Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Kuliner yang Bisa Disantap Saat Sedang Sakit Tenggorokan

List Artikel
16 Februari 2017 | 0 Komentar

Tenggorokan yang sakit membuat kamu merasa susah untuk menelan hingga malas makan. Sakit tenggorokan bisa diakibatkan banyak hal seperti infeksi akibat bakteri, virus, hingga adanya reaksi alergi karena menyantap makanan tertentu. Sakit tenggorokan tentunya sangat menyiksa kamu yang doyan makan karena tak semua makanan dan minuman bisa kamu santap dengan mudah seperti biasa. Ada beberapa larangan seperti tak boleh menyantap makanan yang pedas, gorengan, hingga menyantap makanan atau minuman yang dingin karena bisa memperparah peradangan dan infeksi. Lalu bolehnya makan apa? Pergi Kuliner ada lima kuliner yang bisa disantap saat kamu sedang sakit tenggorokan, yaitu:

 

1. Madu



Sumber: greenarea.me


Madu sangat aman untuk dikonsumsi saat kamu terkena sakit tenggorokan. Selain bisa untuk sebagai pemanis alami, madu juga bisa meringankan sakit tenggorokan karena madu bisa meredakan pembengkakan pada tenggorokan sehingga tidur kamu bisa jadi lebih nyenyak. Campurkan beberapa sendok madu ke dalam teh atau air lemon jika kamu tak suka menyantap madu begitu saja.

 

2. Pisang



Sumber: cookbookafictionado.wordpress.com


Pisang memiliki tekstur yang lembut dan mudah ditelan sehingga cocok untuk disantap saat sedang sakit tenggorokan. Saat sedang sakit tenggorokan, kamu harus menghindari makanan yang memiliki tekstur keras. Makanan bertekstur keras bisa membuat kamu kesulitan menelan dan tenggorokan yang membengkak. Kamu bisa mengkreasikan pisang menjadi smooties atau kamu jadikan camilan lainnya seperti puding. Lebih bagus lagi jika kamu memadukan pisang dengan madu.  

 

3. Sup



Sumber: pergikuliner.com


Sup tak hanya cocok disantap oleh orang yang sedang terkena demam atau flu. Sup juga sangat cocok untuk kamu yang sedang terkena sakit tenggorokan. Jenis sayuran yang cocok untuk dijadikan sup adalah wortel, kentang, brokoli, hingga kembang kol karena memiliki tekstur yang cukup lembut sehingga mudah ditelan. Ditambah sayuran-sayuran tersebut memiliki kandungan nutrisi yang tinggi sehingga bisa membuat daya tahan tubuh kamu lebih kuat. Tambahkan daging ayam atau sapi agar kandungan sup lebih bernutrisi lagi.

 

4. Bubur



Sumber: pergikuliner.com


Sama dengan sup, bubur paling cocok disantap saat sedang terkena sakit tenggorokan karena memiliki tekstur lembut, lunak, dan mudah ditelan. Bubur yang bisa disantap bisa berupa bubur nasi, bubur kacang hijau, hingga bubur manado. Santap bubur dalam keadaan hangat sehingga bisa mengurangi bakteri dan virus di tenggorokan. Selain itu makanan yang hangat bisa membuat tubuh kamu merasa lebih sehat.

 

5. Omelet



Sumber: pergikuliner.com


Tak ingin makan sesuatu dengan porsi banyak, kamu bisa menyantap omelet kaya gizi yang bisa membuat tenaga kamu pulih kembali. Buat omelet dengan tambahan susu, dan sayuran lainnya seperti wortel yang dipotong kecil-kecil, jagung, hingga kentang yang sudah dimasak atau ditumis terlebih dahulu. Selain omelet, kamu juga bisa membuat telur orak arik dengan mash potato.


Sunny Side Up

Foto Sunny Side Up
Foto Sunny Side Up
Foto Sunny Side Up

Benedict

Foto Benedict
Foto Benedict
Foto Benedict

Coco Ichibanya

Foto Coco Ichibanya
Foto Coco Ichibanya

Bubur Ayam Mangga Besar 1

Foto Bubur Ayam Mangga Besar 1
Foto Bubur Ayam Mangga Besar 1
Foto Bubur Ayam Mangga Besar 1

Bubur Kwang Tung

Foto Bubur Kwang Tung
Foto Bubur Kwang Tung
Foto Bubur Kwang Tung

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?