Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Tampil Berbeda, Ini 7 Sate Unik Terpopular di Indonesia yang Cita Rasanya Nagih

List Artikel
4 Februari 2018 | 0 Komentar

Selain nasi goreng dan rendang, Indonesia juga terkenal akan kuliner satenya di luar negeri. Cita rasa sate khas Indonesia yang berbalut siraman bumbu kacang memang terasa sangat lezat karena adanya perpaduan cita rasa creamy dan gurih. Jika biasanya sate menggunakan daging ayam, kambing, sapi, hingga kuda, ternyata di Indonesia ada tujuh sate yang terbilang cukup unik karena bahan bakunya yang tidak biasa karena kamu lebih sering melihatnya pada olahan kuliner lain. Meski begitu, cita rasa yang dihadirkan bisa membuat kamu ketagihan sehingga tak heran kalau sate-sate unik di bawah ini menjadi sangat popular dan banyak diburu. Ini dia sate-sate unik yang menjadi bahan perbincangan tersebut!

 

1. Sate Usus


Sumber: pergikuliner.com


Siapa sangka jerohan yang satu ini bisa terasa sangat lezat saat dijadikan menjadi sate. Sate usus banyak kamu jumpai pada menu pendamping bubur ayam serta di angkringan-angkringan. Sebelum dibakar, usus harus direbus terlebih dahulu dengan berbagai rempah-rempah untuk menghilangkan bau anyir dan tak sedap. Setelah direbus, usus dibumbui lagi sebelum akhirnya dibakar. Proses pembuatan yang memakan waktu ini sebanding dengan cita rasanya yang bikin ketagihan.

 

2. Sate Ati Ampela


Sumber: pergikuliner.com


Selain sate usus, ada sate ati ampela yang juga selalu muncul pada makanan pendamping bubur ayam. Sesuai dengan namanya, sate ati ampela terbuat dari campuran ati ampela ayam. Sebelum dijadikan sate, ati ampela direbus terlebih dahulu dengan berbagai macam rempah sehingga aromanya jadi wangi. Baru kemudian ditusuk dengan tusuk sate dan dibakar dengan olesan minyak.

 

3. Sate Telur


Sumber: pergikuliner.com


Kamu pasti sering menjumpai sate telur di jajaran kuliner angkringan dan juga pendamping bubur ayam. Telur yang digunakan untuk sate ini adalah telur burung puyuh karena bentuknya yang kecil sehingga pas untuk dijadikan sate. Dalam satu tusuk sate terdapat sekitar tiga hingga lima buah telur puyuh. Sebelum dijadikan sate, telur puyuh direbus terlebih dahulu lalu dibumbui dengan rempah-rempah khas Indonesia. Kebanyakan diberi bumbu bacem, tapi ada juga yang diberi bumbu kuning sehingga tampilannya lebih cerah.

 

4. Sate Lidah


Sumber: pergikuliner.com


Kalau sate yang satu ini pastinya menjadi favorit kamu. Sate lidah merupakan sate yang terbuat dari lidah sapi. Sate lidah ini lebih sering dikenal dengan nama sate padang. Tekstur lidah yang kenyal tapi lembut membuatnya sangat cocok jika dipadukan dengan siraman kuah kuning khas sate padang. Cita rasa sate ini sudah pasti gurih, legit, dan pedas. Sate lidah cocok disantap dengan potongan ketupat.

 

5. Sate Kikil


Sumber: pergikuliner.com


Kikil termasuk bahan makanan yang sering kamu jumpai di rumah makan Padang dalam olahan gulai, oseng, hingga tumis cabai hijau. Ternyata kikil juga bisa kamu jumpai dalam olahan sate. Sate kikil lebih banyak dijumpai di angkringan Jawa. Biasanya kikil yang digunakan untuk sate dimasak dengan cara dibacem atau diberi bumbu kecap terlebih dahulu sebelum dibakar.

 

6. Sate Udang


Sumber: pergikuliner.com


Siapa yang tak suka seafood? Udang menjadi salah satu jenis seafood yang paling banyak penggemarnya. Tak heran jika udang kemudian diolah menjadi sate. Biasanya sate udang memiliki campuran cita rasa manis karena diolesi dengan madu pada saat pembakaran agar kulit udang tidak mudah gosong dan terlihat mengkilat. Selain madu, udang juga diolesi dengan campruan cabai sehingga ada cita rasa pedas yang menggigit.

 

7. Sate Kerang


Sumber: pergikuliner.com


Kalau biasanya kerang dimasak dengan cara direbus, dikukus, atau ditumis, kerang ternyata juga bisa kamu jumpai dalam bentuk sate kerang. Kerang yang digunakan untuk sate bisa kerang apa saja, tapi kebanyakan menggunakan jenis kerang hijau yang harganya sangat terjangkau. Cara memasak sate kerang ini cukup mudah, yakni dengan memisahkan daging kerang dengan cangkangnya terlebih dahulu lalu ditusuk dengan tusukan sate dan dibumbui sebelum dibakar.

 

Setelah melihat berbagai macam sate unik di atas, kamu jadi kepengen makan sate? Bagaimana kalau mampir dulu ke sini yuk!

Sate Palmerah / Kim Tek

Foto Sate Palmerah / Kim Tek
Foto Sate Palmerah / Kim Tek
Foto Sate Palmerah / Kim Tek

Sate Khas Senayan

Foto Sate Khas Senayan
Foto Sate Khas Senayan

Sate Padang H. Ajo Manih

Foto Sate Padang H. Ajo Manih
Foto Sate Padang H. Ajo Manih
Foto Sate Padang H. Ajo Manih

Satay Kato

Foto Satay Kato
Foto Satay Kato
Foto Satay Kato

Sate Warisan

Foto Sate Warisan
Foto Sate Warisan

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?