Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Renyah dan Lezat, Ini 7 Keripik Tradisional dari Berbagai Daerah Indonesia

List Artikel
9 Oktober 2020 | 0 Komentar

Siapa sih orang Indonesia yang nggak kenal keripik? Keripik seolah sudah menjadi teman akrab bagi orang Indonesia. Hampir disetiap suasana maupun acara, kehadian keripik seakan tidak pernah absen. Keripik memang jadi salah satu cemilan favorit orang Indonesia. Tekstur keripik yang garing dan renyah menimbulkan sensasi tersendiri saat kita menyantapnya. Teman kuliner pasti pernah merasakan, saking terlalu asiknya makan keripik, satu plastik keripik bisa habis disantap sendiri tanpa disadari. Apalagi kalau kita menyantapnya sambil mengobrol dengan teman atau sambil menonton televis Di Indonesia, keripik merupakan salah satu cemilan yang cukup umum dan sangat mudah ditemukan. Tidak hanya satu jenis, banyak sekali jenis-jenis keripik asal Indonesia. Bahkan setiap daerah di Indonesia punya ciri khas keripik tersendiri loh. Dari sekian banyak jenis keripik tradisional yang ada di Indonesia, ada tujuh yang paling terkenal, yaitu:


1. Keripik Singkong dari Sulawesi Selatan



Sumber: Kompas.com


Pertama ada keripik singkong yang asalnya dari Sulawesi Selatan. Keripik singkong dibuat dari bahan dasar singkong yang diiris tipis-tipis lalu digoreng hingga kering dan ditiriskan, baru kemudian dikemas. Cita rasanya gurih asin karena biasanya diberi bumbu garam. Selain keripik singkong dari Sulawesi Selatan, ada keripik singkong baladoyang asalnya dari Sumatera Barat. Perbedaannya adalah keripik singkong balado diberi tambahan bumbu balado khas Padang sehingga cita rasanya menjadi lebih pedas.


2. Keripik Pisang dari Lampung



Sumber: Faktualnews.com


Keripik pisang juga menjadi salah satu jenis keripik yang ternyata berasal dari Lampung. Keripik pisang dibuat dari jenis pisang yang bertekstur padat seperti pisang kepok, pisang raja, hingga pisang nangka. Cara membuatnya adalah dengan menggiris pisang tipis-tipis lalu menggorengnya hingga matang atau memanggangnya hingga garing. Nantinya setelah matang, keripik pisang bisa disajikan begitu saja, tapi sekarang sudah banyak yang menambahkan taburan bubuk cokelat atau bubuk BBQ sehingga citarasanya jadi berbeda.


3. Keripik Belut dari Yogyakarta



Sumber:  Perpus.jatengprov.go.id


Keripik belut menjadi salah satu jenis keripik unik yang dimiliki oleh Indonesia. Keripik yang berasal dari Yogyakarta ini dibuat dari bahan dasar belut yang sudah dibersihkan lalu diberi tepung dan digoreng hingga renyah. Keripik belut bisa dengan mudah kamu jumpai di pusat oleh-oleh karena menjadi oleh-oleh khas Yogyakarta. Selain enak dijadikan cemilan, keripik belut ini juga sangat cocok dijadikan lauk untuk disantap bersama dengan nasi putih dan tambahan lauk lainnya.


4. Keripik Buah dari Malang



Sumber: Bosmeal.com


Kota Malang tak hanya terkenal akan wisata alamnya, melainkan juga kuliner khasnya. Selain bakwan Malang dan bakso bakar, ada keripik buah yang sangat lekat dengan kuliner khas Malang. Jika kamu pergi ke pusat oleh-oleh maka akan menemukan beragam jenis keripik buah khas Malang, mulai dari keripik apel hijau, keripik nangka, keripik salak, keripik semangka, dan lain sebagainya. Citarasa keripik buah merupakan perpaduan dari rasa manis dan asam yang bercampur jadi satu.


5. Keripik Paru dari Salatiga



Sumber: Ilotte.com


Selanjutnya ada keripik paru yang asalnya dari Salatiga. Tak berbeda jauh dari keripik belut, keripik paru ini juga masuk dalam daftar keripik unik khas Indonesia. Pasalnya keripik paru menggunakan bahan dasar jerohan yakni paru yang tak biasa digunakan pada olahan keripik. Untuk membuatnya, paru harus direbus dengan berbagai macam rempah agar aromanya wangi lalu diiris tipis dan dibumbui, barukah digoreng hingga matang.


6. Keripik Talas dari Jawa



Sumber: Omiyago.com


Jika kamu jalan-jalan ke kota-kota yang ada di Jawa pastinya pernah melihat yang namanya keripik talas terpajang di pusat jajanan atau pusat oleh-oleh. Keripik talas adalah keripik yang dibuat dari talas yang diiris tipis lalu digoreng hingga garing dan renyah. Sama seperti keripik pisang, setelah matang, keripik talas ini juga kerap kali diberi taburan bubuk cokelat, keju, dan aneka rasa lainnya sehingga cita rasanya jadi berbeda.


7. Keripik Jengkol dari Medan



Sumber: Shopee.co.id


Terakhir ada keripik jengkol yang asalnya dari Medan. Keripik jengkol juga masuk dalam daftar keripik unik karena bahan pembuatannya tak biasa. Untuk membuat keripik jengkol, biasanya jengkol harus dicuci bersih dan direndam semalaman sebelum diiris tipis dan digoreng hingga garing. Cita rasa dari keripik jengkol ini sangat unik. Tak hanya hanya cocok dijadikan cemilan, keripik jengkol juga cocok dijadikan lauk.

 

Terdengar garing dan renyah bukan, keripik-keripik tradisional khas Indonesia di atas? Dari ketujuhnya ini, manakah yang paling kamu suka dan sering  kamu santap untuk cemilan iseng?

Pisang Goreng Madu Bu Nanik

Foto Pisang Goreng Madu Bu Nanik
Foto Pisang Goreng Madu Bu Nanik
Foto Pisang Goreng Madu Bu Nanik

Rokue Snack

Foto Rokue Snack
Foto Rokue Snack
Foto Rokue Snack

Makaroni Ngehe

Foto Makaroni Ngehe
Foto Makaroni Ngehe
Foto Makaroni Ngehe

Old Chang Kee

Foto Old Chang Kee
Foto Old Chang Kee
Foto Old Chang Kee

Dutch Kitchen

Foto Dutch Kitchen
Foto Dutch Kitchen
Foto Dutch Kitchen

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?