Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Psst! Ini Hal yang Akan Terjadi Kalau Kamu Diet Tanpa Aturan

List Artikel
16 Februari 2017 | 0 Komentar

Diet pada dasarnya digunakan untuk menjaga pola makan agar tubuh tetap sehat. Namun, diet menurut kebanyakan orang adalah salah satu cara untuk menurunkan berat badan. Diet sebenarnya harus dilakukan dengan pengawasan dari dokter atau ahli gizi karena apa yang dibutuhkan oleh tubuh masing-masing orang berbeda-beda. Ada orang yang lebih membutuhkan protein yang tinggi namun karbohidrat yang rendah, begitu juga sebaliknya. Jadi tak semua orang bisa melakukan tipe diet yang sama. Jika kamu diet sesuka hatimu alias tanpa aturan, maka kamu tak akan tahu takaran-takaran gizi yang dibutuhkan tubuhmu. Akibatnya tubuh kamu akan mengalami hal-hal yang tidak kamu inginkan seperti:




Sumber: pergikuliner.com

 

1. Penyakit Maag

Diet tanpa aturan membuat jam makan kamu jadi berantakan karena biasanya orang yang berdiet sesuka hati bisa membuat asam lambung naik akibat jam makan yang tidak terjadwal alias tidak jelas. Saat jam makan tidak pasti, maka produksi asam lambung bisa berlebihan hingga membakar lapisan perut sehingga mengakibatkan perut kamu terkena penyakit maag.

 

2. Makan Berlebihan

Orang yang berdiet tanpa aturan cenderung memiliki porsi makan yang berlebihan. Alasannya adalah karena mereka menahan-nahan rasa lapar karena ingin berdiet, tapi saat perut mereka tidak bisa berkompromi dan mulai merasa perih, maka mau tak mau mereka akan menyantap makanan untuk memenuhi isi perut mereka. Biasanya hal yang juga dilakukan adalah curi-curi waktu untuk makan dengan berbagai macam alasan.

 

3. Diabetes

Saat kamu tak memiliki jadwal makan untuk diet, maka tubuh kamu akan mengalami reaksi yang bermacam-macam, seperti rasa lemas, mual, dan lain sebagainya. Coba saja kamu bayangkan jika kamu tidak menyantap karbohidrat sama sekali, maka tubuh akan merasa lemas karena tubuh tidak bisa mendapat energi dari makanan yang kamu santap. Saat tubuh sudah sangat lemas, kamu akan dengan sangat terpaksa menyantap karbohidrat atau mengkonsumsi makanan yang manis untuk menambah tenaga meski kamu sedang diet. Saat itulah terjadi lonjakan yang berakibat ketidakseimbangan hormon insulin pada tubuh kamu.

 

4. Stress

Saat kamu sedang berdiet, kamu selalu berada di bawah tekanan karena kamu harus menjaga pola makan kamu. Berdiet tanpa aturan bisa membuat kamu lebih stress lagi karena berat badan kamu tak kunjung berkurang. Bagaimana bisa berat badan kamu berkurang sementara kamu tak tahu apa yang harus kamu kurangi dalam tubuhmu untuk menurunkan berat badan.

 

5. Depresi

Tak hanya stress, orang yang diet tanpa aturan bisa terkena depresi karena rasa lapar yang harus ditahan dan berakibat pada sulitnya mengontrol emosi kamu. Kamu pasti sering khan sulit mengontrol emosi saat perut kamu merasa lapar? Nah, jika tubuh kamu tidak mendapat asupan makanan yang cukup, maka tak menutup kemungkinan kamu bisa sering marah, sedih mendadak, hingga berbagai emosi negatif lainnya. 

Salad Bar

Foto Salad Bar
Foto Salad Bar
Foto Salad Bar

Berrywell

Foto Berrywell
Foto Berrywell
Foto Berrywell

Nalu Bowls

Foto Nalu Bowls
Foto Nalu Bowls
Foto Nalu Bowls

Loving Hut Express

Foto Loving Hut Express
Foto Loving Hut Express

Beets and Bouts

Foto Beets and Bouts
Foto Beets and Bouts
Foto Beets and Bouts

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?