Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Tak Usah Gorengan, 5 Sajian Takjil Gurih Ini Bisa Temani Buka Puasa

List Artikel
21 Maret 2024 | 0 Komentar

Gorengan menjadi salah satu kuliner yang paling sering dikonsumsi untuk berbuka puasa. Rasanya yang enak dan teksturnya yang gurih memang selalu menggoda. Tapi sayangnya jika kamu terlalu sering mengonsumsi gorengan untuk takjil, maka akan ada dampak yang kurang bagus bagi tubuh. Selain gorengan, masih ada banyak kuliner gurih lainnya yang cocok untuk dijadikan sebagai takjil berbuka puasa. Mulai dari yang dikukus hingga dipanggang sehingga lebih sehat dikonsumsi. Untuk pilihan sajian takjil gurih yang bisa dijadikan sebagai teman buka puasa, kamu bisa melihatnya langsung di bawah ini!

 

1. Dimsum



Sumber: Pergikuliner.com


Sajian takjil gurih yang pertama adalah dimsum. Siapa sangka kalau dimsum bisa kamu jadikan sebagai takjil. Bentuknya yang mini dan tidak besar membuatnya cocok dijadikan sebagai sajian takjil gurih untuk menemani buka puasamu. Selain itu, ada banyak pilihan dimsum yang bisa dikonsumsi sehingga kamu tidak akan bosan menyantapnya setiap hari sebagai takjil gurih. Jenis dimsum yang sering dijadikan takjil adalah xiao long bao, siu mai, har gao, tofu skin roll, dan sebagainya.

 

2. Tahu Bakso



Sumber: Resepnya.my.id


Tahu bakso menjadi sajian takjil gurih yang bisa kamu pilih untuk takjil gurih. Tahu bakso merupakan makanan khas Semarang dan sering dijadikan sebagai oleh-oleh sehingga mudah dijumpai di bandara, terminal bus, hingga stasiun kereta api. Tahu bakso dibuat dari bahan dasar tahu yang di dalamnya diisi oleh adonan bakso dari campuran daging, aneka rempah, dan tepung tapioka. Nantinya setelah adonan bakso dimasukkan ke dalam tahu, barulah dikukus hingga matang. Setelah matang, Teman Kuliner bisa langsung menyantapnya dengan cocolan saus kacang atau cabai rawit hijau.

 

3. Kebab Mini



Sumber: Dream.co.id


Kebab mini bisa menjadi salah satu pilihan menu takjil gurih untuk berbuka. Kebab mini merupakan kuliner asal Turki yang sengaja dibuat dalam ukuran mini sehingga cocok dijadikan sebagai camilan untuk berbuka puasa. Tak jauh berbeda dengan kebab pada umumnya, kebab mini terbuat dari bahan dasar kulit tortila yang di dalamnya terdapat daging yang dipanggang, daun selada, mentimun, keju, tomat, saus mayonaise, dan sau sambal.

 

4. Lemper



Sumber: inews.co.id


Kalau sajian takjil gurih yang satu ini sudah banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia. Lemper adalah salah satu jajanan tradisional yang sering dijumpai pada isian snack box. Lemper terbuat dari bahan dasar beras ketan yang dimasak dengan santan lalu diberi isian abon atau ayam suwir dan dibalut dengan daun pisang kemudian dikukus hingga matang. Setelah matang, lemper bisa disajikan begitu saja atau dibakar terlebih dahulu.

 

5. Lontong Daun



Sumber: Cekaja.com


Sajian takjil gurih yang terakhir yang terakhir adalah lontong daun. Sama dengan lemper, lontong daun ini juga sama-sama merupakan jajanan tradisional yang dibalur dengan daun pisang. Tapi berbeda dengan lemper, lontong daun dibuat dari bahan dasar beras nasi yang dimasak dengan air atau santan dan di dalamnya diberi isian oncom atau aneka sayur-sayuran yang sudah ditumis. Setelah dikukus hingga matang, lontong daun nantinya akan disajikan bersama dengan saus kacang untuk menambah rasa pedasnya.

 

Itulah beberapa takjil gurih selain gorengan yang bisa menemani buka puasamu. Dari kelimanya ini, manakah yang paling ingin disantap saat berbuka nanti?

 

Haka Dimsum Shop

Foto Haka Dimsum Shop
Foto Haka Dimsum Shop
Foto Haka Dimsum Shop

Winglok Hongkong Dimsum

Foto Winglok Hongkong Dimsum
Foto Winglok Hongkong Dimsum
Foto Winglok Hongkong Dimsum

Pangsit Mie & Lemper Ayam 168

Foto Pangsit Mie & Lemper Ayam 168
Foto Pangsit Mie & Lemper Ayam 168
Foto Pangsit Mie & Lemper Ayam 168

Istanbul Kebab

Foto Istanbul Kebab
Foto Istanbul Kebab
Foto Istanbul Kebab

Liang Sandwich Bar

Foto Liang Sandwich Bar
Foto Liang Sandwich Bar
Foto Liang Sandwich Bar

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?