Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Sensasi Nikmatnya Aneka Salad dari Seluruh Dunia yang Menyehatkan

List Artikel
17 Januari 2017 | 0 Komentar

Salad merupakan makanan sehat yang sangat popular di dunia. Salad terdiri dari campuran aneka sayuran, buah, hingga protein seperti daging, ayam, dan seafood yang kemudian disiram dengan saus dressing untuk menambah citarasa kelezatannya. Menurut sejarah, salad sudah dikonsumsi oleh bangsa Romawi dan Yunani Kuno pada abad ke-14. Baru pada abad ke-20, salad mulai menyebar ke Amerika dan Eropa. Ada berbagai macam salad yang ada di dunia, tergantung dari bahan-bahan dan juga saus dressingnya. Pergi Kuliner sudah merangkum tujuh aneka salad lezat dari seluruh dunia yang menyehatkan. Yuk lihat!

 

1. Caesar Salad



Sumber: seriouseatsa.com


Casesar salad menjadi salad yang bisa kamu jumpai dengan mudah di beberapa restoran di dunia. Caesar salad yang berasal dari Meksiko ini tak sengaja dibuat pada tahun 1924 karena seorang chef bernama Caesar Kekurangan bahan makanan untuk menjamu para tamunya. Salad ini terbuat dari perpaduan aneka macam daun selada dengan telur rebus, keju parmesan, minyak zaitun, air jeruk lemon, serta potongan roti kering dan dada ayam rebus.

 

2. Cobb Salad



Sumber: pioneerwomen.files.wordpress.com


Cobb salad yang berasal dari Amerika Serikat ini memiliki tampilan yang sangat berwarna karena bahan-bahan pembuatnya sangat beragam seperti daun selada, tomat, alpukat, telur rebus, dada ayam, keju Roquefort, bawang bombay, serta bacon. Bahan pembuatnya yang beraneka ragam ini membuat kamu kenyang hanya dengan memakan cobb salad saja. Cobb salad pertama kali muncul pada tahun 1930 di Hollywood Brown Derby Restaurant sebagai signature dish.

 

3. Greek Salad



Sumber: bbci.co.uk


Kamu pasti sudah tahu greek salad yang berasal dari Yunani ini. Meski berasal dari Yunani, Greek Salad sangat popular di Amerika Utara dan Afrika Selatan. Greek salad dijuluki dengan nama summer salad karena menjadi salah satu makanan favorit saat sedang musim panas. Greek salad ini terbuat dari tomat, mentimun, daun selada, bawang bombay, buah zaitun, oregano, serta keju feta yang menjadi ciri khasnya.

 

4. Thai Salad


Sumber: cookdiary.net


Penggemar makanan Thailand pasti sudah tahu dengan Thai salad yang menjadi sajian khas Negeri Gajah Putih tersebut. Thai salad memiliki citarasa unik yakni perpaduan antara rasa segar, asam, dan juga pedas. Thai salad terbuat dari irisan pepaya muda, mangga, daun ketumbar, tauge, air jeruk lemon, cabai kering, dan daging yang direbus dan diiris tipis. Tak hanya daging, Thai salad juga terkadang menggunakan seafood.

 

5. Mesclun



Sumber: foodandwine.com


Mesclun yang berasal dari kawasan Provence, Prancis ini memang tak setenar salad yang lainnya, tapi salad ini tergolong salad yang sangat sehat karena banyak dijadikan menu makanan untuk orang yang sedang diet. Mesclun terbuat dari aneka daun selada seperti arugula, lettuces, endive, arugula, bayam, hingga chervil yang dipadu dengan perasan jeruk lemon dan minyak zaitun. Semua sayuran yang digunakan dalam salad ini haruslah sayuran dengan usia yang muda sehingga kadar airnya dan teksturnya masih crunchy.

 

6. Tabbouleh



Sumber: simplerecipes.com


Tabbouleh yang berasal dari Lebanon ini merupakan salad yang terbuat dari bulgur wheat alias gandum durum yang direndam dalam air panas selama kurang lebih 30 menit lalu dicampur dengan daun parsley, daun mint, tomat, serta daun bawang. Sajikan dengan perasaan air jeruk lemon dan minyak zaitun secukupnya. Citarasanya memang sangat unik dan berbeda dengan salad kebanyakan.

 

7. Asinan



Sumber: pergikuliner.com


Seolah tak mau ketinggalan, Indonesia juga memiliki banyak sekali varian salad yang khas, sebut saja salad pengantin, salad solo, gado-gado, hingga pecel. Namun yang menjadi salad khas Indonesia adalah asinan. Asinan Indonesia terdiri dari dua jenis, yakni asinan sayur dan asinan buah. Asinan sayur terdiri dari aneka sayuran seperti wortel, kol, tauge, sawi hijau yang difermentasikan, lalu disiram dengan saus khusus dan dihidangkan bersama dengan kacang tanah sangrai dan kerupuk kuning.

 

Dari tujuh salad di atas, kamu ingin coba yang mana?


Maple & Oak

Foto Maple & Oak
Foto Maple & Oak
Foto Maple & Oak

Bourbon Eatery & Coffee

Foto Bourbon Eatery & Coffee
Foto Bourbon Eatery & Coffee

Ninety-Nine

Foto Ninety-Nine
Foto Ninety-Nine

Portico Terrace Bistro

Foto Portico Terrace Bistro
Foto Portico Terrace Bistro

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?