuran yang cukup tebal lalu dipanggang dan diberi dengan siraman saus teriyaki yang terbuar dari kecap, mirin, sake, dan bumbu lainnya. Cita rasanya sudah pasti asin dan manis. Tuna teriyaki bisa disantap bersama dengan nasi atau kentang goreng. 

 

Dari kelima kuliner di atas, kamu lebih suka menyantap olahan tuna yang mana nih? Atau kalau belum pernah, kamu bisa coba datang ke beberapa restoranz referensi dari PergiKuliner ini ya!

 

Sushi Sei

Foto Sushi Sei
Foto Sushi Sei

Sushi Masa

Foto Sushi Masa
Foto Sushi Masa
Foto Sushi Masa

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?