Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Oven vs Microwave, Kenali Yuk Perbedaan Keduanya!

List Artikel
25 Maret 2019 | 0 Komentar

Siapa di antara kamu yang masih keliru membedakan antara oven dan microwave? Bagi sebagian besar orang memang sulit untuk membedakan oven dengan microwave karena tampilannya sekilas memang bisa dikatakan sangat mirip dan selalu diletakkan di dalam dapur dengan posisi yang sama. Tapi tahukah kamu kalau sebenarnya oven dengan microwave ini sangat berbeda. Lantas di mana letak perbedaan dari keduanya? Supaya kamu tidak penasaran lagi, bagaimana jika kita langsung lihat sendiri apa saja perbedaan dari keduanya, yaitu: 



Sumber :  Starranty.com


1. Sistem Kerja

Perbedaan pertama bisa kita lihat dari segi sistem kerja keduanya. Sesuai dengan namanya, microwave memanfaatkan gelombang mikro elektromagnetik yang menghasilkan panas sehingga bisa meningkatkan suhu dari makanan tersebut. Sedangkan dengan oven, panasnya didapat dengan cara meratakan atau mentransfer sumber panas ke makanan. Oleh karena itu semua jenis oven selalu membutuhkan suhu api dalam tingkatan tertentu.

 

2. Jenis dan Ragamnya

Perbedaan keduanya adalah dari segi jenis dan ragamnya. Saat ini, oven memiliki lima jenis yakni oven kompor, oven listrik, oven gas yang menggunakan LPG, oven konvensional yang menyatu dengan kompor dan oven konvensional dengan kipas di dalamnya. Sedangkan untuk microwave bersumber hanya ada yang bersumber pada listrik saja.  Jika diperhatikan, ukuran oven sangat beragam, ada yang kecil dan besar. Sedangkan microwave rata-rata hanya memiliki ukuran maksimum 30 liter saja.

 

3. Hasil Masakan

Berhubung oven memang difungsikan untuk mematangkan makanan, maka sudah pasti tekstur makanan jadi lebih renyah dan matangnya merata. Sedangkan untuk microwave, berhubung fungsi utamanya adalah untuk memanaskan makanan, maka hasil makanan cenderung akan kering dan bisa mengurangi kelembaban makanan. Saat ini memang sudah ada microwave yang berfungsi untuk mematangkan makanan, tapi tetap saja hasilnya akan berbeda dengan oven  ya.

 

4. Waktu Memasak dan Menghangatkan

Makanan yang dimasak dan dihangatkan dengan microwave memang hanya membutuhkan waktu yang sangat singkat karena suhunya bisa mencapai 50 derajat celcius sehingga makanan bisa matang dan panas hanya dalam hitungan menit. Hal ini tentu berbeda dengan waktu memasak dan menghangatkan dengan oven yang bisa memakan waktu lebih dari satu jam. Oven listrik biasanya prosesnya lebih lama dibandingkan dengan oven gas.

 

5. Wadah yang Boleh Digunakan dan Tidak Boleh

Terakhir adalah dari segi wadah yang digunakan. Untuk microwave, wadah plastik bisa digunakan selama ada label microwave safe nya. Bahan kaca atau keramik juga relatif aman untuk microwave selama suhu yang kamu gunakan tidak tinggi. Tapi lebih baik lapisi lagi dengan alumunium foil supaya tidak mudah terbakar. Sedangkan untuk oven, kamu harus menggunakan loyang, pingan keramik antipanas dan alumunium foil. Sementara wadah plastik tidak bisa digunakan.

 

Sekarang kamu sudah tahu kan perbedaan antara oven microwave? Jangan sampai salah membedakannya lagi! Setelah membaca artikel ini pastinya kamu jadi membayangkan beberapa jenis makanan seperti pizza dan segala jenis cake ya kan? Nah, kamu bisa langsung datangi tempat-tempat berikut ini saja yuk teman PergiKuliner!

Panties Pizza

Foto Panties Pizza
Foto Panties Pizza
Foto Panties Pizza

Pizza Marzano

Foto Pizza Marzano
Foto Pizza Marzano
Foto Pizza Marzano

Pizza Grand Lucky

Foto Pizza Grand Lucky
Foto Pizza Grand Lucky

Ignasia's Cake Me Away

Foto Ignasia's Cake Me Away
Foto Ignasia's Cake Me Away
Foto Ignasia's Cake Me Away

Sollie Cafe & Cakery

Foto Sollie Cafe & Cakery
Foto Sollie Cafe & Cakery

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?