Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Manfaat Buah Strawberry Untuk Kesehatan, Rasakan Sendiri Ya!

List Artikel
8 Oktober 2020 | 0 Komentar

Siapa sih yang nggak tahu buah strawberry? Warnanya yang merah dengan rasa asam dan manis yang kuat membuat buah ini memiliki banyak penggemarnya. Buah strawberry tidak hanya bisa dinikmati begitu saja, tetapi banyak juga yang menjadikannya jus, smoothie hingga topping dessert. Selain enak dan segar, buah strawberry rupanya memberikan banyak manfaat bagi tubuh, baik untuk balita hingga orang dewasa karena buah strawberry memiliki banyak nutrisi penting yang sangat dibutuhkan untuk tubuh. Kandungan paling banyak dalam buah strawberry adalah Vitamin C, yang berfungsi sebagai antioksidan untuk membantu sistem kekebalan tubuh dan kesehatan kulit. Setelah Vitamin C, buah strawberry juga mengandung mangan, folat (Vitamin B9), potassium, serta beberapa vitamin dan mineral. Jika kamu rutin mengkonsumsi buah strawberry akan ada banyak manfaat yang sangat bagus untuk tubuh kamu. Lalu, kira-kira apa saja ya manfaat buah strawberry untuk kesehatan? Cek di bawah ini!


 

Sumber: Sandiegouniontribune.com


1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat buah strawberry yang pertama adalah buah strawberry mampu meningkatkan kekebalan di dalam tubuh. Buah strawberry terbukti sebagai buah dengan yang memiliki kandungan Vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C memiliki peran penting dalam menjaga kekebalan tubuh karena mampu menangkal berbagai macam penyakit. Dalam sebuah jurnal penelitian mengatakan Vitamin C merupakan pencipta antioksidan yang baik agar tubuh mampu terlindungi dari paparan radikal bebas. Antioksidan juga mampu melawan munculnya stress oksidatif yang mampu membawa tubuh pada berbagai macam penyakit kronis.


2. Membuat Mata Sehat

Selanjutnya adalah manfaat buah strawberry yang dapat menyehatkan mata. Tidak hanya membutuhkan Vitamin A, mata kita juga membutuhkan Vitamin C untuk melindunginya dari paparan sinar matahari yang merupakan paparan radikal bebas dan dapat merusak protein pada lensa mata. Vitamin C juga berperan penting dalam memperkuat kornea dan retina mata. Kandungan antioksidan pada buah strawberry dapat membantu mencegah katarak yang dapat menyebabkan kebutaan pada usia tua.


3.  Mengatur Tekanan Darah

Manfaat buah strawberry untuk kesehatan selanjutnya adalah buah strawberry mampu mengatur tekanan darah, berkat kandungan antosianin yang merupakan bentuk senyawa flavonoid. Selain itu, buah strawberry juga mengandung kalium  yang dapat membantu mengatur tekanan darah dan bahkan dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dengan bertindak sebagai penyangga terhadap efek negatif natrium.


4. Mencegah Kanker

Manfaat buah strawberry lainnya adalah buah strawberry mampu mencegah kanker. Nutrisi yang ditemukan dalam buah strawberry, khususnya Vitamin C, folat, dan flavonoid, melawan radikal bebas yang pada akhirnya menciptakan garis pertahanan yang kuat untuk mencegah kanker dan pertumbuhan tumor. Kandungan Asam Ellagic juga ditemukan pada buah strawberry.  Asam Ellagic telah terbukti menghasilkan sifat anti kanker seperti menekan pertumbuhan sel kanker.

 

5. Menurunkan Kolesterol

Manfaat buah strawberry yang terakhir adalah buah strawberry mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Asam Ellagic dan flavonoid pada buah strawberry memberikan efek antioksidan yang dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung dengan beberapa cara. Salah satunya termasuk melawan efek low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat dalam darah, yang menyebabkan penumpukan plak di arteri pembuluh darah. Cara kedua adalah dengan memberikan efek anti-inflamasi, yang juga baik untuk jantung. Dapat disimpulkan bahwa memakan buah strawberry juga dapat mengurangi kerusakan sel dari stres oksidatif, serta lipid darah yang keduanya berperan dalam penyakit jantung dan diabetes.



Dan itulah 5 manfaat strawberry untuk kesehatan. Buah strawberry umumnya lebih sering disajikan dalam bentuk jus ataupun smootihie karena buah ini sangat cocok jika dicampur dengan buah-buahan lainnya seperti pisang, jeruk, buah naga, kiwi dan lain sebagainya. Tapi tidak sedikit pula orang yang suka memakan strawberry dalam bentuk buah secara langsung. Nah, kalau kamu butuh rekomendasi tempat makan dengan smoothie atau jus buah enak. Kamu bisa mampir ke tempat-tempat di bawah ini!

101+ Juice

Foto 101+ Juice
Foto 101+ Juice
Foto 101+ Juice

COCOBOWL

Foto COCOBOWL
Foto COCOBOWL
Foto COCOBOWL

Sal En Co

Foto Sal En Co
Foto Sal En Co
Foto Sal En Co

Muju Avenue

Foto Muju Avenue
Foto Muju Avenue

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?