Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Oops! 5 Hal Ini Tidak Bisa Dilakukan Saat Kulineran di Era New Normal

List Artikel
9 Juli 2020 | 1 Komentar

Setelah masa pembatasan sosial yang cukup lama dilakukan, kini Pemerintah sudah kembali memperbolehkan orang-orang untuk beraktifitas seperti biasa di luar rumah meskipun harus tetap memperhatikan protokol kesehatan yang dianjukan untuk mencegah virus corona menyebar semakin luas. Situasi ini tentu riskan buat kamu yang sering beraktifitas di luar dan juga buat kamu yang suka kulineran. Beberapa hal yang bisa kamu terapkan selama kulineran di era new normal adalah tetap menjaga jarak antar pengunjung (melakukan social distancing ) dan juga menjaga kebersihan tangan. Namun, ada beberapa perubahan dari segi kebiasaan kamu ketika kulineran nih. Apa saja kebiasaan dalam kulineran yang berubah di era normal baru atau new normal? Cek selengkapnya di bawah ini!



Sumber : Majoo.id


1. Makan Ala Buffet

Kebiasaan kuliner pertama yang tak akan bisa kamu nikmati saat era new normal atau normal baru adalah makan ala buffet. Biasanya makan ala buffet ini ditemukan di restoran hotel. Buffet merupakan konsep makan yang mengambil sendiri makanan dan minuman yang diinginkan. Kabarnya, konsep makan ala buffet ini akan dihilangkan saat new normal sudah dijalankan karena dianggap rentan penyebaran virus. Memang ketika kita makan ala buffet, makanan yang disajikan akan diambil bergantian dengan orang lain menggunakan sendok yang sama. Ditambah lagi makanan ala buffet kebanyakan dibiarkan terbuka begitu saja sehingga sangat beresiko penularan virus.


2. Makan Prasmanan Ala Padang

Makan prasmanan ala Padang juga akan dihilangkan selama new normal. Biasanya ketika kita makan di restoran Padang, maka akan ada banyak lauk yang tersaji di atas meja makan dan kita akan mengambil lauk yang diinginkan. Tapi saat ini konsep tersebut dihilangkan karena makanan yang tersaji di atas meja makan dibiarkan dalam ruangan terbuka dan bisa disentuh beberapa orang sehingga sangat beresiko. Jadi jangan kaget kalau makan di restoran Padang dan kamu tidak menemukan aneka lauk-pauk di atas meja makanmu.


3. Nongkrong Berjam-jam di Kafe

Salah satu protokol kesehatan yang diterapkan oleh pemerintah Indonesia untuk tempat makan adalah adanya pembatasan jumlah pengunjung serta jam buka. Jika tadinya ada kafe yang beroperasi hingga tengah malam atau 24 jam, maka kamu akan sulit menemukannya saat new normal karena kebanyakan kafe hanya beroperasi hingga jam 9 malam saja. Ditambah lagi pembatasan jumlah pengunjung hingga 50% dari kapasitas normal akan membuatmu tidak bisa berlama-lama berada di kafe karena harus bergantian dengan orang lain yang sudah mengantri.


4. Sharing Makanan dan Minuman dengan Teman

Siapa yang dulunya ketika kulineran sering memesan menu yang berbeda dengan teman supaya bisa mencicip milik temannya? Hal ini tidak bisa kamu lakukan lagi karena berbagi makanan dan minuman menjadi hal yang sangat tidak disarankan. Berbagi makanan dan minuman dengan teman bisa membuatmu atau teman mudah tertular jika salah satu di antara kalian ada yang membawa virus covid-19. Jadi sebaiknya hal ini tidak kamu lakukan!

 

5. Mengobrol dan Bertanya-tanya dengan Barista

Saat datang ke kedai kopi yang memiliki meja bar, biasanya kita akan bercakap-cakap dengan barista setelah memesan minuman kopi yang diinginkan dan bertanya-tanya dari mana biji kopinya, bagaimana cita rasanya, dan lain sebagainya. Tapi kebiasaan ini tampaknya akan menghilang karena orang akan meminimalisasi sebisa mungkin agar tidak berkomunikasi terlalu sering dengan orang asing. Meski barista tersebut sudah mengenakan masker dan face shield, tapi pastinya kehidupan new normal ini membuat kita selalu berjaga-jaga.

 

Walaupun kebiasaan-kebiasaan kuliner di atas tidak bisa kamu nikmati selama masa new normal, tapi masih ada hal lain yang bisa kamu lakukan saat kulineran seperti berburu restoran yang sehat atau berburu restoran yang sangat mementingkan protokol kesehatan!

YOMS Pisang Madu & Gorengan

Foto YOMS Pisang Madu & Gorengan
Foto YOMS Pisang Madu & Gorengan
Foto YOMS Pisang Madu & Gorengan

Double U Steak by Chef Widhi

Foto Double U Steak by Chef Widhi
Foto Double U Steak by Chef Widhi
Foto Double U Steak by Chef Widhi

Kong Djie Coffee Belitung

Foto Kong Djie Coffee Belitung
Foto Kong Djie Coffee Belitung
Foto Kong Djie Coffee Belitung

LOF Coffee & Tea

Foto LOF Coffee & Tea
Foto LOF Coffee & Tea
Foto LOF Coffee & Tea

Kunstkring Bread & Coffee Corner

Foto Kunstkring Bread & Coffee Corner
Foto Kunstkring Bread & Coffee Corner
Foto Kunstkring Bread & Coffee Corner

Topik artikel ini:
1 Komentar
[ ... ]
Foto user umum
bagus isinya singkat, padat, dan jelas.
tantokembar_gmail_com | 15 Jul 2020 pk. 12:54 AM

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?