Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Bedanya Telur Bebek vs Telur Ayam

List Artikel
24 Juni 2019 | 0 Komentar
Telur dikenal sebagai makanan yang kaya akan protein hewani dan menyehatkan. Telur ini dihasilkan oleh unggas. Meski ada banyak telur unggas yang ada, tapi di Indonesia sendiri ada dua jenis telur yang paling banyak digunakan dalam dunia kuliner, yakni telur bebek dan telur ayam. Di antara keduanya, kamu bisa tidak membedakannya? Telur ayam dan telur bebek ini memang terlihat serupa jika dibandingkan dengan jenis telur-telur unggas lainnya. Tapi bukan berarti kamu tak dapat membandingkan keduanya lho. Jika diperhatikan dengan lebih lanjut lagi, ada beberapa perbedaan yang terdapat pada telur bebek dan telur ayam ini, yaitu:

 
Sumber : Maltaeurovision2011.com

Dari segi ukurannya
Coba kamu perhatikan dari segi ukurannya terlebih dahulu nih Teman Pergi Kuliner! Untuk telur ayam memiliki bentuk yang sedikit lebih kecil jika dibandingkan dengan telur bebek. Ditambah lagi telur ayam cenderung memiliki bentuk yang agak membulat di bagian ujungnya. Berbeda dengan telur bebek yang bagian ujungnya agak lebih lancip alias lonjong.

Dari Segi Warna
Jika ingin lebih mudah membedakannya, sebenarnya kamu bisa melihat dari segi warna keduanya. Untuk warna telur ayam cenderung krem kecoklatan sedangkan untuk telur bebek cenderung berwarna putih agak kebiruan. Beberapa telur bebek di luar negeri justru ada yang berwarna kehijauan.

Dari Ketebalan Cangkang
Memangnya bisa melihat perbedaan dari ketebalan cangkangnya? Tentu saja bisa. Perlu kamu ketahui, cangkang telur bebek ini terlihat lebih tebal jika dibandingkan dengan cangkang telur ayam. Inilah yang menjadi alasan utama kenapa telur asin lebih banyak menggunakan telur bebek dibanding telur ayam. Ketebalan dari telur bebek membuatnya awet disimpan dalam waktu yang lebih lama. Jika disimpan dalam kulkas, telur bebek bisa bertahan hingga 6 minggu lamanya.

Dari Kandungan yang Ada di Dalamnya
Jika kamu melihat dari segi kandungan keduanya, telur ayam memiliki protein yang lebih tinggi dibanding telur ayam. Untuk 100 gram telur ayam, kandungan proteinnya sebesar 12,4 gram sementara untuk 100 gram telur bebek kandungan proteinnya hanya 10,9 gram. Tapi jika dilihat dari kandungan lemaknya, sudah pasti telur bebek lebih tinggi lemaknya. Untuk 100 gram telur bebek kandungan lemaknya 12,4 gram, sedangkan telur ayam kandungan lemaknya hanya 10,8 gram saja. Kalau kamu melihat dari segi kalorinya, kalori telur ayam lebih rendah dibanding bebek sementara dari segi kandungan mineral, keduanya sama saja alias tidak ada perbedaan.

Nah, itu dia perbedaan yang ada di antara telur bebek dan telur ayam, sekarang kamu sudah bisa membedakannya kan? Nah, jika telur jadi salah satu menu makanan yang kamu sukai, kamu bisa menikmati aneka olahan kuliner tersebut di salah satu dari beberapa restoran di bawah ini ya!

Ahan Bakso Ikan Telur Asin

Foto Ahan Bakso Ikan Telur Asin
Foto Ahan Bakso Ikan Telur Asin

Coco Ichibanya

Foto Coco Ichibanya
Foto Coco Ichibanya
Foto Coco Ichibanya

Salty Sam

Foto Salty Sam
Foto Salty Sam

Maple & Oak

Foto Maple & Oak
Foto Maple & Oak
Foto Maple & Oak

Donburi Ichiya

Foto Donburi Ichiya
Foto Donburi Ichiya
Foto Donburi Ichiya

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?