Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Sama-sama Rumput Laut, Lalu Apa Bedanya Wakame, Nori, dan Kombu?

List Artikel
9 Oktober 2018 | 0 Komentar

Rumput laut menjadi salah satu makanan sehat yang keberadaannya bisa kamu temukan dalam kuliner khas Asia Timur seperti Korea, Jepang, dan China. Dikatakan sebagai makanan sehat adalah karena rumput laut ini mempunyai tiga jenis manfaat yang dibutuhkan oleh tubuh, yakni vitamin, mineral, dan antioksidan. Jadi nggak heran kalau rumput laut ini sangat sering digunakan sebagai campuran makanan. Tapi, sebenarnya kamu tahu nggak kalau rumput laut itu banyak sekali jenisnya. Ada tiga jenis rumput laut olahan yang sering kamu jumpai pada kuliner Asia Timur, yaitu:

 

Nori



Sumber : PergiKuliner.com


Jenis olahan rumput laut yang satu ini memang paling populer. Sebagian besar orang justru mengira kalau yang namanya rumput laut hanyalah nori. Nori merupakan salah satu olahan rumput laut yang memiliki bentuk lembaran dengan warna hijau tua dengan tekstur kasar dan permukaannya sedikit mengkilat. Rumput laut yang dijadikan nori ini harus dihaluskan terlebih dahulu lalu dihamparkan menjadi lembaran dan dikeringkan hingga menyerupai kertas. Nori mengandung vitamin C, vitamin B12, omega3, hingga antioksiden yang sangat tinggi. Kandungan serat dalam selembar nori ini setara dengan nutrisi semangkuk bayam dan lebih tinggi dibanding semangkuk alpukat. Nori lebih sering dipakai sebagai pembungkus sushi, kimbab, atau untuk dijadikan taburan di atas rice bowl.

 

Wakame




Sumber : PergiKuliner.com


Jika nori memiliki tekstur kering yang garing, wakame memiliki punya tekstur yang basah dan kenyal dengan warna hijau yang agak terang. Kalau dilihat sekilas kamu hampir susah membedakannya dengan rebusan bayam. Wakame mengandung kalsium, magnesium, yodium, dan berbagai macam vitamin lainnya. Awalnya penggunaan wakame masih belum familiar di Indonesia, tapi sekarang jenis rumput laut ini bisa kamu temui di beragam kuliner sehat seperti poke bowl dan sajian salad. Sebelum disajikan, wakame harus direbus sebentar terlebih dahulu lalu dipotong-potong dan diberi taburan biji wijen sangrai.

 

Kombu



Sumber : PergiKuliner.com


Terakhir ada kombu yang keberadaannya memang nggak begitu terlihat olehmu karena kombu lebih banyak digunakan untuk bahan dasar rebusan. Kombu aslinya berbentuk lembaran tipis berwarna hijau gelap agak kehitaman dengan tekstur kering. Sebelum direbus, kombu harus direndam terlebih dahulu hingga teksturnya melembek. Kombu memiliki kandungan iodine tinggi yang bisa menjaga sistem metabolisme kamu agar tetap stabil. Kaldu kombu ini bisa digunakan untuk kuah shabu-shabu, ramen, udon, hingga soba. Cita rasa kuah kaldu kombu sangat gurih dan ada rasa umami di dalamnya.

 

Sekarang kamu jadi tahu kan kalau ternyata rumput laut itu ada banyak jenisnya. Nah, jika ingin menyantapnya langsung, kamu bisa datang ke salah satu restoran Jepang di bawah ini ya!

Limu Poke Shop

Foto Limu Poke Shop
Foto Limu Poke Shop

Honu Poke & Matcha Bar

Foto Honu Poke & Matcha Bar
Foto Honu Poke & Matcha Bar
Foto Honu Poke & Matcha Bar

Shaburi Shabu Shabu

Foto Shaburi Shabu Shabu
Foto Shaburi Shabu Shabu
Foto Shaburi Shabu Shabu

Sushi Tei

Foto Sushi Tei
Foto Sushi Tei
Foto Sushi Tei

Sushi Sei

Foto Sushi Sei

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?