Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Sering Makan Menggunakan Sumpit? Yuk Kenali Jenis - Jenis Sumpit!

List Artikel
1 Maret 2016 | 0 Komentar

Siapa yang tidak kenal alat makan yang satu ini. Sumpit biasa digunakan oleh masyarakat Asia Timur. Negara yang menggunakan sumpit sebagai alat makan mereka di antaranya adalah China, Jepang, serta Korea. Sekilas semua sumpit yang tersaji di berbagai macam restoran Asia Timur sama saja bagi kita. Namun, beda negara, beda pula sumpit yang digunakan. Wow! Mau tahu perbedaannya? Berikut tiga perbedaan jenis sumpit yang digunakan oleh masyarakat China, Jepang, dan Korea:



1. Sumpit China



Sumber: mookinoodles.wordpress.com


Lebih dari 5000 tahun yang lalu, sumpit ditemukan pertama kali oleh masyarakat China. Sumpit diibaratkan sebagai perpanjangan dari jari manusia yang tidak takut dengan hal (makanan) yang dingin atau panas. Sebagian besar, sumpit China terbuat dari kayu yang belum diplitur dan memiliki bentuk persegi panjang dengan ujung tumpul. Sumpit China juga lebih panjang dan tebal namun tidak seruncing sumpit milik Jepang dan Korea.



2. Sumpit Jepang



Sumber: www.ebay.com


Negeri sakura ini rupanya telah mengembangkan berbagai jenis sumpit yang disesuaikan dengan kegunaannya. Mulai dari sumpit untuk memasak, untuk makanan tertentu, mengambil permen, bahkan sumpit yang digunakan saat makan di upacara pemakaman. Jika sebelumnya, sumpit Jepang dibuat dari tulang, logam, dan gading (yang biasanya disediakan untuk acara khusus). Tetapi, sekarang lebih sering menggunakan kayu dan plastik sebagai bahan utamanya. Sumpit Jepang umumnya bulat di ujung dan lebih pendek dari model Cina tetapi lebih lama dari model Korea. Mereka juga lebih berwarna dan desainnya sedikit rumit.



3. Sumpit Korea



Sumber: pogogi.com


Di sejumlah restoran Korea, kamu pasti menemukan sumpit dengan bahan stainless steel. Berbeda dari Jepang dan Cina yang membuat sumpitnya dari bahan-bahan alami. Pada sumpit Korea, kita juga sering melihat adanya garis lingkaran yang terasa kasar di ujung sumpit, itu merupakan teknik yang sengaja dibuat untuk mengurangi sifat licin yang dimiliki oleh logam. Awalnya, sumpit perak murni hanya digunakan oleh raja karena perak akan berubah warna jika ada racun di makanan raja tersebut. Perbedaan lainnya adalah sumpit Korea memiliki ukuran terpendek dari pada sumpit yang digunakan Jepang dan Cina.


Legend Of Noodle

Foto Legend Of Noodle
Foto Legend Of Noodle
Foto Legend Of Noodle

Marugame Udon

Foto Marugame Udon
Foto Marugame Udon
Foto Marugame Udon

Nama Sushi by Sushi Masa

Foto Nama Sushi by Sushi Masa
Foto Nama Sushi by Sushi Masa
Foto Nama Sushi by Sushi Masa

Sushi Masa

Foto Sushi Masa
Foto Sushi Masa
Foto Sushi Masa

Jjigae House

Foto Jjigae House
Foto Jjigae House

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?